Candi Jiwa termasuk candi tertua di Jawa yang berdiri kokoh di Persawahan Segaran, Karawang. Bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Tarumanegara menarik untuk dieskplor keunikan dan keindahan alam sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Segaran, Kec. Batujaya, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Sebagian dari Anda mungkin belum tahu jika Kota Karawang memiliki sebuah wisata bersejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata sejarah yang menawarkan eksotisme adalah Candi Jiwa. Candi ini merupakan kawasan wisata peninggalan sejarah budha kuno yang masih satu kawasan dengan Candi Batujaya I.

Situs candi yang menyimpan misteri dan saksi sejarah ini cocok dikunjungi oleh Anda yang gemar menikmati seluk beluk wisata sejarah. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Candi Jiwa Karawang ini, yuk ungkap pembahasannya di ulasan ini.

Sekilas Tentang Sejarah Candi Jiwa

Tentang Sejarah Candi Jiwa
Image Credit: Twitter.com @lia_iyonk48

Candi ini adalah salah satu situs peninggalan bersejarah di Kota Karawang yang ditemukan di kompleks Candi Batujaya. Beberapa sumber mengatakan bahwa candi ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Tarumanegara yang berselang antara abad ke-2 hingga abad ke-12 Masehi. Kompleks bangunan ini diketahui merupakan peninggalan agama Budha.

Pada awalnya, masyarakat sekitar candi menemukan beberapa benda purbakala yang kemudian dilaporkan kepada pemerintah daerah. Kemudian pada tahun 1984, beberapa peneliti melakukan penelitian terhadap temuan masyarakat di sekitar area tersebut. Hasil dari penelitian tersebut menemukan 11 situs di Tegaljaya dan 13 situs lagi di Segaran.

Adapun situs di sekitar Candi Jiwa meliputi Unur Danar, Unur Blandongan, dan Unur Sumur. Semua situs tersebut merupakan saksi sejarah pada masa kerajaan Tarumanegara yang patut untuk dilestarikan. Adapun bentuk dari candi ini memang tidak semegah Candi Borobudur atau Candi Prambanan, namun candi di Karawang ini tetap memiliki keunikan tersendiri.

Perlu Anda ketahui, candi ini merupakan situs sejarah yang ditemukan di Segaran. Umumnya, masyarakat menyebut candi ini sebagai Unur Jiwa. Bentuknya semacam persegi dengan gundukan di bagian tengahnya yang sedikit melebar. Di sekeliling candi ini, Anda akan menemukan situs lain yang juga merupakan bagian dari sejarah peninggalan Tarumanegara.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Jiwa

Daya Tarik Candi Jiwa
Image Credit: Twitter.com @AminSyaefudin2

Jika berbicara mengenai daya tarik yang dimiliki Candi Jiwa, maka yang pertama akan mengarah pada segi arsitekturnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bangunan bersejarah ini berbentuk persegi dengan ukuran 19 m x 19 m, dengan ketinggian sekitar 4,7 m. Di tengahnya terdapat undukan yang sedikit melebar ke semua sisinya.

Jika dilihat sekilas, Candi Jiwa menyerupai bunga teratai kotak yang menjadi ciri khas bangunan peninggalan agama Budha. Uniknya, bangunan dari candi ini tidak memiliki pintu maupun anak tangga di sekitarnya. Jadi, pengunjung hanya dapat melihat penampakan candi dari arah luar bangunan dan tidak dapat memasukinya.

Meski berbeda dengan karakter candi pada umumnya, Unur Jiwa memiliki keunikan yang wajib Anda telusuri. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, kompleks bangunan Unur Jiwa ini berada di dalam area danau yang saat ini sudah tidak ada lagi. Inilah alasan mengapa lokasi tersebut dinamakan Segaran yang berarti telaga atau danau.

Pada saat diteliti, penemuan candi tertua di Karawang ini berada pada kedalaman 2 meter dengan bentuk asli yang lebih sempurna jika dibandingkan kompleks lain di sekitarnya. Tak berselang lama setelah penemuannya, pemerintah setempat melakukan pemugaran agar candi ini lebih bisa dinikmati dengan baik tanpa mengubah struktur aslinya.

Pasca dilakukan pemugaran, struktur bangunan Unur Jiwa tampak lebih jelas dan bisa dinikmati dengan mudah. Pengunjung pun bisa melihat dari dekat dan mengetahui bagaimana arsitektur candi ini dibangun. Tak hanya   bangunan candi, pengunjung dapat menikmati berbagai bangunan purbakala yang ada di sekitarnya.

Bait persawahan yang mengelilingi situs Unur Jiwa di sana semakin menambah keeksotisan lokasi tersebut. Anda pun diperbolehkan untuk berswa foto di sekitar area selama menaati peraturan yang ada. Satu hal yang perlu diingat, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan sekali kali merusak peninggalan sejarah ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Candi Jiwa

Alamat Masuk Candi Jiwa
Image Credit: Facebook.com @yanti.rubiyanti.549

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Candi Jiwa terletak di kompleks percandian Batujaya, Karawang. Bagi Anda yang merasa tertarik untuk berkunjung ke candi ini, maka tak perlu khawatir mengenai alamat dan rute menuju lokasi. Pasalnya, Unur Jiwa terletak di daerah yang cukup strategis dan sangat mudah dijangkau.

Akses jalan menuju candi juga sangat mudah ditempuh kendaraan. Anda dapat menggunakan roda dua dan roda empat untuk dapat mencapai lokasi candi. Sesampainya di sana, kendaraan bisa diparkir di sebuah lahan yang telah disiapkan oleh pihak pengelola yang dapat menampung dalam jumlah banyak.

Situs Unur Jiwa terletak di Segaran, Pakisjaya, Karawang. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan datang dari Jakarta, maka bisa mengambil arah ke jalan tol Cikampek. Kemudian setelah keluar dari gerbang tol, silahkan ambil jurusan Rengasdengklok dan melanjutkan perjalanan sampai ke arah Batujaya.

Meski berjarak sekitar 50 km, Anda bisa saja menghabiskan waktu selama 3 jam karena kondisi jalan yang tidak menentu dan terkadang padat. Sesampainya di Batujaya, maka Anda sudah mendekati lokasi Candi Jiwa yang terletak di Segaran. Tak lama, Anda akan melihat gundukan situs candi yang menjadi ciri bahwa Anda telah sampai ke lokasi.

Objek wisata ini bisa dikatakan sebagai tempat rekreasi yang murah meriah. Bagaimana tidak, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5 ribu saja untuk bisa memasukinya. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa merasakan liburan seru tanpa harus mengeluarkan banyak dana.

Anda juga tidak diwajibkan untuk membayar parkir kendaraan di lahan yang sudah disiapkan pihak pengelola. Setelah membayar tiket masuk, Anda sudah bisa menikmati keindahan pemandangan dan suasana Unur Jiwa yang begitu kental akan nilai sejarah. Jangan lupa bawa kamera untuk membidik setiap momen selama ada di sana.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Candi Jiwa

Aktivitas di Candi Jiwa
Image Credit: Twitter.com @RPPkarawang

1. Mempelajari Seni Arsitek

Bagi Anda pencinta seni arsitektur, Candi Jiwa bisa menjadi lahan ilmu untuk menambah wawasan Anda tentang dunia arsitek. Bangunan candi yang unik dan berbeda dengan candi pada umumnya menjadikan wisata sejarah ini unik dan layak untuk dipelajari. Meski terkesan monoton, terdapat relief yang mengandung makna terdalam.

2. Berburu Foto Menarik

Berfoto adalah kegiatan wajib yang harus Anda lakukan ketika berkunjung ke candi ini. Bagi Anda pemilik hobi fotografi, cobalah untuk menyalurkan bakat dengan menjadikan situs bersejarah ini sebagai objek bidikan yang menarik. Berlatar belakang hamparan sawah yang luas, dijamin membuat hasil jepretan Anda semakin memukau.

Sebagai saran, Anda bisa datang ke Unur Jiwa pada saat matahari sedang terbit maupun tenggelam. Semburat warna kuning kejinggaan seakan menghias eksotisme Candi Jiwa ini. Di waktu tersebut, Anda bisa mengabadikan setiap momen di sana. Alhasil foto yang Anda dapatkan dijamin indah dan membuat takjub orang yang melihatnya.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Jiwa Karawang

Fasilitas di Candi Jiwa Karawang
Image Credit: Facebook.com @cexoa

Fasilitas pertama yang akan Anda dapatkan di wisata sejarah Candi Jiwa adalah lahan parkir yang luas. Anda yang datang baik menggunakan kendaraan roda dua maupun empat, tidak perlu risau dengan area parkir. Lahan yang disiapkan pihak pengelola sangat luas dan dapat menampung berbagai jenis kendaraan pengunjung.

Tak hanya area parkir yang luas, Anda juga dapat memanfaatkan mushola untuk melaksanakan ibadah sholat lima waktu. Bangunan mushola di sisi candi telah disiapkan oleh pihak pengelola untuk membantu para pengunjung tetap melaksanakan ibadah wajibnya meski sedang berlibur di Candi Jiwa.

Di kawasan candi juga terdapat fasilitas toilet bersih yang bisa digunakan para pengunjung. Dilengkapinya fasilitas ini akan membuat Anda tetap nyaman saat berlibur di Candi Jiwa. Toilet yang dibangun juga cukup nyaman dan bersih untuk Anda gunakan. Bahkan, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan berbagai fasilitas di Unur Jiwa ini.

Tips Berkunjung ke Candi Jiwa

Tips Berkunjung ke Candi Jiwa
Image Credit: Twitter.com @Boyrafif1

Sebelum mengunjungi Candi Jiwa di Karawang, ada beberapa tips dan saran yang sebelumnya harus Anda perhatikan. Tips atau saran yang pertama adalah selalu menjaga kebersihan, ketertiban, dan kelestarian candi. Dikarenakan Unur Jiwa merupakan peninggalan sejarah, maka Anda patut melestarikan dan menjaga keamanannya.

Kemudian, bawalah alat pelindung panas seperti topi atau payung untuk berjaga jaga saat matahari sedang terik dan melindungi diri dari hujan. Mengingat cuaca yang tidak menentu, alat tersebut wajib Anda bawa. Jangan lupa untuk memproteksi diri dengan membawa perlengkapan kesehatan sebagai antisipasi kejadian yang tak diinginkan.

Agar liburan terasa makin menyenangkan, ajaklah keluarga atau orang terdekat Anda untuk bersama sama menikmati keindahan wisata peninggalan sejarah kerajaan Tarumanegara ini. Bawa serta kamera yang akan berguna untuk mengabadikan setiap momen bersama orang terkasih di Unur Jiwa ini.

Satu hal yang wajib Anda lakukan adalah memastikan kondisi fisik sebelum mengunjungi Unur Jiwa. Jangan sampai pada saat berlibur di tempat tersebut, kondisi kesehatan Anda terganggu. Bila perlu, minum multivitamin untuk membantu tubuh tetap terjaga dari virus dan penyakit.

Candi Jiwa merupakan bukti kegiatan sejarah di masa lampau. Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi, candi atau Unur Jiwa ini perlu dilestarikan. Keelokan bangunan candi yang begitu unik tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda perlu membuktikan sendiri keeksotisan candi yang terletak di Karawang, Jawa Barat ini.