Bandung tak hanya terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang unik dan menarik. Kota Bandung juga memiliki cafe atau tempat nongkrong kekinian dan instagramable yang menarik untuk dikunjungi.

Bersantai merupakan suatu hal yang dilakukan guna melepaskan segala beban dan penat yang ada. Di negara kita sendiri, yakni Indonesia telah menawarkan berbagai tempat dan destinasi wisata yang sangat menarik, sebagai contoh adalah Kota kembang Bandung. Kini, di kota ini telah memiliki berbagai cafe atau tempat nongkrong hits yang bisa Anda jadikan sebagai referensi tempat bersantai.

1. Tjarani Cafe

Tjarani Cafe
Image Credit: Google Maps (Tjarani Cafe Bandung)

Cafe hits pertama yang wajib Anda kunjungi saat berada di Bandung adalah Tjarani Cafe. Cafe ini mempunyai konsep futuristik dengan menggunakan warna-warna pastel yang menarik dan nyentrik. Cafe ini menjadi cafe pertama di Bandung dengan konsep futuristiknya. Saat datang kesini, Anda pasti tidak sabar untuk mengambil foto di semua sudutnya!

Bagi Anda yang menyukai mirror selfie, ada area wastafel yang hits banget. Setiap weekend Anda bisa menikmati live music yang membuat nongkrong menjadi lebih asyik. Untuk pecinta kopi, wajib banget memesan kopi disini karena kopinya yang istimewa. Karena biji kopi yang digunakan berasal dari Ciwidey dan Pangalengan.

Lokasi: Jl. Bungur No.25, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

2. District Cafe & Resto

District Cafe & Resto
Image Credit: Google Maps (desy wnd)

Cafe yang satu ini mempunyai banyak spot foto yang menarik. Anda bisa melihat puluhan bahkan ratusan jendela warna-warni. Unik sekali bukan? Jendela yang disusun secara acak ini bisa menjadi daya tarik tersendiri dari cafe ini. Selanjutnya terdapat mobil jeep atau motor klasik yang memang dijadikan pajangan di tempat ini. Tentunya bisa dijadikan untuk mengambil foto kekinian.

Sebelum berfoto, pastikan Anda sudah memesan menu yang menyegarkan di cafe ini. Salah satu menu andalannya yaitu gelato yang beraneka rasa. District Cafe ini menyajikan gelato yang bekerja sama dengan Massimo Gelato Bali. Selain itu, pengunjung dapat menikmati aneka menu makanan ala asia, western, hingga makanan vegetarian yang rasanya boleh diadu.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.339, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

3. HaloJae

HaloJae
Image Credit: Google Maps (DREW.)

Tempat yang satu ini membutuhkan perjuangan saat ingin mendatanginya. Letaknya tidak berada di pinggir jalan raya. Untuk sampai kesini, Anda harus melewati jalan kecil dan tanjakan yang menantang. Pastikan kendaraan Anda sedang dalam kondisi prima! Lebih praktis lagi jika Anda ke tempat ini dengan mengendarai motor saja.

Perjalanan panjang Anda tidak akan sia-sia saat sampai sudah sampai ke area Halojae. Di cafe ini ternyata juga menyediakan penginapan, yang desain kamarnya sangat lucu. Untuk menu makanannya, kebanyakan yang disuguhkan adalah citarasa khas Makassar. Belum lengkap rasanya jika belum mencoba Coto Makassar, Gehu Pedas dan Cirengnya!

Lokasi: Jl. Buniwangi No.168, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

4. Pillow Cake Cafe

Pillow Cake Cafe
Image Credit: Google Maps (KUSMAYADI EPENDI)

Tempat yang satu ini pasti bikin anak-anak susah diajak pulang. Karena di Pillow Cake Cafe ini tempatnya super menggemaskan dan terdapat kolam bola di sudutnya. Ketika disini, anak-anak bisa puas bermain di kolam yang dipenuhi dengan bola dan boneka. Di tempat ini, Anda bisa ngobrol bersama dengan teman-teman sembari membiarkan anak bermain.

Anak-anak mungkin sering susah makan, namun tidak jika di tempat yang satu ini. Menu yang ada di sini semuanya lucu-lucu. Mayoritas menu yang tersedia adalah kue bantal yang super lembut dan empuk. Pastikan ketika Anda datang ke sini tidak dalam keadaan lapar ya! Karena cafe ini selalu penuh,sehingga makanan akan yang disajikan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

BACA JUGA:  20 Restoran & Tempat Makan di Bandung yang Terkenal Enak

Lokasi: Jl. Aceh No.15, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

5. Meizon Cafe & Resto by Dago Bakery

Meizon Cafe & Resto by Dago Bakery
Image Credit: Google Maps (Muhammad Chandra)

Cafe yang satu ini cukup unik karena berada di rumah pohon. Tidak heran jika pengunjungnya rela antri panjang hanya untuk berfoto di sini. Untuk Anda yang tidak sabar menunggu antrian, Anda bisa melipir ke spot lainnya. Berfoto di antara bunga-bunga indah berwarna-warni dapat Anda jadikan pilihan, karena di setiap sudut tempat ini dipenuhi dengan bunga dan tumbuhan segar.

Saatnya mengisi perut setelah sudah puas berfoto. Beef Burger Steak di cafe ini merupakan salah satu menu yang wajib dicoba. Namun, jika hanya ingin menyantap makanan ringan, Anda bisa mencicipi roti bakar ala Meizon yang pastinya enak dengan ditemani secangkir kopi yang menghangatkan tubuh di tengah dinginnya Kota Bandung.

Lokasi: Jl. Bukit Pakar Utara No.40, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

6. Equator Coffee and Gallery

Equator Coffee and Gallery
Image Credit: Instagram.com @equatorcoffeeandgallery

Desain interior yang terbuat dari kayu di cafe ini mungkin akan membuat Anda takjub. Bagaimana tidak, sesuai namanya cafe ini memang terlihat seperti galeri yang memamerkan seni pahat kayu. Anda bisa memilih meja dengan tempat duduk yang dibuat seperti jok mobil.

Semua sudut di cafe ini instagramable, sangat cocok untuk tempat selfie atau berfoto bersama dengan teman.

Salah satu spot unggulan yang sayang untuk dilewatkan yaitu lorong kayu dengan bentuk bergelombang yang unik. Untuk hidangannya, menu khas Indonesia hingga menu khas western bisa Anda coba disini. Anda bisa memenuhi memori Anda sekaligus mencicipi nikmatnya berbagai menunya.

Lokasi: Jl. Sulanjana No.32, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

7. Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar
Image Credit: Google Maps (arthur saladin)

Cafe yang satu ini menyuguhkan suasana seperti di pedesaan. Menikmati masakan ala rumahan yang menjadi favorit dengan pemandangan pegunungan. Kombinasi yang sangat sempurna bukan? Terletak di dataran tinggi Dago, cafe ini terkenal di kalangan anak muda yang suka nongkrong menghabiskan waktu sambil menikmati pemandangan di Bandung.

Cafe ini mempunyai konsep sederhana dengan menghidangkan makanan ringan seperti martabak dan sandwich, juga makanan berat seperti mie dan nasi. Untuk menemani sejuknya udara di Cafe D’Pakar, Anda bisa menghangatkan diri dengan secangkir kopi panas yang lezat. Cafe satu ini dijamin akan menghapus semua penat anda.

Lokasi: Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

8. Orofi Cafe by The Valley

Orofi Cafe by The Valley
Image Credit: Google Maps (Orofi Cafe)

Terletak di Bandung, terdapat cafe yang mempunyai konsep ala-ala Santorini yang begitu kental dengan nuansa yang serba putih, yaitu di Orofi Cafe by The Valley. Anda dapat menikmati view yang luar biasa, terlebih di saat senja. Suasananya dapat menambah sisi romantis Anda mengahbiskan petang bersama dengan pasangan bukan?

Terdapat banyak menu yang tersedia di cafe ini. Untuk Anda yang suka dengan makanan ala western, nachos hingga spring rolls dapat Anda jadikan pilihan. Menu makanan ini memang tidak terlalu berat, tetapi tetap mengenyangkan lho! Dessert yang tidak boleh dilewatkan yaitu Hot Apple Pie yang disajikan dengan es krim. Tidak kalah dengan spot nya, hidangannya juga sangat cool!

Lokasi: Jl. Lembah Pakar Timur No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

9. La Costilla

La Costilla
Image Credit: Google Maps (Eric Rumengan)

La Costilla digadang-gadang sebagai salah satu tempat paling gaul di Bandung. Tempat ini memancarkan nuansa biru santai ala-ala Bali, yang beratap ilalang dan lantai semen. Anda bisa memilih spot yang estetik abis sambil menikmati sejuknya udara Bandung. Sudah seperti berada di negara lain rasanya!

Cafe ini menyuguhkan masakan modern ala western dengan sentuhan Spanish-Mexican, seperti Jalapeno Poppers dan Horchata yang sangat eksotik. Menu andalan disini adalah Baby Back Ribs, yang akan lebih lengkap rasanya jika ditemani dengan mocktail yang menyegarkan. Berkumpul bersama teman sembari nikmati kuliner tentu bukan ide yang buruk.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Depok yang Enak dan Diburu Wisatawan

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Sutami No.98, Pasteur, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

10. Brother Jonn & Son

Brother Jonn & Son
Image Credit: Google Maps (citcit belle)

Food truck saat ini sedang menjadi tren di Bandung yang tidak boleh dilewatkan. Kendaraan yang lucu ini terparkir di halaman yang luas, dimana Anda bisa menikmati burger andalan sambil menikmati area makan outdoor. Area Brother John & Son ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu retro, kursi berwarna pastel cerah, dan pemandangan truk yang menarik.

Lokasi: Jl. Ciumbuleuit No.107, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung.

11. Fatbox, The Pop Up Cafe

Fatbox, The Pop Up Cafe
Image Credit: Google Maps (Silvika Lestari)

Untuk Anda yang tidak mau ribet mengatur waktu untuk makan, nongkrong dan belanja, Fatbox bisa dijadikan pilihan. Anda bisa nongkrong cantik sambil berfoto untuk menambah stok foto di feed instagram karena desain cafenya yang fotogenik. Setelah itu, Anda bisa langsung mengisi perut dan berbelanja baju di sini.

Dengan perpaduan warna-warna pastel membuat cafe ini terlihat sangat lucu. Sesuai dengan namanya, makanan yang disajikan berada di box karton. Terlebih dengan adanya ayunan dan patung flamingo yang bisa dijadikan spot foto. Sangat fleksibel untuk Anda yang ingin makan di tempat atau membawanya pulang.

Lokasi: Jl. Sukajadi No.199, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

12. Picknick Kaliki

Picknick Kaliki
Image Credit: Google Maps (Picknick)

Ingin liburan bareng bersama sahabat namun malas jauh-jauh dari pusat kota? Anda bisa mengunjungi picknick. Tempat ini masih satu bangunan dengan Gormeteria Resto, Anda hanya perlu naik ke lantai teratasnya. Picknick Kaliki ini menyuguhkan konsep piknik dan ceria di atas rooftop.

Tersedia berbagai spot foto dan dekorasi ruangan penuh warna untuk penambah piknik asik Anda. Bahkan di salah satu spotnya, terdapat mobil VW Combi yang dijadikan hiasan. Menu yang disajikan untuk pendamping piknik Anda juga cukup beragam, mulai dari steak, pizza, curry, burger, sate bumbu bali hingga roti canai.

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.176, Pasirkaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

13. Kota Mini Lembang

Kota Mini Lembang
Image Credit: Google Maps (Andaru Grow)

Tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Lembang. Terkenal dengan keindahan panorama alam dan sejuknya udara yang ada membuat Lembang menjadi daerah yang banyak didatangi. Anda dapat mengunjungi Kota Mini Lembang, yang berlokasi di area Floating Market Lembang. Wisata satu ini menciptakan konsep seperti berada di kota kecil Eropa.

Cafe satu ini menawarkan berbagai camilan dan menu minuman yang dapat menyegarkan dahaga. Mulai dari brownies, jajanan ringan, atau bahkan es krim. Dalam penyajiannya, semua menu dihadirkan dengan tatanan yang sangat mewah dan berkelas. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan konsep kota kecil di Eropa.

Lokasi: Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

14. Please Please Please

Please Please Please
Image Credit: Google Maps (Cecep Krismantara)

Bagi Anda yang suka berfoto, tak ada salahnya untuk mengunjungi Please Please Please. Cafe satu ini terkenal dengan interior desain yang sangat unik dan menarik. Pada bagian dindingnya telah banyak dihiasi berupa quotes, yang mana dapat menjadikan tempat ini memiliki positive vibes. Selain interior yang menarik, tampilan eksteriornya juga tampak keren.

Dengan tempat cafe yang bernuansa pink pastel dan tosca, menjadikan sebuah perpaduan desain yang sangat bagus. Tak heran apabila, banyak orang yang menggunakan cafe ini sebagai tempat foto. Anda juga dapat berwisata kuliner di sini, menunya sangat lengkap dengan sajian khas Indonesia hingga mancanegara.

Lokasi: Jl. Progo No.37, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

15. Mana Cafe

Mana Cafe
Image Credit: Google Maps (Teddy Christanto)

Mana Cafe merupakan sebuah tempat nongkrong dengan nuansa coklat dan putih, kemudian ditambah lagi dengan interior desain berupa jendela. Yang mana menciptakan sebuah perpaduan yang pas. Cafe ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Tak hanya itu, menu makanan yang ditawarkan di cafe ini merupakan masakan-masakan khas Indonesia.

Lokasi: Jl. Cibengang No.21, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

16. One Eighty Coffee

One Eighty Coffee
Image Credit: Instagram.com @oneeightycoffee

Bersantai di tengah kolam renang, bagaimanakah rasanya? Bila Anda penasaran maka harus menyempatkan waktu untuk mengunjungi One Eighty Coffee. Cafe ini menyediakan dua konsep ruangan, yakni outdoor dan indoor. Di bagian outdoor, mengusung konsep seperti di kolam renang. Sedangkan indoor menggunakan tema industrial.

BACA JUGA:  20 Makanan Khas Bogor yang Terkenal Lezat

One Eighty Coffee menyediakan berbagai makanan yang lezat dan nikmati. Pastinya Anda tidak akan menyesal bila sudah berkunjung ke cafe ini. Anda dapat menikmati berbagai masakan olahan khas Indonesia bahkan masakan Barat. Olahan makanannya dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Ganesa No.3, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

17. Chagiya & Little Seoul

Chagiya & Little Seoul
Image Credit: Google Maps (Mahira Prasanna)

Bagi Anda penyuka K-Pop, maka wajib untuk menyempatkan waktu berkunjung ke Chagiya & Little Seoul. Cafe satu ini mengusung tema unik, yang mana dapat membuat Anda merasakan sedang berada di Korea. Chagiya & Little Seoul ini memiliki tampilan bentuk dan desain yang sangat imut. Konsepnya sangat sesuai dengan band penyanyi asal Negeri Ginseng.

Selain itu, cafe ini juga menawarkan berbagai menu masakan khas Korea yang dapat menggugah selera makan Anda. Mulai dari makanan berat, jajanan ringan, snack, hingga minuman khas masyarakat Korea. Bahkan, cafe satu ini juga menawarkan pakaian khas Korea yakni hanbok. Pakaian ini dapat Anda gunakan ketika sedang makan atau bahkan berfoto-foto.

Lokasi: Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

18. Taman Kardus

Taman Kardus
Image Credit: Google Maps (Taman Kardus)

Pernahkah Anda terbayang untuk duduk di atas kursi yang terbuat dari kardus? Jika belum, maka cobalah untuk mengunjungi Taman Kardus. Sesuai dengan namanya, tema yang diusung oleh cafe ini adalah berbagai peralatan terbuat dari kardus. Bahkan kursi dan meja yang tercipta dari kardus mampu menahan beban berat sekitar 300 kg.

Selain itu, interior desain dan ornamennya juga banyak terbuat dari kardus. Tempat ini juga telah menyediakan ruangan indoor dan outdoor. Pada ruangan outdoor, Anda akan merasakan bersantai dengan dikelilingi pepohonan pinus. Tak hanya itu, menu masakan yang ditawarkan juga sangat beragam. Mulai dari masakan khas Indonesia hingga western.

Lokasi: Jl. Sersan bajuri no.102, Cihideung, Kec. Parongpong, Kota Bandung.

19. Tree House Cafe

Tree House Cafe
Image Credit: Google Maps (Tree House Cafe Bandung)

Ingin mencoba berkunjung ke cafe dengan konsep hijau-hijau pepohonan? Maka Anda wajib untuk mengunjungi Tree House Cafe. Tempat ini mengusung konsep rumah pohon, yang mana tempat tersebut merupakan salah satu tempat favorit anak-anak. Namun, tak hanya anak-anak yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini, bahkan banyak orang dewasa yang berdatangan.

Olahan masakan yang ada di cafe ini, juga sangat cocok untuk anak-anak. Mulai dari jajanan ringan seperti burger, pasta, sosis, dan banyak lainnya. Di cafe ini ada sebuah menu unik yang wajib Anda coba, yakni Big Banger Sausage. Makanan itu merupakan sebuah sosis yang berukuran 30 cm dan disajikan dengan sayuran. Hebatnya, sosis di sini adalah buatan rumahan.

Lokasi: Jl. Hasanudin No.5, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

20. Goldstar 360 Cafe

Goldstar 360 Cafe
Image Credit: Kumparan.com

Bila Anda sedang berkunjung di Kota Bandung, kemudian ingin merasakan sebuah sensasi nongkrong dengan konsep yang sangat unik. Maka tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung di Goldstar 360 Cafe. Di sini merupakan satu-satunya tempat nongkrong atau cafe dengan tema gua putih. Ruangannya sendiri terbagi menjadi beberapa tema yang berbeda.

Selain temanya yang unik, menu makanan yang ditawarkan juga tak kalah menariknya. Anda dapat menikmati berbagai olahan masakan lezat dengan harga yang cukup terjangkau. Menu andalan di cafe ini adalah Nasi Goreng, Spaghetti dan Chicken Steak, serta masih banyak pilihan menu lainnya.

Lokasi: Jl. Dangdeur Indah No.2b, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

Itulah beberapa rekomendasi cafe dan tempat nongkrong kekinian di Bandung. Saat berkunjung ke Kota Kembang, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai cafe atau tempat nongkrong dengan desain yang unik dan pastinya kekinian. Selain itu, cafe yang ada di sini juga menawarkan wisata kuliner. Sehingga selain bersantai, Anda juga dapat mengisi perut. Sudah tertarik untuk berkunjung di cafe yang mana?