Berkunjung ke Dago kurang lengkap jika belum nongkrong dan menikmati sajian di cafe yang unik. Inilah daftar cafe dan tempat nongkrong instagramable di Dago Bandung yang menawarkan berbagai menu mulai dari hidangan nusantara hingga mancanegara.

Berada di arah 5 km utara dari pusat kota Bandung, Dago menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi. Berbagai tempat wisata tersedia mulai dari wisata alam, belanja, hingga kulinernya yang menggoda. Tidak hanya itu saja, daerah yang satu ini juga menjadi favorit para kaum muda untuk menghabiskan waktu sehingga banyak cafe kekinian bermunculan di sini.

Jika mencari tempat nongkrong buat betah, berikut beberapa rekomendasi cafe unik di Dago Bandung yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Cafe Halaman

Cafe Halaman
Image Credit: Google Maps (Rhio Gemuruh Satrya Sianturi)

Cafe Halaman merupakan salah satu tempat yang menyajikan berbagai hidangan kuliner dengan mengusung konsep yang unik. Terdapat dua spot yang bisa dipilih ketika berada di cafe yang satu ini yaitu indoor atau outdoor. Jika Anda ingin merasakan sensasi menikmati hidangan dengan suasana yang berbeda, maka lebih baik memilih tempat yang di luar ruangan.

Dengan mengusung tema semi outdoor, cafe yang satu ini menjadi sangat populer di kalangan muda mudi. Pasalnya, hidangan dan suasananya sangat mendukung untuk digunakan sebagai tempat berkumpul atau sekedar nongkrong bersama teman. Tidak hanya itu saja, ada berbagai spot foto menarik yang bisa dijadikan latar belakang menarik.

Untuk menu makanan yang ditawarkan Cafe Halaman cukup beragam, mulai dari makanan pembuka, sup, makanan pendamping, snack, hingga hidangan penutup. Harga yang dibanderol juga sangat ramah dikantong karena hanya berkisar sekitar 7 ribuan hingga 35 ribuan saja. Menu yang paling digandrungi pengunjung adalah snack dan dessert ice cream.

Selain itu, Cafe Halaman juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti akses internet secara gratis, diskon member, LCD TV, hingga promosi lainnya. Karena cafe ini cukup luas, maka kerap kali dipilih sebagai tempat nonton bareng pertandingan olahraga dan juga pertemuan lainnya yang membutuhkan space yang luas.

Lokasi: Jl. Tamansari No.92, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

2. Congo Cafe & Resto

Congo Cafe & Resto
Image Credit: Google Maps (Mama Honey)

Ketika Anda memasuki Congo Cafe & Resto, maka akan dimanjakan dengan suasana yang nyaman dengan pemandangan menawan. Sebab, kafe ini didesain dengan nuansa kayu pedesaan. Sehingga ketika menyantap makanan dan minuman yang ada di sini terasa menyatu dengan alam. Suasananya yang sejuk dipengaruhi oleh banyaknya tumbuhan di sekitarnya.

Untuk pemilihan furniture yang ada di Cafe Congo tidaklah sembarangan, karena semua perabot terbuat dari kayu kualitas tinggi. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan untuk berswafoto dengan konsep bernuansa alam. Tidak hanya konsepnya saja yang unik, cafe ini juga menyuguhkan makanan dengan cita rasa yang begitu lezat.

BACA JUGA:  20 Restoran & Tempat Makan di Bandung yang Terkenal Enak

Anda bisa memilih menu makanan mulai dari hidangan nusantara hingga menu Western. Berbicara tentang makanan dan minuman, tentunya ada yang menjadi menu andalan di restoran bernuansa rustic ini. Salah satunya adalah Iga dan Ebony Steak, sedangkan untuk menu favorit minumannya adalah winter sky.

Makanan yang bervariasi dan juga unik dipadukan dengan konsep kafe ala pedesaan ini menjadikan tempat ini populer. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga, teman, atau kerabat dekat lainnya. Kafe ini juga cukup luas terdiri dari tiga lantai dengan dilengkapi tempat duduk yang ada dalam dan ruangan terbuka.

Lokasi: Jl. Ranca Kendal Luhur No.8 Dago, Ciburial, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

3. Hummingbird Eatery

Hummingbird Eatery
Image Credit: Instagram.com @hummingbird_eatery

Cafe yang satu ini menawarkan konsep unik bagi penikmat kuliner. Model bangunan yang diusung tempat ini merupakan rumah tua peninggalan zaman kolonial Belanda yang disulap sedemikian rupa menjadi cafe modern. Suasana cafe yang nyaman dengan simbol burung Humming ini terlihat seperti sarang burung.

Selain konsep cafe yang menawan, menu di Hummingbird Eatery juga tidak bisa diragukan lagi kelezatannya. Ada beberapa menu yang ditawarkan mulai dari appetizer, sup, makanan utama, sandwiches, hingga minuman. Selain menu tersebut ada juga makanan yang menjadi pilihan utama pengunjung ketika berada di cafe yang satu ini.

Menu andalan tersebut adalah pasta dan sandwich. Makanan tersebut sering dipilih para pengunjung karena rasa lezat khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Selain itu, porsi dan harganya yang pas membuat banyak pecinta kuliner memutuskan untuk memilih hidangan tersebut dalam memanjakan lidahnya.

Tidak hanya itu saja, sajian minuman spesial yang ditawarkan di cafe satu ini juga sangat unik. Pasalnya, Mojito disajikan di dalam gelas yang menyerupai toples. Varian menu Mojito yang bisa dipilih adalah green tea, lemon, leci, jasmine, dan juga jeruk mandarin. Selain itu, Anda juga varian rasa buah buahan sitrus seperti stroberi.

Lokasi: Jl. Progo No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

4. Bober Cafe

Bober Cafe
Image Credit: Google Maps (Mariska Simbolon)

Bober Cafe merupakan salah satu tempat yang cocok dijadikan tempat nongkrong atau sekedar berkumpul bersama dengan teman. Cafe yang buka selama 24 jam ini menawarkan berbagai jenis menu minuman berupa kopi. Kopi yang digunakan pun sangat beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan. Jadi Anda bisa memilih sesuai selera yang dimiliki.

Tidak kalah menariknya, pada Bober Cafe juga menyediakan makanan dan minuman lainnya untuk dicoba. Anda dapat memilih berbagai macam menu hidangan mulai dari menu nusantara, Asia, hingga Eropa. Menu nusantara yang bisa dipilih adalah olahan nasi goreng, ayam geprek, ayam kecap, hingga kreasi dari mie instan.

Sedangkan untuk menu ala Eropa yang disediakan adalah chicken cordon bleu dan sunny side up. Untuk menu ala Asia, Anda bisa memilihnya mulai dari chicken teriyaki, chicken curry, dan olahan berbagai macam seafood. Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang tidak ingin makanan berat maka bisa memilih pizza atau tahu gejrot untuk memanjakan lidah.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Lembang Bandung yang Terkenal Enak

Lokasi: Martadinata St No.123, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

5. Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar
Image Credit: Google Maps (arthur saladin)

Cafe kekinian di Dago yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Cafe D’Pakar. Tempat yang satu ini sangat direkomendasikan untuk menikmati sajian kuliner dengan suasana asri. Sebab, kafe ini berada di kawasan hutan lindung Dogo. Jadi Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah berupa pegunungan dan barisan pepohonan yang rindang.

Terdapat dua pilihan tempat yang bisa digunakan pada cafe satu ini, yaitu outdoor dan indoor. Tetapi biasanya pengunjung rela mengantri untuk duduk di area luarnya. Pasalnya, udara sejuk dengan pemandangan menawan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner yang ingin menikmati makanan khas Dogo.

Menu makanan yang bisa dipilih mulai dari makanan berat seperti nasi, dan mie. Sedangkan untuk camilan yang disediakan berupa, roti bakar, roti maryam, pempek, hingga donat ice cream. Untuk minumannya, terdapat beberapa menu yang bisa dipilih mulai dari minuman hangat berupa susu dan wedang jahe, hingga minuman hits seperti milkshake.

Lokasi: Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

6. Cafe Lawangwangi

Cafe Lawangwangi
Image Credit: Instagram.com @lawangwangi.creativespace

Cafe Lawangwangi merupakan tempat unik yang memadukan konsep art galery dengan restoran. Hal tersebut membuat cafe yang satu ini begitu menarik jika dikunjungi. Tidak hanya itu saja, Cafe Lawangwangi menawarkan nuansa alam yang begitu menawan dengan pemandangan yang ada di sekitar cafe.

Selain menyuguhkan panorama indah, cafe yang ada di Dogo ini juga menyuguhkan menu sajian yang cukup variatif. Anda bisa memilih menu hidangan nusantara seperti nasi goreng dan sup iga, hingga sajian kontinental seperti pasta, pizza dan steak. Untuk minumannya pun juga sangat unik seperti menu chocolate mint dan hot lemon tea.

Jika Anda ingin menikmati sajian menu cafe dengan pengalaman yang berbeda, maka sebaiknya untuk datang di malam hari. Pasalnya, Anda bisa melihat pemandangan lampu kota Bandung dengan hidangan lezat yang menggoyang lidah. Selain itu, cafe yang begitu luas dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul yang tepat bersama keluarga atau teman.

Lokasi: Jl. Dago Giri No.99, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

7. Chingu Cafe

Chingu Cafe
Image Credit: Instagram.com @chingucafe

Mengusung tema ala K-pop, Chinggu Cafe menawarkan desain interior kekinian Korea. Hal ini sudah terlihat dari interior depan cafe yang penuh warna, sehingga membuat kesan nyaman sebagai tempat untuk makan atau nongkrong. Yang menarik lagi, terdapat pohon harapan untuk tempat berkeluh kesah dan menuliskan harapan yang diinginkan dalam selembar kertas.

Sesuai dengan konsep yang diusung, maka menu makanan yang disajikan berbau ala Korea. Menu yang paling laris diburu penikmat kuliner adalah Bingsoo of the blue sea. Pada menu dessert ini dibentuk menyerupai mie dengan tambahan aneka buah buahan, topping boba dan es krim vanila. Sedangkan untuk finishingnya terdapat sirup dengan rasa buah yang manis dan segar.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Bekasi yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

8. Bumi Sangkuriang

Bumi Sangkuriang
Image Credit: Google Maps (Angga)

Bumi Sangkuriang merupakan salah satu cafe yang berada di Dago. Kawasan sekitar restoran ini sangat asri, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan yang indah sambil menyantap hidangan yang lezat. Sebagai salah satu tempat makan yang hits, cafe ini menyediakan berbagai hidangan mulai dari nusantara hingga Eropa.

Menu yang ditawarkan restoran ini seperti Nasi Goreng Belacan, soto ayam, chicken steak, tenderloin steak, spaghetti, sapi cah lidah hitam, ikan asam manis, nasi timbel dan lain sebagainya. Menu tersebut juga ditawarkan dengan menu paket bersama minuman, seperti lemon tea dan olahan jus buah.

Lokasi: Jl. Sangkuriang No.1, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

9. Kopi Anjis

Kopi Anjis
Image Credit: Google Maps (Dipo Nawangsi)

Memiliki nama yang unik, cafe Kopi Anjis begitu populer di kalangan penikmat kuliner. Kedai yang satu ini memiliki banyak kursi yang bisa dipilih terbagi dalam dua area indoor dan outdoor. Lokasinya yang cukup luas memungkinkan pengunjung untuk datang bersama keluarga, teman, kerabat terdekat, maupun komunitas.

Selain itu, yang menjadi daya tarik dari kafe ini adalah menu makanan dan minumannya dengan harga relatif terjangkau. Penikmat kuliner bisa memesan berbagai menu makanan ringan seperti french fries, onion ring, dan camilan ringan lainnya. Selain itu, ada juga menu minuman yang bisa dipesan seperti kopi, susu, dan coklat.

Lokasi: Jl. Bengawan No.34, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

10 Sugar Rush

Sugar Rush
Image Credit: Instagram.com @myumnanmy

Cafe Sugar Rush didesain untuk mewakili style anak mudah yang kekinian. Hal ini dibuktikan dengan adanya desain gambar dekoratif keren di setiap sudut ruangan. Gambar dekoratif ini membuat kafe ini terlihat memiliki suasana yang meriah dan juga keren. Furniture yang digunakan pada kafe ini juga menggunakan desain yang menarik.

Namun tidak hanya itu saja, Sugar Rush juga menawarkan suasana yang cozy dengan sajian menu makanan yang begitu lezat. Salah satu menu yang paling populer dipesan kalangan muda yaitu rainbow cake, red velvet cake, dan macaron. Hidangan manis tersebut dapat dipesan dengan harga yang tidak menguras kantong.

Lokasi: Jl. Surya Sumantri No.36D, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

Itulah beberapa rekomendasi cafe dan tempat nongkrong terbaik yang bisa Anda kunjungi di Dago Jawa Barat. Kafe – kafe tersebut memiliki konsep yang cukup unik dan menu yang cukup beragam sehingga pengunjung banyak yang rela untuk mengantri demi sesuap hidangan tersebut. Tidak hanya itu saja, menu yang ditawarkan mulai dari hidangan nusantara, asia, hingga western.