Air yang jatuh dari ketinggian memang memiliki pesona yang tak bisa diabaikan. Berada di kawasan hijau dengan suara air jatuh membuat siapapun betah berlamalama. Inilah rekomendasi curug di Cianjur yang menarik dieksplor untuk petualangan liburan seru.

Kabupaten Cianjur, Jawa Barat merupakan salah satu kabupaten yang berada di dataran tinggi. Hal inilah yang membuat Cianjur dikelilingi pegunungan dan juga perbukitan. Destinasi wisata alam yang dimilikinya juga melimpah, salah satunya adalah air terjun. Bagi Anda yang ingin mengintip kemolekan wisata alamnya, berikut daftar curug atau air terjun favorit di Cianjur yang bisa Anda pilih.

1. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng
Image Credit: Google Maps (Aris Onyet)

Mengunjungi curug memang begitu menyenangkan sekaligus menantang. Air yang jatuh dari ketinggian memberikan pemandangan yang begitu menawan. Di Cianjur Anda bisa mengunjungi curug Dengdeng untuk dapatkan panorama yang mempesona. Memang curug satu ini belum banyak diketahui, tetapi keindahannya tak bisa diragukan lagi.

Air terjun Dengdeng merupakan air terjun dengan tiga aliran yang saling berdampingan. Ketinggian sekitar 85 meter dengan tebing kokoh di baliknya yang semakin memukau. Air yang turun dari tebing tidaklah deras, sehingga Anda bisa bermain air di dekat air terjunnya. Suasananya yang masih asri juga menjadikan Anda betah berlama lama di Curug Dengdeng.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. cicadas, Wangunjaya, Kec. Naringgul, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

2. Curug Dadali

Curug Dadali
Image Credit: Google Maps (Mulyadi Hadiwijaya)

Curug selanjutnya yang tak kalah menakjubkan dan bisa Anda kunjungi adalah Curug Dadali. Curug ini memiliki air terjun yang melebar, sekalipun tidak terlalu tinggi. Tetapi kemegahan air terjun layaknya tirai ini akan membuat siapapun terpana. Pepohonan sekitarnya yang masih rimbun, turut menyumbangkan udaranya sehingga menjadi sejuk dan asri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wargaasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

3. Curug Cikondang

Curug Cikondang
Image Credit: Google Maps (Miss Nunik Channel)

Memiliki debit air yang begitu deras, Curug Cikondang juga sangat sayang dilewatkan. Berada di daerah Cianjur selatan, wisata alam satu ini sering kali dijadikan sebagai tempat menantang adrenalin. Kegiatan tersebut dikenal dengan Canyoneering, atau menuruni air terjun dengan menggunakan seutas tali dan tentunya sudah dijamin keamanannya.

Air terjun ini memang memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat kota. Para pengunjung harus trekking lebih dahulu melalui perkebunan teh dan juga persawahan. Lokasinya memang berada di tengah kebun teh, semakin menjadikan nuansanya begitu asri. Curug Cikondang mudah untuk dijangkau sekalipun harus trekking lebih dahulu.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Cianjur yang Paling Terkenal
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wangunjaya, Kec.  Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

4. Curug Ciismun

Curug Ciismun
Image Credit: Google Maps (Safitri Nur Inayah)

Curug satu ini berada di area Kebun Raya Cibodas yang tak kalah indah dengan curug di Cianjur lainnya. Air yang jatuh dari ketinggian mengalir di antara bukit Cibodas dan juga Bukit Agropolitan. Berada di ketinggian bukit 1275 mdpl, membuat pesona alam yang dimiliki oleh curug ini tidak terkatakan. Dan keindahan tersebut bisa Anda nikmati setelah treking lebih dahulu.

Perjalanan menuju curug dengan berjalan kaki tidaklah jauh, hanya sekitar 2 km saja. Hanya saja, medan yang harus Anda lalui terbilang menantang. Bebatuan yang licin, memaksa para pengunjung untuk fokus pada tiap langkahnya. Curug ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa petualang. Pemandangan yang disajikan juga sanggup hapus semua lelah Anda.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

5. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Image Credit: Google Maps (Ken Prasojo)

Curug paling indah di Cianjur belum habis, masih ada Curug Cibeureum.Curug satu ini sangat sayang dilewatkan ketika Anda berada di Cianjur. Masih berada di kawasan Taman Nasional gunung Gede Pangrango, bisa dibayangkan bagaimana asrinya curug ini. Curug satu ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan sekalian berpetualang.

Mengingat curug satu ini masih berada di jalur pendakian yang penuh petualangan. Tidak harus menjadi pendaki ulung, karena memang lokasinya tidak begitu jauh. Anda hanya harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam untuk sampai lokasi. Air yang mengalir deras di tengah tebing, dan suasana alami akan berhasil membuat semua lelah Anda menguap.

Harga Tiket: Rp 16.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Cilember, Kec. Cisarua, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

6. Curug Citambur

Curug Citambur
Image Credit: Instagram.com @fazmifebriana_

Curug Citambur menjadi tujuan wisata curug berikutnya yang tak boleh dilewatkan. Tidak hanya menyajikan keindahan alam yang menawan, air terjun ini juga memiliki banyak wahana yang akan membuat liburan makin berkesan. Curug Citambur layak mendapatkan sebutan sebagai surga yang tersembunyi, karena kemolekan yang dimilikinya.

Jatuh dari ketinggian sekitar 100 meter, curug satu ini terlihat begitu cantik dan juga megah. Karena debit airnya yang deras, pengunjung tidak diizinkan untuk terlalu dekat dengan air terjun. Anda bisa bersantai menikmati nuansanya, atau menjajal wahananya. Mulai dari sepeda air, sepeda tali hingga rumah terbalik serta spot swafoto yang melimpah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Karang Jaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

7. Curug Cisampay

Curug Cisampay
Image Credit: Google Maps (M Ridwan)

Curug curug indah di Cianjur sangat banyak, salah satunya yang belum banyak dikenal adalah Curug Cisampay. Tetapi, keindahan yang dimilikinya akan membuat Anda terkagum kagum. Karena belum banyak dikunjungi, sudah dipastikan jika Anda akan menemukan suasana yang masih terjaga dan asri. Airnya yang jernih dan udaranya yang sejuk menjadi daya tarik lainnya.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Cianjur yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Kondisi lingkungannya juga masih bersih, sehingga Anda bisa bersantai sembari melepas segala penat Anda. Curug Cisampay juga membutuhkan usaha untuk bisa menjangkaunya. Anda perlu menaklukkan medan yang terbilang menantang, tetapi semua sepadan dengan keindahan yang dimilikinya. Pastikan untuk tidak lupa mengabadikan semua momen di curug satu ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekarwangi, Kec. Cikadu, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

8. Curug Aki Toto

Curug Aki Toto
Image Credit: Google Maps (Ajib Andika)

Surga tersembunyi yang juga patut untuk dijelajahi selanjutnya adalah Curug Aki Toto. Cianjur memang memiliki banyak curug yang begitu menawan. Dan ketika Anda tiba di tempat indah satu ini, maka keindahan pahatan sang Maha akan menyambut Anda. Suasananya yang masih asri membuat siapapun tidak akan menyesal menyambanginya.

DI sekeliling air terjun tumbuh banyak tanaman hijau yang membuatnya makin menawan. Curug Aki Toto juga menjadi destinasi yang belum banyak diketahui. Keindahan yang ditawarkan juga setimpal dengan usaha yang harus Anda bayar. Untuk menuju lokasi, Anda harus melakukan petualangan menaklukkan medannya yang terbilang tidak mudah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pamoyanan, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

9. Curug Walanda

Curug Walanda
Image Credit: Instagram.com @novian.nurdiansyah

Masih ingin menikmati sejuk dan indahnya air terjun? Maka Anda bisa menjadikan Curug Walanda sebagai tujuan berikutnya. Tebing yang begitu tinggi, dengan air mengalir di tengahnya akan menjadi sajian panorama Curug Walanda ini. Kemudian air yang jatuh terpecah di bebatuan yang sangat besar. Hal inilah yang menjadikan curug satu ini begitu unik.

Anda bisa menyusuri sungai kemudian berenang di kolam alami yang terbentuk. Alamnya yang masih terjaga alami, pemandangan yang menawan akan membuat Anda tak menyesal mengunjungi curug ini. Apalagi bagi Anda yang gemar melakukan fotografi, ada banyak spot yang bisa Anda manfaatkan untuk berburu foto foto yang cantik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batulawang, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

10. Curug Ciastana

Curug Ciastana
Image Credit: Instagram.com @kuncen.ciastana

Dibalik rindangnya pepohonan dan juga perbukitan, tersimpanlah Curug Ciastana yang juga tak kalah menawan. Inilah alasan mengapa belum banyak yang kenal dengan curug cantik ini. Padahal pemandangan yang disajikan akan membuat Anda terpana. Terdapat kolam dangkal dan Anda bisa aman berenang di sana. Anda bisa beragam kegiatan menarik di curug satu ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciastana, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

11. Curug Kubang

Curug Kubang
Image Credit: Google Maps (Wildan Arif Amrulloh)

Air terjun yang memiliki keindahan tak kalah menawan adalah Curug Kubang. Untuk tiba di lokasi, Anda harus melewati persawahan dan juga perbukitan. Inilah juga yang akan membuat udara sekitarnya begitu sejuk. Anda bisa bersantai sekalian menikmati suasananya. Dan semua akan terbayar lunas dengan perjalanan Anda sampai ke curug ini.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Cianjur yang Terkenal Lezat
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padasuka, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

12. Curug Cibule

Curug Cibule
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ramli)

Curug Cibule juga tak kalah menarik untuk dikunjungi dan terbilang sebagai curug yang kondang di kalangan wisatawan. Karena memang lokasinya yang berbatasan dengan Bogor, membuat wisatawan mudah untuk menjangkaunya. Kesejukan air jernih yang jatuh di antara bebatuan akan menghempas semua penat Anda. Anda juga bisa berburu foto foto instagramable disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekar Sari, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

13. Curug Siuh

Curug Siuh
Image Credit: Google Maps (Farhan Sidik)

Masih belum puas menikmati keindahan curug di Cianjur, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Siuh. Curug ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alamnya tetapi tak perlu berjalan jauh. Sejuknya udara dan juga airnya akan memberikan pengalaman tersendiri. Anda bisa menghabiskan waktu sekalian berfoto foto di curug satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Salagedang, Kec. Cibeber, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

14. Air Terjun Panas

Air Terjun Panas
Image Credit: Google Maps (Indra Pribadi)

Cianjur memiliki air terjun yang begitu unik, seperti namanya air yang mengalir dari tebing ini merupakan air panas. Terdapat 7 titik curug yang memiliki ketinggian sekaligus panas yang berbeda. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahannya, tetapi juga bisa sekalian berendam di kolam air hangatnya.

Harga Tiket: Rp 18.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

15. Curug Ngebul

Curug Ngebul
Image Credit: Google Maps (Reren Hrd)

Keindahan air terjun di Cianjur juga bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Curug Ngebul. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan debitnya juga begitu deres. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi berpetualang. Karena memang untuk mengunjungi curug ini membutuhkan perjuangan. Tetapi keindahannya tak akan membuat Anda kecewa.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bunijaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

16. Curug Cibogo

Curug Cibogo
Image Credit: Google Maps (Saint Lucas)

Curug Cibogo akan melengkapi perjalanan Anda dalam menjelajah keindahan air terjun di Cianjur. Masih dalam satu area dengan Curug Ciismun, Anda bisa menikmati air yang jatuh dari ketinggian dengan panorama sekitarnya yang cantik. Tingginya sekitar 15 meter dan juga debitnya begitu deras.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat.

Itulah beberapa curug di Cianjur yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai. Masih ada banyak air terjun yang bisa dijelajahi, tetapi yang disebutkan merupakan yang paling banyak direkomendasikan. Keindahan yang dimilikinya juga akan membuat siapapun berdecak kagum. Sekalipun harus menempuh perjalanan yang tidak mudah, tetapi semuanya sebanding dengan pesonanya.