Curug Bidadari Sentul salah satu objek wisata alam yang memesona di Bogor. Destinasi unggulan dari Sentul Paradise Park yang menawarkan kesegaran dan keindahan pegunungan yang layak dikunjungi saat akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kota Hujan begitulah julukannya, kota ini menyimpan pesona alam yang sanggup mengundang decak kagum bagi siapa pun yang berkunjung. Adapun destinasi wisata alam yang mampu menghipnotis mata pengunjung adalah Curug Bidadari yang berada di kawasan Sentul Paradise Park. Tak sama dengan curug lainnya, wisata ini menawarkan begitu banyak pesona utamanya perpaduan air terjun dan pemandangan pegunungan yang ciamik.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Bidadari Sentul

Daya Tarik Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (Ruslani Ruslani)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Kota Bogor disebut sebagai Kota Hujan karena memang memiliki curah hujan cukup tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya terletak pada kontur wilayah Bogor yang berupa barisan pegunungan. Dengan kondisi wilayah yang demikian, wajar saja jika kota tersebut memiliki udara sejuk.

Kontur wilayah yang terdiri dari barisan gunung dan pegunungan juga membuat Kota Bogor semakin unggul karena keberadaan wisata alam yang begitu memukau. Suguhan keindahannya tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Selagi berada di Bogor, cobalah untuk mengunjungi pesona wisata alam yang menjadi jawara Kota Bogor, yakni Curug Bidadari.

Dari sekian banyak curug yang ada di Kota Bogor dan Sentul, air terjun Bidadari menjadi salah satunya yang paling populer di kalangan masyarakat dan pelancong. Bukan tanpa alasan, objek wisata alam ini menjadi begitu populer karena suguhannya pemandangannya yang sulit ditemukan di wisata curug lainnya.

Menariknya, curug ini menjadi ikon Kota Bogor dan Sentul yang menawan. Dibalik pemandangannya yang begitu menawan, wisata ini menyimpan cerita mitos yang berkembang di masyarakat. Penduduk sekitar percaya bahwa curug yang dulu bernama Bojongkoneng ini merupakan tempat mandinya para bidadari di sore hari.

Cerita mitos semakin diperkuat dengan banyaknya orang yang konon mendengar suara para wanita yang bersenda gurau, namun ketika dicek tidak ada siapapun di lokasi curug tersebut. Terlepas dari ceritanya yang demikian, keindahan Curug Bidadari memang patut diperhitungkan. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang selalu meramaikan wisata alam ini setiap hari.

Teruntuk Anda yang sedang mencari tujuan liburan yang tenang, sejuk, dan segar, maka Curug Bidadari Sentul adalah jawaban yang paling tepat. Begitu mendekat ke area air terjun, Anda akan langsung mendengar deburan aliran air yang cukup keras. Hal ini disebabkan oleh debit air yang sangat besar sehingga membuat air yang jatuh ke permukaan menimbulkan suara keras.

BACA JUGA:  20 Villa Murah di Puncak Bogor Dengan Fasilitas Terbaik

Di bawah air terjun terdapat batu besar yang seakan membelah air dan ditengahi oleh jembatan yang digunakan sebagai akses bagi pengunjung untuk lebih dekat ke air terjun. Di bawahnya juga terdapat kolam yang bisa digunakan sebagai arena berenang dan berendam. Kolam tersebut juga tak terlalu dalam, sehingga sangat aman.

Hal yang amat disayangkan, debit air terjun yang deras membuat kolam air menjadi keruh apabila hujan tiba. Kondisi inilah yang dapat membuat para pengunjung tidak selalu bisa bermain air di kolam tersebut. Sebagai saran, lakukan lah pengecekkan cuaca sebelum berkunjung ke Curug Bidadar agar bisa bermain air di kolam yang jernih.

Berbicara mengenai daya tarik Curug Bidadari, tak melulu menikmati air terjunnya saja. Udara yang segar dan bersih juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi objek wisata alam ini. Keindahan alam yang diberi sentuhan modern akan membuat pengalaman berlibur Anda semakin mengesankan.

Para pengunjung juga semakin dimanjakan dengan keberadaan kolam buatan yang dibangun oleh pihak pengelola. Bahkan, pihak pengelola membuat kolam tersebut mirip dengan struktur pantai yang didalamnya terdapat pasirnya. Sisi kolam dibuat dangkal menyerupai pantai agar memudahkan anak anak untuk menjangkau kolam tersebut.

Menariknya, pihak pengelola mendatangkan pasir pantai langsung ke dalam kolam buatan tersebut agar semakin menambah daya tarik air terjun ini. Berkunjung ke wisata alam ini bersama keluarga, merupakan keputusan yang paling tepat untuk mengisi waktu liburan. Udara yang sejuk juga akan membuat Anda melupakan beban pikiran yang mengganggu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Bidadari

Alamat Curug Bidadari
Image Credit: Instagram.com @moanskywardz

Seperti yang Anda tahu, nama Curug Bidadari dulunya adalah Curug Bojong Koneng. Penamaan tersebut berdasarkan letak curug yang ada di wilayah Desa Bojong Koneng. Desa ini terletak sekitar 19,1 km dari arah pusat Kota Bogor. Para pengunjung membutuhkan waktu sekitar 36 menit dari Bogor untuk sampai ke Desa Bojong Koneng.

Untuk menuju ke lokasi curug, terdapat beberapa pilihan rute perjalanan yang dapat Anda lalui. Jika Anda berangkat dari Kota Jakarta, maka bisa menggunakan rute Tol Jagorawi untuk menuju Sentul. Kemudian, melanjutkan perjalanan menuju ke Sentul Paradise. Sesampainya di Sentul Paradise, Anda akan diberi petunjuk arah menuju Curug Bidadari.

Pada dasarnya, untuk bisa berkunjung, ada berbagai kemudahan yang akan Anda temui. Pasalnya, pihak pengelola bersama pemerintah daerah telah memberi banyak petunjuk arah yang akan memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi air terjun cantik ini.

BACA JUGA:  Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Nan Eksotis di Bogor

Apabila jalan yang sedang dilalui membuat Anda ragu, maka Anda dapat menanyakan alamat dan rute perjalanan menuju Curug Bidadari ke masyarakat setempat. Akses jalanan yang juga mudah dilalui juga semakin mempermudah Anda untuk mencapai tujuan. Sesampainya di sana, rasa lelah perjalanan akan terbayarkan dengan suguhan panorama yang tersaji di air terjun.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Curug Bidadari

Harga Tiket Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (Nurasiah Jamil Jamil)

Sebagai informasi untuk anda, menikmati suguhan pesona Curug Bidadari yang ciamik tidak memerlukan banyak dana. Anda pun tidak perlu merogoh kocek dalam dalam untuk bisa memasuki area wisata alam tersebut. Inilah alasan mengapa berlibur di curug ini banyak dipilih para wisatawan.

Berbicara mengenai tiket masuk, terdapat dua periode yang membedakannya. Yang pertama adalah hari biasa. Pada hari biasa atau weekday, tarif retribusi masuk curug ini dibanderol sekitar Rp 30 ribuan saja. Sementara periode yang kedua yakni weekend, harga tiket masuk dipatok sekitar Rp 40 ribu.

Akan tetapi jika musim liburan tiba, harga tiket yang harus Anda bayarkan cenderung mengalami kenaikan yakni mencapai Rp 50 ribu per orang. Untuk mengetahui harga tiket masuk Curug Bidadari, usahakan untuk bertanya informasi kepada pihak pengelola mengenai harga tiket masuk wisata tersebut pada hari dimana Anda mengunjunginya.

Selain tiket masuk, hal lain yang wajib Anda perhatikan adalah jam operasional. Pihak pengelola memberlakukan jam operasional yang berbeda antara hari biasa dan waktu liburan. Untuk hari biasa, curug akan dibuka pada pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00 WIB. Sementara saat akhir pekan akan dibuka pada pukul 07.30 hingga 18.30 WIB

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Bidadari

Aktivitas Menarik di Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (Aldo Ladjar)

1. Menikmati Pemandangan Sekitar

Kegiatan pertama yang sudah pasti dilakukan pengunjung adalah menikmati suguhan pemandangan Curug Bidadari yang menawan. Melihat hijaunya pemandangan dan pegunungan sekitar, dipadukan dengan debit air yang deras menjadi kegiatan yang dapat menenangkan jiwa dan pikiran.

Udara sejuk yang berhembus juga semakin menambah ketenangan yang akan membuat segala rasa penat hilang terhempas. Inilah yang menjadi alasan wisata air terjun ini dipilih sebagai tujuan liburan untuk menghilangkan rasa penat akibat aktivitas harian. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat udara yang berhembus lebih segar.

2. Bermain Air

Berkunjung ke Curug Bidadari tak akan lengkap jika belum mencicipi kesegaran air yang menyeka penat di seluruh tubuh. Baik bermain air di kolam buatan maupun di bawah air terjunnya secara langsung, dapat Anda pilih untuk mengisi waktu liburan di sana. Jika Anda ingin merasakan derasnya debit air secara langsung, bisa bermain di bawah air terjun.

Namun jika Anda lebih memilih untuk berendam di air yang tenang, bisa memilih kolam buatan yang di dalamnya ditambahkan pasir pantai. Ada pula kolam arus bagi Anda yang ingin memacu adrenaline. Namun ingat, jika ingin menggunakan berbagai wahana di sana, perhatikan aspek keselamatan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:  Pesona Curug Luhur, Air Terjun Terindah di Lereng Gunung Salak Bogor

3. Outbond

Bagi Anda pecinta wahana pemacu adrenaline, bisa menjajal outbound di Air Terjun Bidadari ini. Wahana yang disiapkan ini memang sengaja dikhususkan untuk memanjakan para pengunjung, khususnya bagi mereka yang menyukai tantangan. Salah satu wahana outbond yang wajib Anda jajal adalah flying fox.

Aktivitas di Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (Maria Paulina)

4. Menyusuri Jembatan

Aktivitas selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dilakukan ialah menyusuri jembatan yang letaknya berada di tengah batu belah. Jembatan ini menghubungkan ke sumber air utama Curug Bidadari yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto yang cukup menarik.

5. Berburu Foto Kekinian

Pihak pengelola Curug Bidadari memang sengaja mendesain tempat tersebut dengan menambahkan banyak spot foto menarik. Tak hanya swafoto atau groufie berlatar belakang air terjun saja, latar lain seperti jembatan, pegunungan, dan batu besar juga dapat dijadikan background foto yang menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Bidadari Sentul

Fasilitas di Curug Bidadari Sentul
Image Credit: Google Maps (Auda Ra)

Meski Air Terjun Bidadari tergolong destinasi wisata yang murah, namun kenyamanan Anda akan dipastikan dengan keberadaan fasilitas yang memadai. Baik wahana maupun fasilitas, bisa Anda temukan di tempat rekreasi tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Adapun wahana yang patut Anda jajal mulai dari flying fox, perahu tangan, hingga lazy pool.

Sementara untuk fasilitasnya, meliputi area parkir yang luas, toilet, mushola, gazebo, dan warung warung yang tersebar di sekeliling lokasi. Bagi Anda yang datang untuk sekedar menikmati suasana, bisa duduk di gazebo sembari mencicipi kudapan kuliner yang dijual oleh pemilik warung di sana.

Khusus untuk Anda yang ingin berlama lama di Air Terjun Bidadari, bisa bermalam di hotel terdekat. Seperti yang Anda tahu, lokasi Air Terjun Bidadari cukup mudah dijangkau. Di sekitar lokasi wisata Curug Bidadari juga terdapat villa dan resort yang menawarkan harga dan fasilitas beragam.

Soal harga, tak perlu risau. Umumnya, semua penginapan di sekitar area curug menawarkan harga sewa kamar yang sebanding dengan fasilitas yang diberikannya. Semakin lengkap fasilitas kamar, maka akan semakin tinggi pula harga yang harus ditawarkan. Disarankan, lakukan pemesanan jauh jauh hari saat Anda berencana menginap di hotel terdekat dari lokasi air terjun.

Beribu pesona yang dimiliki Curug Bidadari, menjadikan wisata alam ini begitu kondang di masyarakat. Bahkan, keelokannya mampu memikat para wisatawan yang datang dari luar daerah. Dimana lagi Anda mendapat perpaduan wisata alam dengan wisata modern yang begitu apik? Oleh sebab itu, berkunjung ke Curug Bidadari adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan.