Bandung memang identik dengan pegunungan sehingga memiliki wisata air terjun yang tak kalah menarik. Inilah beberapa curug di Bandung yang menawarkan pemandangan alam yang memukau untuk petualangan seru.

Bandung adalah kota yang penuh dengan destinasi wisata yang menarik. Dimulai dari wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata belanja semuanya tersedia. Destinasi wisata yang tidak kalah menarik dan patut untuk dikunjungi adalah air terjunnya. Wahana wisata yang satu ini cocok untuk melepas penat sejenak saat akhir pekan. Berikut deretan air terjun atau curug di Bandung yang menarik untuk dijelajahi.

1. Curug Malela

Curug Malela
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Air terjun Malela adalah air terjun yang terletak di Kabupaten Bandung Barat yang bisa Anda kunjungi. Curug Malela memiliki sumber air terjun yang berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng. Curug yang satu ini memiliki 5 jalur yang berbeda dan memiliki air sungai yang cukup deras .

Mengunjungi air terjun ini, Anda berkesempatan untuk bertemu dengan monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) di bawah Curug Malela jika beruntung. Airnya yang jernih dengan suasana yang asri akan membuat Anda betah berlama lama. Air terjun ini sendiri merupakan air terjun rangkaian paling atas dari rangkaian sepanjang 1 km yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

2. Curug Panganten

Curug Panganten
Image Credit: Instagram.com @infopangalengan

Curug Panganten adalah air terjun yang terletak di jalan raya chianjuan. Tempat ini memiliki 2 curug yang berdampingan dan berada pada ketinggian 1050 mdpl . Saat musim penghujan debit air cukup deras dan indah. Sedangkan saat musim kemarau memang tidak begitu besar, tetapi mampu menawarkan panorama yang mengesankan.

Untuk menuju curug cantik ini, Anda memang harus menempuh perjalanan yang menantang. Lokasinya yang masih tersembunyi, menjadikan kealamian dan keindahannya terjaga dengan baik. Namun keindahan yang disajikan akan menghempas semua rasa lelah perjalanan Anda. Bahkan dijamin Anda enggan untuk segera pulang.

Lokasi: Desa Padaasih, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

3. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug
Image Credit: Instagram.com @yusupslater

Air terjun ini terletak di kabupaten Bandung Barat dengan memiliki ketinggian tidak lebih dari 50 meter. Curug Bugbrug memiliki pesona tersendiri dimana air yang mengalir jatuh secara bertumpuk tumpuk. Bahkan suara jatuhnya air yang terlalu keras hingga terdengar suara bruk bruk. Daya pikatnya ini memang masih belum banyak dilirik oleh wisatawan.

Disekitarnya terdapat batu batu besar yang menghiasi sisi timurnya. Batu batu besar di sisi timur itu seringkali dibuat sebagai tempat duduk wisatawan guna berfoto ria dengan latar belakang air terjun yang indah. Dengan begitu Anda bisa mengambil banyak foto kekinian untuk Anda unggah di media sosial.

BACA JUGA:  22 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Paling Terkenal

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kec. Bandung Barat.

4. Curug Layung

Curug Layung
Image Credit: Google Maps (Desy Rosdiani)

Berada pada kawasan Gunung Tangkuban Perahu Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini berada pada kawasan hutan pinus dengan ketinggian 1.400 meter. Curug Layung memang tidak setinggi air terjun pada umumnya namun memiliki karakteristik yang berbeda dan unik, yaitu memiliki area hutan pinus dan area bumi perkemahan.

Curug Layung memiliki keindahan dimana air terjunnya memiliki 3 tingkat. Airnya yang jernih mengalir di lahan berundak dan mengalir dikelilingi area hutan yang asri. Selain itu bumi perkemahannya memberikan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu yang indah. Anda bisa camping untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih berkesan.

Lokasi: Desa Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

5. Curug Cimahi

Curug Cimahi
Image Credit: Instagram.com @hilmymew

Setelah mengunjungi curug curug indah di Bandung, maka sekarang saatnya Anda mengunjungi curug Cimahi ini. Terletak di Kertawangi Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini menjadi air terjun tertinggi dengan keunikan tersendiri di wilayah Bandung. Curug ini akan menyala seperti pelangi ketika saat malam hari, sehingga air terjun ini lebih dikenal dengan nama Curug Pelangi.

Air terjun yang satu ini buka dari pagi hingga malam hari dikarenakan pelangi akan muncul pada air terjunnya saat malam hari tiba. Di sekitar air terjun ini terdapat monyet monyet yang bergelantungan namun tidak diperkenankan diberi makan oleh wisatawan yang datang dikarenakan dapat membahayakan.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

6. Curug Maribaya

Curug Maribaya
Image Credit: Instagram.com @simonkempster

Curug Maribaya berlokasi di Taman Hutan Raya Djuanda. Kesegaran air terjunnya dapat dirasakan lebih jelas dengan menikmati kolam penampungan air terjun yang telah disediakan. Di Curug Maribaya tidak hanya air terjun sebagai satu satunya wisata, namun terdapat pemandian air panas dan permainan anak anak.

Suasananya yang tenang dan udara yang sejuk dapat menghilangkan lelah dan penat. Dikelilingi oleh pohon yang asri dan rindang Anda dapat menemukan objek wisata lain berupa Gua Jepang dan Gua Belanda yang menjadi daya tarik tersendiri. Fasilitas yang telah tersedia di wilayah curug ini sudah tersedia dengan lengkap mulai dari mushola,toilet,saung dan tempat parkir yang luas.

Lokasi: Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

7. Curug Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Nativeindonesia.com

Tilu Leuwi Opat terletak di kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.Pesona curug ini sudah cukup populer bagi backpakers dan traveller. Di dalam kawasan curug Tilu Leuwi Opat terdapat lembah yang biasa digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan sekitarnya. Keberadaan lembah hijau dan air yang jernih dapat menjadi spot foto yang menarik bagi pengunjung.

Fasilitas yang ada di Tilu Leuwi Opat sudah memadai dan tersedia. Bahkan di sana terdapat fasilitas Camping Ground, Wisata Outbond, Rappeling, Panjat tebing, Arung Jeram , dan masih banyak lagi. Curug Tilu Leuwi Opat memiliki daya tarik wisata dari pesona keindahan alam di sekitar air terjun, lokasi yang ideal, dan suasananya yang sangat tenang.

BACA JUGA:  22 Makanan Khas Bandung yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

8. Curug Anom Natural Hills

Curug Anom Natural Hills
Image Credit: Instagram.com @aailhamsy

Air Terjun Curug Anom Natural Hills terletak di Cisarua, Bandung Barat. Air terjun yang satu ini dapat dikatakan belum terlalu dikenal oleh banyak orang, padahal memiliki keunikan dibandingkan Curug lainnya yang berada di Bandung. Jika pada umumnya memiliki debit air yang deras, namun berbeda halnya dengan debit air di curug Anom yang cenderung lambat dan tenang.

Penyangga pada air terjunnya pun bukan berasal dari tanah melainkan batuan cadas. Di curug yang satu ini Anda tidak hanya bisa menikmati percikan air dan pemandangan yang indah namun juga dapat bermain air bahkan berenang. Saat musim kemarau tiba air curug Anom bening sekali dan terasa sangat menyegarkan.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

9. Curug Ngebul Cisitu

Curug Ngebul Cisitu
Image Credit: Instagram.com @drehidayat

Curug Ngebul Cisitu berada di kawasan Gunung Halu Kabupaten Bandung Barat. Pemandangan alam di Curug Ngebul Cisitu masih sangat alami bahkan menurut beberapa pecinta alam, tempat ini belum tersentuh oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Air Terjun Ngebul Cisitu ini tergolong kawasan wisata baru yang belum terlalu dikenal.

Dengan begitu tempat wisata air terjun ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat tenang nan cantik. Air yang jatuh akan terlihat menciptakan butiran butiran embun yang menggumpal menyerupai asap. Selain dapat menenangkan fikiran dan menghilangkan penat , Anda juga mendapatkan banyak spot foto yang bagus karena pemandangan yang sangat indah.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

10. Curug Bellarosa

Curug Bellarosa
Image Credit: Tourbandung.id

Lokasi air terjun yang satu ini berada di Cibodas Bandung Barat. Pemandangan bisa dinikmati dimulai saat dalam perjalanan menuju curug Belarosa ini, seperti pemandangan pegunungan di kaki Gunung Bukit Tunggul. Tak hanya itu, saat dalam perjalanan akan membelah kawasan hutan pinus dengan batang batang pohon yang tinggi dan udara yang sejuk.

Curug Bellarosa memiliki beberapa fasilitas seperti saung, tempat bermain untuk anak-anak,warung makan dan minum, area pemancingan, dan tempat api unggun. Di kawasan ini terdapat batu unik yang diberi nama Batu Cinta. Batu Cinta memiliki bentuk unik seperti hati yang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk menyalakan api unggun.

Lokasi: Jl Barukisu, Gandok, Suntenjaya, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

11. Curug Dago

Curug Dago
Image Credit: Instagram.com @cizzna

Curug Dago terletak di Kecamatan Cidadap,Bandung. Curug ini masuk dalam kawasan wisata Taman Hutan Raya Ir.H.Juanda. Carug Dago memiliki daya tarik yang unik yaitu sebagai salah satu lokasi jejak rekam sejarah bagi Kerajaan Thailand. Selain sejarah, pemandangan yang tersedia pun sangat indah dan asri.

Pesona keindahan alam curug dengan tinggi kurang dari 10 meter ini juga tak kalah mempesona jika dibandingkan dengan curug curug di Bandung lainnya. Lokasinya juga mudah untuk diakses meskipun menggunakan kendaraan umum. Fasilitas yang disediakan juga menunjang kenyamanan pengunjung.

BACA JUGA:  15 Tempat Belanja di Bandung yang Populer

Lokasi: Jl. Dago Pojok, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

12. Curug Cinulang

Curug Cinulang
Image Credit: Google Maps (Bayu Suseno)

Berada di Kabupaten Sumedang, air terjun yang satu ini sudah populer di kalangan masyarakat terutama wisatawan asal Jawa Barat. Memiliki 2 air terjun yang berdampingan keindahan air terjun satu ini memang sayang untuk dilewatkan. Dimana untuk air terjun utamanya memiliki arus yang terbilang deras.

Daya tarik yang ditawarkan adalah pemandangan indah yang masih alami dan udara yang sangat sejuk. Pemandangan sekitarnya semakin lengkap karena terdapat perbukitan dengan hamparan hijau yang luas. Tidak hanya itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk bermain air secara langsung ataupun berenang.

Lokasi: Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang.

13. Curug Cilengkrang

Curug Cilengkrang
Image Credit: Google Maps (saga saputra)

Sesuai dengan namanya, curug yang satu ini terletak di Kecamatan Cilengkrang, Bandung. Kawasan air terjun ini memang tidak cukup besar, namun memiliki pemandangan air terjun yang menyejukkan dan kawasan hutan yang rindang. Sebagian hutan terdiri dari hutan pinus yang tumbuh subur dan cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable.

Di bawah air terjun terdapat kolam yang tidak dalam sehingga aman bagi pengunjung apabila ingin bermain air dan berenang. Fasilitas umumnya sudah tersedia dan dikelola dengan baik.Tempat ini juga masih menjadi habitat satwa liar yang masih tetap terjaga hingga saat ini.

Lokasi: Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung.

14. Curug Sawer Cililin

Curug Sawer Cililin
Image Credit: Instagram.com @arif.ikhwani

Curug ini terletak di Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Curug Sawer Cililin merupakan tempat wisata yang sudah terkenal dan lokasinya pun mudah diakses dari pusat keramaian Cililin. Curug yang satu ini memiliki ukuran bebatuan air terjun yang sangat besar, dan tentunya udaranya pun sejuk. Fasilitas yang disediakan juga begitu memanjakan pengunjung.

Lokasi: Cililin Gabus Girang, Karangtanjung, Kec. Cililin, Kab. Bandung Barat.

15. Curug Jompong

Curug Jompong
Image Credit: Google Maps (Suhartoyo Toyo)

Curug Jompong berada pada Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini ditetapkan sebagai tempat wisata bukan hanya karena keindahannya saja, namun karena memiliki nilai sejarah tersendiri. Pasalnya di lokasi Curug Jompong pernah ditemukan Garnet, yaitu sebuah batu mulia sebesar biji delima yang sangat berharga.

Menjadi salah satu situs bumi yang mampu memikat wisatawan tentunya menjadi nilai tersendiri bagi curug yang satu ini. Memiliki aliran air yang deras dan begitu melimpah juga menjadi ciri khasnya. Bahkan dikatakan bahwa air terjun ini memiliki aliran yang paling besar. Terdapat pula pepohonan yang rindang dan asri menambah hawa sejuk di sekitarnya.

Lokasi: Jl. Nanjung, Lagadar, Kec. Margaasih, Kab. Bandung.

Itulah beberapa air terjun di Bandung yang bisa menjadi referensi tujuan akhir pekan yang menyenangkan! Jangan lupa pastikan Anda memiliki perencanaan dan persiapan yang matang mengingat bahwa beberapa curug memiliki jalur yang menantang. Faktanya mengunjungi Kota Bandung tidak hanya bisa mengunjungi wisata pegunungannya, wisata air terjunnya pun tak kalah menarik.