Curug Batu Templek, Pesona Air Terjun Cantik dengan Tebing Batu Eksotis di Bandung

Curug Batu Templek, Pesona Air Terjun Cantik dengan Tebing Batu Eksotis di Bandung
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kp.Sentakdulang, Cikored, Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat

Bandung memiliki wisata air yang cukup beragam, diantaranya adalah air terjun, pantai, dan juga wahana kolam renang. Apa yang akan kita bahas kali ini adalah air terjun yang dikenal dengan Curug Batu Templek. Mungkin banyak yang belum mengetahui atau mendengar namanya, namun bukan berarti keindahannya kalah dengan air terjun di tempat lain.

Semakin berkembangnya dunia teknologi memudahkan tersebarnya informasi. Demikian pula dengan curug di Bandung ini, eksotisme nya bakal menjadi pembicaraan hangat di media sosial. Saat ini pengunjung yang datang semakin banyak setiap harinya, terlebih ketika hari libur. Ini tidak lepas dari peran media sosial yang mengabadikan pesonanya.

Jika dilihat sekilas, banyak yang berpendapat bahwa curug cantik ini merupakan buatan manusia. Ini dikarenakan ada bekas pahatan di beberapa bagian tebingnya. Memang ada bekas pahatan karena lokasi air terjun ini berada di area pertambangan batu. Namun terbentuknya curug ini merupakan proses alami karena perubahan suhu di dalam perut bumi.

Daya Tarik Wisata Curug Batu Templek

Daya Tarik Curug Batu Templek
Photo by Facebook Iwan Kustiwan

Dinamakan Curug Batu Templek tidak lepas dari batu tebing yang berupa lempengan tipis. Lempengan ini seakan menempel erat dan membentuk sebuah batu yang cantik dan eksotis. Berbagai daya tarik pun dimiliki, semua tidak lepas dari pesona dan keindahannya.

1. Eksotisme Tebing Curug Batu Templek

Dengan batu berwarna kuning kecokelatan, pengunjung dapat melihatnya dengan jelas meskipun dari kejauhan. Batuan ini tampak begitu eksotis membentuk tebing berbagai ukuran. Keindahannya semakin terlihat tatkala batu ini memiliki undakan yang bervariasi ketinggiannya. Mulai dari ukuran sedang hingga ukuran besar, semua terlihat cantik.

Aliran air dari sungai di atasnya semakin memberikan pesona yang sulit dilupakan. Perlahan namun pasti, air mengalir begitu deras jika di musim hujan. Lain halnya jika anda datang di musim kemarau, air yang mengalir tidak begitu terlihat. Samar-samar namun tetap ada dan melewati jalurnya.

Mengunjungi Curug Batu Templek sebaiknya di musim hujan, meskipun untuk aliran airnya tidak terlalu jernih. Namun pesonanya begitu mengagumkan dan terlihat jelas air tidak sepenuhnya mengalir di semua batu tebing. Air ini hanya mengalir di beberapa titik sesuai jalurnya. Bekas alirannya pun terlihat berwarna kehitaman.

2. Air Terjun Tanpa Kolam

Anggapan bahwa air terjun ini sebagai buatan sebenarnya wajar, karena mungkin anda sendiri beranggapan demikian. Bagaimana tidak, kontur batuan di sini persis seperti air terjun yang ada di pekarangan rumah. Apalagi Curug Batu Templek tidak memiliki kolam seperti halnya air terjun pada umumnya.

Daya Tarik di Curug Batu Templek
Photo by Twitter Arca Hiyoto

Air yang mengalir melewati batuan eksotis langsung turun ke sungai dan mengalir ke hulu. Dari aliran yang paling atas, air akan melewati setiap undakan batu tebing. Setidaknya ada tingkatan batu yang dapat di saksikan. Semakin deras air yang mengalir, semakin terlihat kecantikan dari air terjun di Bandung ini.

3. Keindahan Alam Sekitar

Daya tarik Curug Batu Templek berikutnya dari keindahan alam sekitar. Tebing yang berasal dari batuan metamorf ini sedikit ditumbuhi pohon liar. Hanya beberapa bagian saja yang terlihat berlumut, sebagian lagi ditumbuhi semak hijau yang terlihat menyegarkan. Namun untuk daerah sekitarnya, banyak pohon rindang yang menjadi peneduh alami.

Keindahan ini berawal dari perjalanan menuju lokasi, dimana anda akan melewati sebuah perkampungan yang dipenuhi dengan ladang dan perkebunan. Selanjutnya masuk ke hutan yang didominasi pohon perdu untuk mencapai lokasi. Sejauh mata memandang, hanya warna hijau yang didapatkan dari vegetasi penghuni alam liar di sekitar air terjun.

4. Spot Terbaik untuk Fotografi

Sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Curug Batu Templek tidak lain adalah dari kalangan pemuda. Ada juga warga dari luar Bandung yang penasaran akan keindahannya. Meskipun tidak terlalu banyak, wisatawan asing biasanya menyempatkan diri mampir ke lokasi air terjun penuh pesona ini.

Dari kalangan mana pun mereka datang, tujuan utamanya adalah mendapatkan spot foto terbaik. Memang tidak dapat di pungkiri bahwa daya tarik utamanya adalah menyatu nya batuan tebing dengan aliran air. Kondisi ini dimanfaatkan pegiat media sosial untuk mengabadikan momen liburannya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Curug Batu Templek
Photo by Twitter Mustofa Cahya

Selain daya tariknya yang memukau, alasan wisatawan berlibur ke Curug Batu Templek adalah karena lokasinya yang strategis. Tidak butuh waktu lama jika posisi anda saat ini berada di pusat kota Bandung. Perjalanan yang harus ditempuh hanya 12 kilometer. Itu pun dapat dijangkau hanya dengan waktu sekitar 25 menit menggunakan mobil atau motor.

Dari pusat Bandung, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Gudang Utara, kemudian ke Jalan Jakarta dan menuju Jalan Ahmad Yani. Lurus ikuti jalan utama menuju ke Jalan A.H. Nasution dan belok kiri setelah pertigaan menuju ke Jalan Pasir Impun. Dari sini, perjalanan mulai sedikit menanjak, lanjutkan hingga ke kawasan Babakan.

Sampai di sini, lokasi Curug Batu Templek tidak jauh lagi. Banyak papan petunjuk yang tersedia, silahkan ikuti atau tanya pada warga sekitar. Air terjun ini menjadi spesial karena anda dapat menggunakan sepeda hingga ke lokasi. Warga sekitar yang datang ke lokasi biasanya menggunakan sepeda sambil tracking melewati jalan berundak.

Harga Tiket Masuk Curug Batu Templek

Tiket Masuk di Curug Batu Templek
Photo by Twitter YoExplore

Untuk menikmati eksotisme dari air terjun cantik ini, anda tidak perlu menyiapkan budget banyak. Tiket masuknya hanya 5.000 rupiah, baik dewasa maupun anak-anak. Harga ini jauh lebih murah dari pesona alam dan keindahan air terjun yang didapatkan. Bandingkan jika anda mengunjungi objek wisata berupa permainan, pasti lebih banyak lagi biaya yang dikeluarkan.

Tambahan biaya yang diperlukan yakni dari parkir kendaraan, karena anda tidak dapat langsung mencapai Curug Batu Templek jika menggunakan kendaraan bermotor. Tarif parkir untuk sepeda motor dikenakan 2.000 rupiah, sedangkan untuk mobil 5.000 rupiah, sama dengan harga tiket masuknya.

Bagi yang ingin aktivitas camping, silahkan izin terlebih dahulu dan membayar biaya tambahan sebesar 30.000 rupiah. Objek wisata alam di Bandung ini memiliki area khusus camping meskipun tidak terlalu besar. Diluar aktivitas camping, jam operasional yang berlaku di sini yakni pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Wisata Curug Batu Templek
Photo by Google Maps susanto –

Berkunjung ke Curug Batu Templek tidak kalah menarik dibandingkan objek wisata lain. Banyak aktivitas yang dilakukan di sini, tidak harus yang berhubungan dengan air. Menikmati suasana dan kesegaran alam, panjat tebing, dan kemah adalah beberapa diantaranya.

1. Menikmati Pesona Eksotis Curug Batu Templek

Tentu sangat rugi jika anda datang ke sini sambil menutup mata. Pasalnya, keindahan alam yang dimiliki mampu menghipnotis semua wisatawan. Pesona yang paling banyak dinanti adalah eksotisme batu tebing dengan guratan alaminya. Ketika mengalir air dari atasnya, tampak jelas bahwa tidak ada yang dapat menandingi kuasa Tuhan.

2. Pacu Adrenalin dengan Panjat Tebing

Curug Batu Templek tidak hanya menawarkan aktivitas pasif seperti menikmati keindahannya, namun juga kegiatan yang dapat memacu adrenalin. Panjat tebing adalah salah satunya, dimana lokasinya tidak jauh dari air terjun. Batuan yang dipanjat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang ada di curug, hanya saja tidak dialiri air.

3. Bermain Air di Sungai

Aktivitas Menarik Dilakukan di Curug Batu Templek
Photo by Google Maps Irfan Irawan

Aliran air yang mengalir begitu indah melewati undakan batu tebing ternyata memberikan kesegaran alami. Tidak heran jika banyak wisatawan yang tiba di lokasi dan langsung bermain air. Selain dibawah air terjun langsung, aktivitas ini dapat dilakukan di sungai. Batuan kecil yang menghiasi sungai sebagai aliran air terlihat cocok dijadikan pijakan.

4. Bersepeda Santai

Apabila anda termasuk warga lokal, sebaiknya tracking menuju Curug Batu Templek dengan bersepeda. Udaranya yang asri memang pas untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan ini. Terlebih bagi yang suka tantangan, jalurnya lumayan sulit ditaklukkan karena banyak tanjakan dari batuan yang tersebar berbagai ukuran.

5. Camping di Alam Terbuka

Apabila belum puas menikmati segala pesonanya, kami sarankan untuk menginap di sekitar lokasi. Jaraknya tidak jauh dari Curug Batu Templek, jadi suara aliran air yang merdu masih terdengar jelas. Area camping nya cukup luas dengan hamparan rumput hijau yang menyejukkan. Di sekitar lokasi banyak ditumbuhi tanaman sehingga suasana semakin asri.

6. Berburu Spot Foto

Apapun aktivitas yang anda lakukan, jangan pernah meninggalkan kegiatan yang berhubungan dengan fotografi. Apalagi kali ini anda mengunjungi salah satu objek wisata andalan warga Bandung. Spot terbaik sebagai latar belakang foto maupun video yakni batu tebing yang dialiri air begitu indahnya.

Fasilitas Penunjang di Curug Batu Templek

Fasilitas di Curug Batu Templek
Photo by Google Maps royke oi

Fasilitas Curug Batu Templek tergolong memadai untuk sekelas objek wisata alam. Tersedia area parkir cukup luas dan kondisinya aman, jadi anda dapat tetap fokus pada aktivitas liburan. Selain itu, ada mushola dan toilet yang jaraknya tidak terlalu jauh. Di sini juga tersedia café mini dengan konsep alam terbuka layaknya di tengah hutan.

Itulah yang dapa kami sampaikan mengenai salah satu objek wisata terbaik yang layak anda kunjungi. Daya tariknya jelas, jadi tidak ada alasan untuk menolaknya. Apalagi harga tiket masuknya sangat murah dengan fasilitas memadai. Sepertinya wajar jika Curug Batu Templek dimasukkan kedalam daftar tujuan destinasi wisata selanjutnya.