Camp Hulu Cai salah satu destinasi wisata terpadu dengan alam sekaligus resort yang menyejukkan di kaki Gunung Pangrango, Ciawi, Bogor. Resor ini menawarkan kegiatan outbound dengan fasilitas yang lengkap.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran III, Cibedug, Kec. Ciawi, Kota Bogor, Jawa Barat.

Bogor dengan udara sejuknya, memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik hati. Camp Hulu Cai yang berdiri sejak tahun 2005 silam di daerah Bogor, merupakan wisata terpadu dengan konsep alam sekaligus resort yang banyak dikunjungi baik untuk liburan keluarga maupun pelatihan SDM suatu perusahaan. Resor terpadu ini bahkan mampu menghadirkan berbagai fasilitas mumpuni untuk memanjakan setiap pengunjung. Penasaran dengan tempat liburan unik ini ? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Camp Hulu Cai

Daya Tarik Camp Hulu Cai
Image Credit: Google Maps (Camp Hulu Cai)

Camp Hulu Cai merupakan wisata terpadu dengan konsep alam sekaligus resort yang berdiri sejak tahun 2005. Kata Hulu Cai berasal dari Bahasa Sunda yang artinya adalah sebuah tempat yang tidak jauh dari mata air. Penamaan ini lantaran resort ini berada di sekitar kaki Gunung Pangrango, yang membuat udara di sekitar lokasi terasa begitu sejuk dan amat alami.

Udara sejuknya tersebut didukung pula dengan suasana damai di sekitar, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tidak heran apabila Camp Hulu Cai banyak dituju untuk destinasi pilihan liburan, karena semua suasana ini tidak bisa didapatkan setiap hari di tengah tengah kota. Apalagi berbagai kegiatan seru bisa dilakukan pada tempat wisata dengan luas sekitar 8 hektar ini.

Dan yang terpenting, Anda bisa mengagumi keindahan alam yang rupawan di sini. Pasalnya tempat ini memiliki area taman bunga yang diberi nama Taman Layla. Taman Layla tersebut ditanami berbagai bunga dan tanaman hias, yang membuatnya terlihat makin mempesona dan begitu instagramable untuk dijadikan sebagai tempat berburu foto.

Selain itu, Taman Layla dilengkapi kolam air mancur yang bisa dinikmati keindahannya, terlebih ketika sore hari. Sebab pada waktu senja menjelang malam, lampu beraneka warna akan menyelimuti kolam air mancur ini dan membuatnya terlihat cantik nan rupawan. Melengkapi keindahan ini, Anda bisa mengaguminya sambil menikmati hidangan lezat dari Cafe Bambu.

Cafe Bambu berada tidak jauh dari area taman, sehingga Anda bisa memesannya dan dibawa ke lokasi Taman Layla. Selain itu, di Taman Layla Anda bisa menemukan sangkar burung, kolam teratai, kolam hias, dan gazebo sebagai tempat beristirahat. Bahkan masih banyak hal menarik lainnya yang bisa membuat Anda berdecak kagum ketika berkunjung ke Camp Hulu Cai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Camp Hulu Cai

Alamat Camp Hulu Cai
Image Credit: Google Maps (Noorca Insan Fajar)

Resort ini beralamatkan di Jalan Veteran III, Cibedug, Kecamatan Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Jika dari pusat kota Bogor, Anda perlu menempuh jarak sejauh 22 km atau sekitar 45 menit perjalanan untuk menjangkau lokasi camp ini. Namun jika Anda berkendara dari arah kota Jakarta, maka bisa membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam atau lebih tergantung dari kondisi jalan saat itu.

Rute perjalanan yang dapat Anda pilih yakni melalui Jalan Tangkil ke Agrabinta. Anda juga bisa menggunakan Jalan Tol Jagorawi untuk lebih mudahnya. Lebih lengkap mengenai rute perjalanan menuju Camp Hulu Cai, Anda bisa mengakses peta digital untuk mengetahui secara detail jika dari arah yang lain.

Akses menuju lokasi camp terbilang sudah bagus dan dapat dilalui oleh berbagai macam kendaraan, baik sepeda motor, mobil, hingga bus yang memuat rombongan wisatawan. Namun sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi, karena area ini belum dilalui oleh berbagai transportasi umum.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Camp Hulu Cai

Jam Operasional Camp Hulu Cai
Image Credit: Google Maps (Camp Hulu Cai)

Jam operasional tempat ini buka setiap hari selama 24 jam, jadi Anda dapat berkunjung ke sini kapan saja untuk menikmati pesona keindahan setempat sepuas hati. Harga tiket memasuki area wisata sendiri sebenarnya cukup murah yakni Rp. 20.000 saja per orangnya, belum termasuk dengan biaya parkir.

Namun biaya ini tidak termasuk dengan biaya menginap. Jika ingin bermalam di resort berbasis wisata terpadu yang mengusung konsep alam ini, Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp. 280.000 per malamnya. Akan tetapi, tarif ini juga tergantung dengan tipe kamar yang Anda pilih. Selain itu, harga yang tertera juga bisa berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan pihak pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Camp Hulu Cai

Kegiatan di Camp Hulu Cai
Image Credit: Twitter.com @ProviderBounder

1. Menginap

Karena berbentuk wisata alam dan resort, Anda bisa menginap di resort ini untuk merasakan keindahannya lebih lama. Camp Hulu Cai sendiri menyiapkan beberapa pilihan villa yang telah didukung fasilitas memadai. Di sini juga ada 12 titik lokasi camping ground untuk Anda yang ingin merasakan bermalam lebih dekat dengan alam.

Anda yang datang bersama rombongan tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat, karena area camping ground memiliki daya tampung hingga 1.200 pengunjung. Yang mana camping ground ini terdiri atas ground Palem, Jati, Sawo, Caringin atas dan bawah, Sedap Malam, Kolecer, Kalapa, Kiray, Maja, Sawo, dan ground Mahoni.

Masing masing camping ground ini tenda berkapasitas 2 hingga 4 orang dengan kamar mandi terpisah yang tidak jauh dari tenda. Tarif sewa tenda tersebut sudah termasuk dengan sarapan gratis. Selain itu, ada juga beberapa pilihan kamar di resort Camp Hulu Cai, mulai dari tipe standar, deluxe, dan superior dengan fasilitas hotel bintang tiga.

Lalu ada juga penginapan berbentuk cabin dan cottage yang fasilitasnya siap memanjakan Anda selama menginap di sini. Cabin dan cottage tersebut juga ada beberapa tipe, sehingga resort ini sudah pasti mampu menampung banyak rombongan wisatawan dalam satu kali kunjungan. Tidak heran jika banyak perusahaan besar yang melakukan family gathering di sini.

2. Gathering

Dengan ketersediaan pilihan tempat menginapnya yang begitu banyak dan lengkap, serta memiliki luas wilayah sekitar 8 hektar, tentu membuat Camp Hulu Cai tidak jarang dijadikan tempat gathering perusahaan. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mempererat hubungan dengan rekan para rekan kerja.

Beberapa kegiatan gathering yang menarik bisa dilakukan di tempat ini antara lain group games, pertandingan olahraga, team building, senam massal, hingga campfire. Bahkan berbagai ide permainan selama gathering berlangsung bisa Anda realisasikan di sini. Semuanya dijamin akan begitu menarik dan seru untuk dijalankan.

3. Outbound

Di Camp Hulu Cai, Anda juga bisa melakukan outbound. Tentu ini juga sangat cocok untuk keperluan gathering. Kegiatan outbound tersebut juga akan membantu mempererat hubungan keluarga jika Anda berkunjung bersama dengan keluarga besar ke sini. Paket outbound yang ditawarkan juga cukup banyak.

Dimana setiap paket outbound tersebut mempunyai standar keselamatan mutlak dan dipandu tim outbound profesional. Di sini, Anda bisa menemukan wahana outbound seperti wall climbing, rappelling, cargo nett, flying fox sejauh 150 meter, arung jeram mini sekitar 300 meter, hingga mini flying fox dan high rope untuk anak anak.

Kegiatan Menarik di Camp Hulu Cai
Image Credit: Google Maps (Zai Hilmi)

4. Berenang

Layaknya resort berbintang lainnya, tempat wisata ini memiliki kolam renang yang cukup luas sebagai tempat para pengunjung berenang. Saung saung pun sudah tersedia di sekitar kolam renang ini bagi Anda yang hanya ingin sekadar bersantai tanpa harus menjadi basah. Keduanya sangat menarik untuk dilakukan di area satu ini.

5. Berburu Foto Instagramable

Kegiatan satu ini menjadi favorit bagi hampir semua kaum hawa yang berkunjung ke Camp Hulu Cai. Apalagi tempat ini mampu dengan baik menyediakan dan memuaskan kebutuhan berburu foto instagramable ini. Mengingat bahwa tempat wisata satu ini telah dilengkapi taman bunga yang terdiri atas berbagai tanaman hias yang instagenic.

Selain berfoto ria di area Taman Layla, masih banyak lagi spot foto instagramable yang bisa memuaskan hasrat fotografi di sini. Sebagai contoh, Anda bisa menemukan spot berupa gerbang rumput yang lantainya berwarna warni. Selain itu, ada pula rumah warna warni yang mana keduanya merupakan salah satu spot foto favorit bagi para wisatawan.

Bahkan, tidak jarang area camp ini dijadikan sebagai tempat untuk pemotretan foto pre wedding karena keindahan serta kealamian yang mampu ditawarkannya. Hal ini membuat ide konsep foto tidak pernah habis jika berada di lokasi, seolah setiap spot bisa menampilkan foto yang apik.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Camp Hulu Cai Bogor

Fasilitas di Camp Hulu Cai Bogor
Image Credit: Google Maps (Camp Hulu Cai)

Sebagai wisata terpadu, Camp Hulu Cai memiliki fasilitas yang begitu mumpuni dan bisa memanjakan setiap pengunjung yang bertandang ke sini. Yang mana fasilitas utama berupa penginapan dengan berbagai pilihan tipe, mulai dari villa, cottage, cabin, hingga akomodasi berupa tenda di area camping ground.

Selain itu, ada pula beberapa fasilitas pendukung untuk berbagai kemudahan seperti tempat parkir kendaraan yang luas, klinik kesehatan, wahana permainan seru, spot foto anti mainstream, masjid sebagai tempat ibadah, sarana olahraga, dan toilet bersih di masing masing akomodasi dan beberapa area.

Di sini Anda juga bisa menemukan Cafe Halimun yang banyak dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh para kawula muda. Cafe ini menyuguhkan aneka hidangan khas Sunda dengan rasa lezat dan harga terjangkau. Cafe Halimun sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai kegiatan bersantai sembari chillin bersama teman.

Tidak sampai di situ saja, Camp Hulu Cai menghadirkan amfiteater yang umumnya digunakan untuk keperluan acara musik, pagelaran seni, meeting, evaluasi, dan masih banyak lagi. Amphitheater yang dimiliki ada dua, yang pertama yaitu Amphy Pinus yang didesain semi terbuka dengan sound system, projector, big screen, dan remote control.

Lalu yang kedua ada Amphy Bambu, yang mana amphitheater satu ini memiliki daya tampung yang jauh lebih luas bila dibandingkan dengan Amphy Pinus, karena memang lebih luas. Untuk Amphy Bambu, dibuat dengan konsep outdoor yang dilengkapi fasilitas panggung dan ruang hias.

Objek Wisata di Sekitar Camp Hulu Cai

Objek Wisata Sekitar Camp Hulu Cai
Image Credit: Google Maps (Defizon Fe)

Berada di bawah kaki gunung tidak membuat lokasi Camp Hulu Cai menjadi terpencil dan jauh dari mana mana. Sebaliknya, di sekitar sini terdapat beberapa objek wisata yang bisa Anda tuju untuk membuat liburan Anda menjadi lebih sempurna. Seperti Taman Safari Indonesia Cisarua yang berjarak sekitar 5,4 km dari arah lokasi resort, dan masih banyak lagi lainnya.

Camp Hulu Cai menjadi destinasi tepat untuk menikmati liburan paket lengkap dengan kesan yang berbeda. Bahkan Anda bisa sekaligus menginap di area ini tanpa harus mencari akomodasi lain di luar area wisata. Selaras dengan fasilitas wisatanya yang begitu mumpuni, setiap kamar di resort ini juga dilengkapi fasilitas memadai. Jadi, segera rencanakan liburan Anda ke sini.