Terkenal akan udara sejuknya dan berbagai destinasi wisata apik, membuat Bandung semakin percaya diri mengembangkan aspek pariwisatanya. Kehadiran Bus Bandros, yang merupakan bus wisata untuk berkeliling dan menjelajah kota Bandung.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dalem Kaum, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Memiliki udara sejuk dan berbagai objek wisata seru membuat Bandung menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat liburan tiba. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi wisata berbeda dari biasanya, Bandung menghadirkan wisata seru dengan hadirnya Bus Bandros yang diresmikan oleh wali kota Ridwan Kamil bertepatan dengan malam tahun baru 2014 silam.

Mengenal Lebih Bus Wisata Bandros

Mengenal Bus Wisata Bandros
Image Credit: Facebook.com @naif

Bandros adalah singkatan dari Bandung Tour on The Bus, yang disediakan oleh pemerintah kota Bandung untuk para wisatawan yang ingin berkeliling dan menjelajah kota kembang tersebut. Bus wisata ini telah diresmikan pada awal tahun 2014 lalu oleh wali kota Bandung yang menjabat saat itu, yakni Ridwan Kamil.

Keberadaan dari bus wisata Bandros ini diawali oleh rencana Ridwan Kamil yang saat itu terpilih menjadi wali kota pada tahun 2013. Rencana tersebut datang karena keinginannya untuk meningkatkan sektor pariwisata di kota Bandung, agar dapat menjadi salah satu andalan penggerak roda ekonomi daerah setempat.

Pada saat itu direncanakan bahwa bus wisata Bandros akan ditempatkan pada setiap hotel, agar dapat langsung digunakan untuk mengantar para wisatawan yang menginap ke berbagai objek wisata di kota Bandung. Tentunya Bus Bandros ini tidak hanya mengantarkan para wisatawan saja, namun juga dirancang dengan harapan agar penggunaan mobil pribadi bisa dikurangi.

Dengan begitu maka kemacetan di kota Bandung bisa lebih dikurangi. Inilah mengapa bus wisata satu ini dirancang sedemikian rupa untuk memberi kenyamanan bagi setiap orang yang menaikinya. Rencana dari wali kota Ridwan Kamil tersebut mendapat sambutan baik dari Telkomsel, yang bersedia untuk mendanai beberapa unit pertama Bus Bandros.

Melalui program Corporate Social Responsibility, Telkomsel pada akhirnya mendanai unit unit pertama bus pariwisata tersebut. Hingga sekarang bus wisata ini yang memiliki kapasitas hingga 25 orang ini, dikelola oleh dua pihak yakni Dinas Perhubungan Kota Bandung serta Mang Dudung (bentuk dari Corporate Social Responsibility).

Sementara nama Bandros sendiri didapatkan setelah pemerintah kota Bandung mengadakan sayembara terbuka, yang dilakukan melalui jejaring sosial Twitter. Nama Bandros yang berasal dari nama makanan khas Parahyangan adalah singkatan dari Bandung Tour on The Bus, yang diusulkan oleh warga bernama Erry Pamungkas dan menjadikannya sebagai pemenang sayembara.

Daya Tarik yang Dimiliki Bus Bandros

Daya Tarik Bus Bandros
Image Credit: Facebook.com @(Album Merpati Distrik Bandung)

Bus wisata Bandros memiliki ukuran dengan panjang sekitar 747 cm, lebar 210 cm, dan tinggi 315 cm. Bus ini terdiri atas dua tingkat, yang mana pada bagian bawah mampu menampung sebanyak 12 orang penumpang duduk serta maksimal 20 apabila ditambah penumpang yang berdiri. Sedangkan bagian atasnya bisa menampung hingga 24 orang penumpang duduk.

Yang menjadikan Bus Wisata Bandros semakin populer di kalangan wisatawan adalah karena bus satu ini melewati berbagai objek wisata di Bandung. Yang tentunya dapat membuat para wisatawan bisa menjelajah berbagai destinasi populer selama berada di kota hujan. Saat ini ada sekitar 30 unit bus wisata yang dapat membawa para wisatawan untuk berkeliling.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat tempat bersejarah, maka bisa menggunakan bus Bandros dengan label Mang Dudung. Bandros memang memiliki dua jenis yang dituliskan pada badan bus agar memudahkan pengenalan. Untuk label Mang Dudung, akan membawa Anda berkeliling ke daerah daerah bersejarah.

Sementara Bandros yang memiliki tulisan Permen, memiliki rute yaitu berkeliling melintasi berbagai objek wisata. Jadi pastikan Anda telah melihat tulisannya terlebih dahulu agar bisa mengunjungi destinasi yang memang sesuai keinginan. Dianjurkan untuk bertanya kepada petugas terlebih dahulu agar tidak salah memilih transportasi.

Menariknya lagi, sepanjang perjalanan akan ada pramuwisata yang memandu para wisatawan. Pramuwisata ini akan bertugas dalam memperkenalkan nama jalan, gedung gedung, serta berbagai lokasi yang dilewati oleh bus wisata ini. Bahkan pemandu wisata juga akan menjelaskan secara detail.

Mulai dari pembangunan gedung, fungsi dari gedung yang telah dibangun, hingga tokoh yang membangun gedung tersebut. Anda tentu diperkenankan untuk bertanya apabila ada pertanyaan atau informasi yang kurang lengkap. Jadi banyak ilmu pula yang akan diperoleh dalam perjalanan selama 2 hingga 3 jam di atas Bus Bandros.

Selain itu, busa ini juga bisa disewa secara mandiri untuk kebutuhan kelompok, apabila Anda berkunjung bersama rombongan dan tidak ingin berbarengan dengan pengunjung lain. Penyewaan ini sangat umum terjadi, terlebih pada momen liburan. Namun pastikan Anda sudah mengajukan penyewaan dari jauh jauh hari keberangkatan.

Mengingat bahwa animo wisatawan yang ingin merasakan sensasi menaiki bus wisata ini terbilang sangat tinggi. Apalagi bus wisata tersebut juga bisa sewaktu waktu dibutuhkan oleh pemerintah setempat untuk berbagai keperluan. Bagi Anda yang ingin menyewa bus ini maka bisa menghubungi Dinas Perhubungan Kota Bandung terlebih dahulu.

Kemudian kelompok yang menyewa ini bisa meminta untuk melewati beberapa rute baru ketika naik Bandros. Namun pastikan untuk memberitahu pihak pengelola minimal dua hari sebelum. Nantinya pihak pengelola akan membantu dalam membuat rute baru yang fleksibel dan tidak zig zag. Apabila sudah setuju semua, baru Bandros akan dijalankan.

Dijamin perjalanan Anda berkeliling kota Bandung dengan Bus Bandros akan membawa pengalaman tak terlupakan dan sangat nyaman. Terlebih bus wisata satu ini sudah dilengkapi makanan ringan khas Bandung, layanan internet gratis, dan berbagai layanan lainnya yang memanjakan para penumpang.

Di samping itu, Bandros didesain seperti warna-warni permen bertema art deco yang akan memanjakan mata. Anda akan merasa seperti berada di tour Eropa saat menaiki bus wisata tersebut. Apalagi jika Anda naik pada bagian bus di tingkat dua, maka hawa sejuk dan asri kota Bandung akan semakin terasa sepanjang perjalanan.

Lokasi, Tarif dan Jam Operasional Bus Bandros

Lokasi Bus Bandros
Image Credit: Google Maps (Benny Sudaryanto)

Bagi Anda yang ingin mencoba sensasi mengelilingi kota Bandung menggunakan Bandros, bisa langsung mengunjungi tempat pemberhentian shelter atau terminal bus tersebut. Dimana tempat pemberhentian Bus Bandros berlokasi di empat titik, yaitu Gasibu depan Museum Geologi, Alun Alun Bandung, Taman Balai Kota Bandung, dan Paskal Hyper Square.

Bus ini sendiri beroperasi sejak pukul 09.00 hingga 19.00 WIB, sehingga pastikan Anda mengunjungi lokasi pada jam jam operasional tersebut. Kendati demikian, jam operasional bisa mengalami perubahan pada momen momen tertentu. Mengingat bahwa pemerintah juga beberapa kali menggunakan unit bus wisata tersebut.

Tarif yang perlu Anda bayarkan untuk menaiki Bus Wisata Bandros terbilang sangat murah, padahal para wisatawan akan diajak berkeliling dengan rute khusus. Tarif sewanya yaitu berkisar Rp. 15.000 pada hari biasa, dan kurang lebih Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 untuk one trip pada hari weekend maupun high season seperti liburan dan lain sebagainya.

Tiket one trip berarti untuk satu kali naik pada satu rute. Jadi bila Anda ingin multi trip atau naik di semua rute berlaku, maka harus membayar kurang lebih Rp. 40.000. Pada multi trip ini diberlakukan tiket gelang yang hanya berlaku selama satu hari saja. Tentunya tarif yang tertera ini bisa saja mengalami perubahan sewaktu waktu tergantung kebijakan pengelola Bus Bandros.

Agar tidak salah memilih bus, Anda bisa memperhatikan sopir serta kondektur bus terlebih dahulu. Pasalnya sopir serta kondektur telah menggunakan pakaian khusus yang dapat menarik perhatian, sehingga Anda tidak akan salah mengenalinya. Jika membawa kendaraan sendiri, maka sebelumnya Anda dapat memarkir terlebih dahulu di tempat tertentu.

Rute Perjalanan Bus Bandros di Kota Bandung

Rute Bus Bandros
Image Credit: Facebook.com @M.Khafid.U

1. Bus Bandros Berwarna Biru

Bus wisata yang diberi label permen memang memiliki warna berbeda beda, yang mana masing masing akan melewati rute tersendiri yang berbeda dari warna lainnya. Untuk bus berwarna biru maka Anda akan diajak berkeliling dari Alun Alun Bandung, kemudian menuju Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, lalu Museum Sri Baduga, Alun Alun Regol, serta Kawasan Buah Batu.

2. Bus Bandros Berwarna Hijau

Untuk Bandros dengan warna bus hijau akan melewati beberapa rute seperti Chinatown, Alun Alun Cicendo, Pasirkaliki, Gor Padjajaran, Karang Setra, dan UPI. Jadi bagi Anda yang ingin melihat beberapa destinasi ini, maka pastikan bahwa bus wisata yang Anda naiki berwarna hijau bukan lainnya.

3. Bus Bandros Berwarna Kuning

Selain warna biru dan hijau, bus wisata ini juga ada yang berwarna kuning. Untuk bus wisata dengan warna kuning ini akan membawa para penumpangnya untuk melewati beberapa tempat seperti Lapangan Gasibu, Taman Superhero, Taman Foto, Taman Cibeunying, Alun Alun Bandung, Braga, dan Gedung Merdeka.

Rute Perjalanan Bus Bandros
Image Credit: Facebook.com @kampoeng.gombong

4. Bus Bandros Berwarna Ungu

Rasakan menaiki bus wisata dengan warna yang tidak begitu umum yakni ungu, dan lihat beberapa destinasi menarik yang akan Anda temukan saat berkendara dengan bus unik satu ini. Dimana Anda akan melewati tujuan Gasibu, Alun Alun Ujungberung, Taman Cikapayang, Museum Geologi, serta Pusdai.

5. Bus Bandros Berwarna Pink

Bus yang terakhir ini memiliki warna pink, dan bisa dinaiki bagi Anda yang ingin melewati beberapa destinasi seperti Gasibu, Teras Cikapayang, Taman Budaya, Taman Pasupati atau akrab disapa Taman Jomblo, hingga Teras Cihampelas. Pastikan Anda mengetahui rute ini agar tidak salah menaiki busa wisata tersebut.

Cara Membeli Tiket Bus Bandros

Cara Membeli Tiket Bus Bandros
Image Credit: Google Maps (Novia Rochmawati)

Apabila ingin menaiki Bus Bandros, pembelian tiket bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dimana Anda bisa langsung melakukan pembelian on the spot pada booth yang telah disediakan. Lokasi booth ini tepat di lokasi pemberhentian atau terminal Bus Bandros sendiri, yang berada di titik depan Museum Geologi, Alun Alun Bandung, Taman Kota Bandung, dan Pascal Hyper Square.

Anda bisa melakukan pembayaran dengan tunai maupun melalui beberapa aplikasi dompet digital, seperti Dana, OVO, GoPay, Digi Cash, hingga Shopee Pay. Dan tarif yang dibayarkan sebesar Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 untuk tiket one trip atau tiket satu kali naik pada satu rute. Sementara bagi Anda yang ingin mengikuti multiple trip maka harus membayar sebesar Rp. 40.000.

Hadirnya inovasi bus wisata ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat para wisatawan semakin berdatangan. Ditambah dengan berbagai fasilitas yang disajikan pada Bus Bandros dan desainnya yang diterapkan sedemikian rupa demi kenyamanan penumpang. Tentu membuat setiap wisatawan yang pernah menjajalnya menjadi ketagihan, dan selalu ingin kembali ke Bandung.