Bogor tidak melulu tentang udara sejuk, hujan atau kebun teh. Pesona alam berupa air terjun atau curug di Kota Bogor juga tak kalah seru dijelajahi yang menyajikan pesona yang tidak tanggung tanggung.

Selain Bandung, Kota Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Memiliki udara yang segar, Kota Hujan menjadi tujuan wisata yang menawarkan berbagai atraksi seru untuk dieksplor. Salah satunya adalah deretan air terjun yang akan membuat siapapun jatuh hati.

Apabila Anda sedang menghabiskan liburan di Bogor, Anda bisa mengunjungi beberapa air terjun atau curug yang menjadi idola berikut.

1. Curug Cikawah

Curug Cikawah
Image Credit: Kemana-lagi.com

Curug pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Cikawah yang menawarkan air panas yang menenangkan. Untuk bisa mengintip keindahan dan keunikan air terjun ini, Anda harus menempuh perjalanan yang menantang. Inilah mengapa curug satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang. Setiap tapak kaki yang melangkah harus diperhitungkan dengan tinggi, mengingat medannya yang terbilang terjal serta licin,

Dalam perjalanan ini, Anda akan menemukan pertemuan antara dua sungai yang berbeda. Pada sebelah kiri, Anda akan menemukan aliran sungai air dingin dan juga bisa diminum. Sementara yang sebelah kanan merupakan aliran air yang mengandung sulfur dan merupakan air hangat. Kepulan asap dengan air terjun di tengah tengahnya, menjadi spot foto yang paling favorit. Curug satu ini akan memberikan pengalaman sekaligus pemandangan menakjubkan.

Lokasi: Ciasmara, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

2. Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung
Image Credit: Tribunnews.com

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun cantik dan belum banyak dikunjungi, maka Curug Cikuwulung bisa dijadikan sebagai pilihan. Berada di tengah lembah, pemandangan yang ditawarkan begitu eksotis. Karena air yang turun dari ketinggian ini memiliki formasi bebatuan yang menawan. Mengunjungi curug Cikuwulung, Anda akan merasakan seolah olah sedang berada di antah berantah namun begitu mempesona.

Karena belum banyak dikunjungi, tempat satu ini begitu alami dan mampu untuk menghempaskan semua beban dan penat anda. Anda bisa merasakan hawa segar dengan hembusan angin lembut yang menenangkan. Semakin lengkap dengan suara deburan air yang terjun akan membuat Anda betah berlama lama. Curug Cikuwulung juga merupakan tempat yang pas untuk berburu spot yang instagramable yang belum pasaran.

Lokasi: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

3. Curug Kiara

Curug Kiara
Image Credit: Udaindra.blogspot.com

Bogor masih menawarkan wisata curug yang menakjubkan lainnya dengan medan yang juga menantang. Bisa dikatakan jika Curug Kiara menjadi salah satu curug yang begitu diburu oleh pecinta air terjun ataupun instagrammer dengan nyali yang tinggi. Karena untuk tiba di air terjun yang cantik ini, para pengunjung harus berusaha dengan gigih. Hadirnya tangga bambu dengan kemiringan hampir 90% ini memang mampu membuat nyali menciut.

Bagaimana tidak, selain kemiringannya tangga bambu ini juga begitu licin. Membuat setiap langkah Anda harus selalu berhati hati. Tetapi usaha Anda akan terbayar lunas setelah berhasil menuruni tangga tersebut. Udaranya yang segar, dengan aliran air yang segar dan jernih akan membuat siapapun yang berada di curug ini betah berlama lama. Anda yang memburu foto foto yang keren, dipastikan akan membuat teman teman Anda iri.

Lokasi: Ciasihan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

4. Curug Dengdeng Rumpin

Curug Dengdeng Rumpin
Image Credit: Google Maps (Ghian Firghiawan)

Curug Dengdeng ini berbeda dengan curug Dengdeng yang berada di Tasikmalaya, melainkan lokasi yang tersembunyi di Desa Leuwi Batu. Memang curug ini menjadi tempat yang tersembunyi, bahkan Anda benar benar harus mengandalkan komunikasi dengan warga sekitar. Justru inilah yang menjadikan banyak pemburu curug tertantang untuk menemukannya. Perjalanan menuju curug Dengdeng Rumpin ini juga membutuhkan perjuangan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung yang Paling Hits

Melewati kebun, menembus hutan, sungai hingga jembatan yang tentunya butuh tenaga yang tidak sedikit. Tetapi semua itu akan terbayar lunas begitu Anda menginjakkan kaki di curug ini. Lekukan mempesona dengan air jernih yang mengalir di tengahnya begitu mempesona. Air terjun ini termasuk yang dikeramatkan, dan ada pantangan untuk tidak mandi di jam 12.00 siang. Di luar jam tersebut, Anda bebas mandi atau berfoto foto.

Lokasi: Leuwibatu, Kec. Rumpin, Kab. Bogor.

5. Curug Pasir Reungit

Curug Pasir Reungit
Image Credit: Catatanpringadi.com

Kondisi alam kota Bogor yang sudah terkenal mempesona, rupanya kembali menantang anda. Kali ini dengan mengunjungi Curug Pasir Reungit yang berada di kaki Gunung Salak. Kegigihan sangat dibutuhkan untuk menakhlukkan medan yang menantang. Berada di ketinggian 800 sampai 900 mdpl, keindahan curug ini seakan menyihir anda. Lengkap dengan udaranya yang sejuk, air jernih juga kealamian yang akan membuat Anda betah berlama lama.

Lokasi: Jl. Gn. Bunder, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

6. Curug Balong Endah

Curug Balong Endah
Image Credit: Instagram.com @Harryharyanto_10

Air terjun bisa dikatakan baru saja dibuka di akhir tahun 2016 lalu. Dengan usianya yang masih muda ini, wisatawan mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Ada dua pilihan jalur untuk tiba di curug ini, yakni dengan melewati jalan setapak atau juga bisa water trekking. Lukisan alam di curug ini makin lengkap dengan hadirnya bebatuan dan juga tiga kolam yang dimilikinya. Airnya yang jernih sangat cocok untuk berenang dan berburu foto underwater.

Jika Anda tidak tertarik untuk bermain air atau basah basahan, duduk di atas batu sembari menghadap air terjun sudah cukup mengobati penat anda. Pastikan juga untuk menyiapkan kamera lengkap dengan memori yang lega, dengan begitu Anda bisa merekam dan mengabadikan semua momen anda. Tak harus menggunakan kendaraan pribadi, Anda bahkan bisa mengunjungi Curug Balong Indah dengan menggunakan kendaraan umum dan dilanjutkan dengan jalan kaki.

Lokasi: Jl. Curug Pangeran, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

7. Curug Bulao atau Cibulao

Curug Bulao atau Cibulao
Image Credit: Denubay.com

Dinamakan curug Bulao karena airnya yang kebiruan mirip dengan blao atau bulao, bahan berwarna biru yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian jaman dulu. Berada di kawasan puncak Bogor, curug satu ini terbilang unik dan wajib untuk Anda kunjungi. Curug Bulao memiliki dua kolam dengan air jernih dengan kedalaman sekitar 5 hingga 8 meter. Untuk yang tidak bisa berenang, Anda bisa menyewa pelampung untuk bisa menikmati sejuknya air curug ini.

Lokasi: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

8. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk
Image Credit: Gloob-online.com

Dari deretan air terjun yang ada di Kota Bogor, Anda tentunya tidak boleh melewatkan Curug Leuwi Lieuk. Keindahan panorama yang ditawarkan akan menjadikan perjalanan memburu air terjun ini sempurna. Alamnya yang masih alami, akan membuat Anda bisa menghempas segala penat di sela sela aktivitas harian. Pepohonan rindang turut melengkapi, sehingga udara di sekitar curug memang terkenal dingin dan sejuk.

Anda juga akan menikmati air terjun yang jernih, warnanya hijau tosca yang akan membuat Anda ingin segera berenang. Apalagi curug ini juga masuk dalam jajaran curug yang instagramable. Hanya saja untuk menikmati semua itu, Anda harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Jalanan yang menantang ini bisa Anda tempuh sekitar 35 menit dengan berjalan kaki. Semua perjalanan ini akan dibayar lunas begitu Anda tiba di curug yang sedang hits ini.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

9. Curug Lontar

Curug Lontar
Image Credit: Google Maps (Indra Susandi)

Masih menjadi bagian dari Sungai Cianten, Curug Lontar tidak hanya indah namun juga menjadi sumber pembangkit listrik. Debit airnya yang tinggi menjadi latar belakang mengapa sangat cocok untuk pembangkit listrik. Dengan tinggi sekitar 30 meteran, pastikan Anda mengambil angle yang tepat untuk dapatkan foto terbaik. Suasananya yang asri, dengan tebing dan bebatuan akan menjadi obat mujarab menghempas segala penat anda.

BACA JUGA:  Dago Dream Park, Taman Hiburan Kekinian di Lembang Bandung

Lokasi: Karyasari, Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor.

10. Curug Cikaracak

Curug Cikaracak
Image Credit: Google Maps (budi supriyadi)

Tenang saja, Kota Hujan masih menawarkan banyak curug cantik lainnya. Tidak ketinggalan Curug Cikaracak yang begitu menawan dan wajib Anda kunjungi. Jangan mengaku pemburu air terjun jika Anda tidak mengunjungi air terjun yang berada di kaki Gunung Pangrango ini. Air terjun yang mengalir di tengah tengah tebing ini juga dikelilingi oleh kebun, semak, hutan hingga sungai. Membuat curug ini sangat layak untuk Anda jadikan objek bidikan kamera anda.

Jalanan setapak yang menuju curug terlebih dahulu harus Anda takhlukkan untuk sampai di curug ini. Perjalanan Anda tidak akan terasa, karena kanan kirinya juga memiliki pemandangan yang menarik. Begitu tiba, sajian panorama yang ciamik akan langsung menyedot lelah anda. Untuk menikmati keindahnnya dengan berbeda, Anda bisa memasang hammock di antara pepohonan. Jangan lupakan untuk mengabadikan semua momen anda.

Lokasi: Jl. Cinagara, Tangkil, Kec. Caringin, Kab. Bogor.

11. Curug Kondang Bogor

Curug Kondang Bogor
Image Credit: Lovelybogor.com

Memiliki rute yang mudah dan juga jalan setapak yang tersusun rapi menjadikan Curug Kondang wajib untuk Anda kunjungi. Kendati demikian keindahan yang ditawarkannya tak akan mengecewakan, air terjun jernih lengkap dengan kolam di bawahnya. Anda bisa mengambil banyak gambar atau berenang di kolam bawah curug. Pastikan Anda tetap berhati hati, dan jika membawa anak anak sebaiknya bermain air di area yang landai saja.

Lokasi: Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

12. Curug Bidadari

Curug Bidadari
Image Credit: Tabloidwisata.com

Bagi wisatawan curug Bidadari bukanlah nama yang asing, karena lokasinya yang berada di Sentul. Tempat satu ini selain memiliki air terjun yang menawan, fasilitas yang ditawarkan juga akan membuat Anda nyaman. Airnya yang mengalir deras oleh pihak pengelola langsung dijadikan sebagai kolam renang. Mengunjungi Curug Bidadari sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan air terjun tetapi dengan akses yang mudah.

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

13. Curug Hordeng

Curug Hordeng
Image Credit: Denubay.com

Curug Hordeng juga menjadi salah satu curug yang tidak lepas dari perbincangan masyarakat. Pesona dari curug ini juga tidak kalah menawan dari curug lainnya. Menghadirkan decak kagum bagi siapapun yang melihat kemolekkannya. Airnya yang jernih lengkap dengan tebing tebing eksotis, membuat curug ini akan menjadi tempat pelepas penat yang mujarab. Suasananya yang asri juga akan membuat Anda betah berlama lama.

Lokasi: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

14. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo
Image Credit: Youtube.com (Yusrizal)

Curug selanjutnya di kota Hujan yang tak kalah menarik dan sempat hits di Instagram adalah Curug Leuwi Hejo. Sangat cocok sebagai tempat untuk relaksasi tubuh dari rutinitas yang mencekik. Tekstur bebatuan yang unik lengkap dengan airnya yang jernih, akan membuat siapapun terlena. Bebatuan besar di sekitarnya sangat cocok untuk pijakan sebelum Anda melompat. Memang berenang atau bermain air di tempat satu ini masih menjadi favorit.

Jika menilik dari namanya, Curug satu ini juga berarti kolam yang warnanya kehijauan. Bebatuan indah dengan air jernih yang mengalir di antara tebing, dipadu dengan kolam kehijauan menjadi pemandangan yang tak bisa ditolak siapapun. Daya tarik inilah yang menjadikan Leuwi Hejo diburu oleh wisatawan. Selain itu, terdapat banyak penginapan yang akan memudahkan Anda untuk menikmati suasana curug ini lebih lama.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

15. Curug Ciampea

Curug Ciampea
Image Credit: Google Maps (Wawan Setiawan)

Jika membahas perihal curug, rasanya tidak afdol jika tidak menyebut Curug Ciampea. Sekalipun untuk mengunjungi curug ini dibutuhkan perjuangan, tetap saja para pelancong berbondong bondong untuk menyaksikan sendiri pesonanya. Airnya yang jernih lengkap dengan kontur alam yang megah, menjadikan Curug Ciampea begitu eksotis. Apalagi pengunjung juga bisa berburu spot underwater yang banyak mencuri perhatian para traveller.

BACA JUGA:  30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terhits Buat Liburan

Lokasi: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor.

16. Curug Kembar Ciburial

Curug Kembar Ciburial
Image Credit: Triptrus.com

Air yang turun dari ketinggian memang selalu mempesona, dan bagaimana jika langsung dua air terjun? Pemandangan inilah yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Curug Kembar Ciburial. Dua air terjun yang saling berdampingan ini memang menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Suasananya yang tenang serta asri menjadikan air terjun ini semakin lengkap. Jika Anda berenang di aliran airnya, pastikan untuk tetap mengutamakan keselamatan.

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

17. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet
Image Credit: Ksmtour.com

Sesuai dengan namanya, Curug Ngumpet ini memang menjadi curug di Bogor yang tersembunyi. Anda perlu bersabar untuk bisa menyaksikan kemolekkannya. Sebab, Anda harus lebih dahulu menakhlukkan medannya. Pepohonan rindang akan menemani setiap langkah anda, sehingga membuat perjalanan tidak terasa. Anda bisa mengunjungi curug Ngumpet bersama teman atau keluarga, karena airnya yang jernih juga suasana yang asri sangat cocok untuk liburan.

Lokasi: Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.

18. Curug Nangka

Curug Nangka
Image Credit: Sanjayatour.com

Nama curug satu ini memang tidak asing di telinga wisatawan, terutama jika yang menyukai wisata alam berupa curug. Tempatnya yang indah lengkap dengan hutan pinus membuat curug Nangka begitu eksotis. Air yang mengalir dari ketinggian, lengkap dengan tebing di kanan kirinya akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat mengambil foto. Berada di ketinggian 750 mdpl, membuat udara sekitar curug ini begitu sejuk dan sajikan panorama mempesona.

Kecantikan Curug Nangka memang sudah tersohor, namun rupanya tidak didukung dengan kesadaran pengunjung. Menjadikan wajah curug satu ini tercoreng karena kelalainnya. Kendati demikian, curug satu ini masih menjadi salah satu curug yang wajib Anda kunjungi. Pesona yang dimilikinya seperti kekuatan magis yang mampu menarik banyak wisatawan. Jernihnya air di kolam bawah air terjun akan membuat siapapun ingin mandi atau sekedar bermain air.

Lokasi: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor.

19. Curug Love

Curug Love
Image Credit: Detik.com

Curug di Bogor selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Curug Love. Layaknya namanya, Anda pasti akan jatuh hati dengan pesona yang dimilikinya. Semakin kondang, karena curug ini menghadirkan banyak spot fotografi idaman. Atraksi yang ditawarkan curug ini juga akan membuat petualang seperti Anda tertantang. Pasalnya bukan hanya untuk menikmati keindahan air terjun, hutan pinus atau jelajah alam yang ditawarkan juga menarik dijajal.

Pengalaman seru akan Anda dapatkan jika Anda mengambil jelajah alam ini. Hutan pinusnya juga sangat cocok untuk berburu foto foto idaman. Selepas Anda lelah, Anda bisa relaksasi diri di air terjunnya. Anda masih bisa menguji adrenalin dengan body rafting yang menyenangkan. Menyusuri aliran derasnya dengan ban karet, akan membuat liburan Anda tak terlupakan.

Lokasi: Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kab. Bogor.

20. Curug Panjang

Curug Panjang
Image Credit: Denubay.com

Curug Panjang menjadi penutup perjalanan Anda menjelajah pesona curug di Bogor. Curug ini berada di Puncak Bogor yang terkenal dengan udara sejuknya. Untuk sampai pada curugnya, Anda harus berjalan kaki sekitar 200 m. Tak jauh, sepanjang jalan akan ditemani dengan pemandangan memukau. Begitu sampai rasa takjub akan langsung menyeruak dan membuat Anda tak sabar bermain air.

Lokasi: Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

Itulah beberapa curug di kota Hujan Bogor yang menarik untuk Anda kunjungi. Sebenarnya, masih ada banyak air terjun menawan yang bisa Anda jelajahi. Perjalanan menuju curug tersembunyi yang belum banyak diketahui memang membutuhkan perjuangan. Untuk itu, pastikan sedang dalam kondisi yang fit agar perjalanan menjadi berkesan. Jangan lupakan, untuk turut serta menjaga alam dengan tak sembarangan membuang sampah.