Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Citundun, Kec. Ciwaru, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Kuningan yang berada di Provinsi Jawa Barat dikenal mempunyai cukup banyak destinasi wisata alam yang memukau, didukung oleh letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai. Salah satunya yaitu Cadas Gantung, yang memiliki panorama alam perbukitan yang indah nan mempesona. Berwisata alam sendiri memang kegiatan yang paling tepat untuk menghilangkan penat dari berbagai aktivitas sehari hari.

Daya Tarik Wisata Cadas Gantung

Daya Tarik Cadas Gantung
Image Credit: Twitter.com @egaperdana99

Kabupaten Kuningan berada di bawah kaki Gunung Ciremai, sehingga membuat daerah ini memiliki udara sejuk yang alami dan benar benar khas pegunungan. Tidak heran jika objek wisata Cadas Gantung yang berada di Kuningan ini, juga memiliki udara yang begitu sejuk. Saat berada di lokasi, pasti Anda seakan ingin terus menghirup udara di sekitar lebih banyak.

Destinasi wisata satu ini sempat begitu populer pada pertengahan tahun 2015. Bahkan objek wisata tersebut terus dipadati oleh pengunjung kala itu, dan menjadi incaran dari para selfier serta wisatawan anti mainstream. Mengingat bahwa saat itu objek wisata ini masih perawan dan sangat alami.

Meski saat ini sudah pernah dijajaki oleh para wisatawan, namun kealamian tempat wisata ini masih terjaga dengan baik. Saat berada pada ketinggian sekitar 500 hingga 750 mdpl di lokasi, Anda pasti akan setuju dengan pernyataan tersebut. Karena sejauh mata memandang Anda akan melihat bagaimana asrinya pemandangan alam yang hijau.

Suasana alam yang amat menyegarkan ini bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang, serta mengusir kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan. Selain itu, letaknya yang berada di atas bukit menawarkan pemandangan anti mainstream yang tidak dapat dilihat sehari hari. Sehingga banyak pengunjung yang datang kemari sambil mengabadikan momen melalui foto.

Bahkan banyak dari mereka yang menyempatkan diri untuk membuat video singkat, untuk mengabadikan panorama alam nan indah yang ada di Cadas Gantung. Dan kemudian mengunggahnya di sosial media, dimana hal ini secara tidak langsung menjadi salah satu bentuk promosi atas objek wisata tersebut.

Sehingga sampai sekarang, wisata alam ini masih menjadi favorit bagi para pengunjung lokal maupun wisatawan asing. Terlebih di bagian puncaknya berupa padang rumput yang cukup luas. Jadi saat berkunjung kemari rasanya seolah olah seperti piknik dan benar benar menyatu dengan alam.

Biasanya para pengunjung yang bertandang ke Cadas Gantung, memilih waktu di luar musim hujan. Pasalnya jalur yang menanjak yang dilalui untuk menuju lokasi bisa begitu licin saat curah hujan tinggi. Di samping itu, ketika musim hujan datang akan datang kabut yang menyelimuti area wisata tersebut sehingga tidak membuahkan hasil foto yang apik karena tertutup kabut.

Alamat dan Rute Menuju Cadas Gantung

Alamat Cadas Gantung
Image Credit: Google Maps (Akha Putra)

Secara administratif, Cadas Gantung ini berada di Jalan Nanggeleng, Cirahayu, Citundun, Ciwaru, Kuningan Jawa Barat. Lokasi berada di atas bukit, sehingga untuk mencapai lokasi maka diperlukan sedikit usaha ekstra. Mungkin wisatawan yang sebelumnya tidak pernah mendaki, akan merasa cukup kelelahan untuk mencapai lokasi.

Sebelum mendaki, maka Anda bisa menggapai lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor. Jika tidak begitu paham lokasi sekitar, maka bisa menggunakan Google Maps. Karena rute menuju Cadas Guntung bisa ditemukan dengan mudah melalui maps, dan akan ditunjukkan rute tercepat menuju lokasi.

Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda, maka Anda juga dapat menggunakan angkutan umum seperti bus maupun angkutan lain. Nantinya Anda dapat berhenti di terminal bus atau desa tujuan, yang kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju lokasi objek wisata alam ini.

Untuk jalur pendakian menuju Cadas Gantung sendiri cukup curam, dan jalanan bisa sangat licin ketika musim hujan. Sehingga Anda wajib untuk berhati hati, atau sebaiknya mengunjungi lokasi di luar musim hujan untuk menghindari berbagai risiko yang dapat terjadi. Meski diperlukan cukup usaha, namun hal ini akan terbayar lunas ketika Anda sudah sampai di tempat.

Harga Tiket dan Jam Operasional Cadas Gantung

Harga Tiket Cadas Gantung
Image Credit: Google Maps (Nadia)

Cadas Gantung termasuk objek wisata yang murah meriah, pasalnya Anda hanya akan dikenakan harga tiket senilai 5 ribu rupiah saja per orang. Harga ini mungkin dapat berubah sewaktu waktu, apabila fasilitas yang disediakan semakin lengkap dan dilakukan pembenahan lagi untuk akses menuju lokasi.

Harga tiket masuk tentunya tidak termasuk dengan biaya parkir kendaraan, yang dipatok dengan tarif normal. Untuk jam operasionalnya sendiri, normalnya objek wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Namun pukul yang tertera juga bisa berubah sewaktu waktu, sesuai dengan kebijakan pengelola objek wisata.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Cadas Gantung

Aktivitas yang di Cadas Gantung
Image Credit: Google Maps (Cadas Gantung)

1. Menikmati Pemandangan

Cadas Gantung merupakan sebuah objek wisata alam, sehingga salah satu aktivitas utama yang dapat dilakukan di sini yaitu menikmati keindahan alam sekitar. Panorama alam yang disajikan oleh tempat wisata satu ini dijamin tidak akan membuat Anda bosan, karena budan pemandangan sehari hari yang dapat ditemukan di mana saja.

Terlebih kealamiannya yang masih terjaga membuat suasana asri semakin kental. Sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Membuat penat hilang dan menjadikan pikiran jauh lebih fresh. Anda akan merasa damai dan rileks serta melupakan berbagai permasalahan sejenak.

2. Berswafoto

Indahnya Cadas Gantung tentu sayang sekali jika tidak diabadikan. Itulah yang kerap kali dilakukan oleh para pengunjung ketika bertandang ke objek wisata satu ini. Bahkan banyak pula yang sengaja membawa kamera digital, untuk mendapatkan potret yang jauh lebih apik. Pemandangan dari ketinggian menjadi salah satu yang paling banyak diburu.

Para wisatawan akan berpose cantik dengan latar belakang pemandangan dari ketinggian tersebut, yang penuh dengan pepohonan berwarna hijau. Beberapa bahkan lebih suka duduk di atas padang rumput hijau yang cukup luas, untuk menghasilkan foto yang estetik dan instagramable guna diunggah di media sosial.

Bahkan terdapat beberapa fasilitas yang sengaja dibuat oleh warga setempat untuk spot pengambilan foto bagi pengunjung. Sayangnya pengambilan foto ini dikenai harga tersendiri, di luar dari tiket masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena biaya yang dipatok sangat murah meriah.

3. Berkunjung ke Curug Walet

Cadas Gantung berada tidak jauh dari Curug Walet, yakni hanya sekitar 700 meter saja dan dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki. Sehingga banyak dari wisatawan yang datang kemari sekaligus mengunjungi Curug Walet. Curug Walet sendiri mempunyai air yang begitu jernih, karena berasal dari sumber mata air asli pegunungan.

Curug Walet tersebut mempunyai ketinggian sekitar 20 meter, dengan debit air yang cenderung stabil dan tidak bergantung pada musim. Sehingga saat berkunjung kemari Anda akan selalu disuguhi dengan air jernih serta segar yang berlimpah. Untuk mencapai curug, Anda hanya perlu melintasi perkebunan pinus serta perkebunan kopi warga.

Aktivitas Dilakukan di Cadas Gantung
Image Credit: Google Maps (Trie Wahyudi)

4. Berkemah

Kondisi puncak yang dipenuhi dengan hamparan rerumputan hijau yang pendek dan rapi, membuat lokasi tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Biasanya banyak yang sengaja membawa tenda dan membangunnya di area ini untuk bermalam menikmati Cadas Gantung lebih lama.

5. Piknik

Selain berkemah, tanah lapang yang dihiasi dengan rumput pendek dan rapi tersebut juga banyak dimanfaatkan sebagai area piknik untuk para wisatawan. Mereka yang memilih piknik hanya bermodalkan selembar karpet, yang hanya perlu dibentangkan di atas padang rumput tersebut kemudian menikmati indahnya suasana sekitar ditemani angin sepoi sepoi.

Jika Anda tidak membawa perbekalan sendiri dari rumah, maka tidak perlu khawatir. Karena meski berada di area perbukitan, beberapa warung sudah tersedia di tempat ini. Bahkan disediakan pula beberapa tempat duduk yang telah disusun dengan rapi, agar pengunjung semakin nyaman.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Cadas Gantung Kuningan

Fasilitas di Cadas Gantung
Image Credit: Google Maps (Ananda Haidar)

Fasilitas yang disediakan di lokasi Cadas Gantung bisa dibilang mencukupi, untuk sebuah wisata alam yang masih begitu alami. Seperti area parkir yang cukup luas untuk berbagai kendaraan sebelum jalur pendakian, lalu kamar mandi yang bersih. Karena umumnya fasilitas kamar mandi bersih terbilang mulai sulit di berbagai tempat objek wisata alam lainnya.

Kemudian bagi Anda yang beragama muslim juga tidak perlu khawatir, karena di area wisata ini telah disediakan mushola sebagai tempat beribadah. Sehingga Anda tetap dapat menjalankan kewajiban saat rekreasi ke destinasi ini. Kemudian ada pula penginapan yang tersedia di lokasi, yang disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam setempat lebih lama.

Penginapan di sekitar lokasi tersedia mulai dari yang sederhana hingga dengan fasilitas lengkap, sehingga dapat Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan serta anggaran dana yang dimiliki. Untuk ke depannya, pengelola wisata berencana akan mengembangkan fasilitas dan wahana guna memanjakan para pengunjung.

Cadas Gantung di Kuningan memang masih begitu alami, bahkan mengharuskan Anda melewati hutan untuk benar benar mencapai lokasi. Meski begitu, fasilitas yang tersedia di tempat sudah cukup mumpuni. Bahkan ada juga beberapa warung dan tempat makan yang tersusun rapi sebagai tempat peristirahatan. Jadi sudah siap berkunjung ke wisata alam hits ini pada liburan berikutnya?