Harga Tiket: Rp 13.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Leuwikujang, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka, Jawa Barat

Karakteristik Daerah Jawa Barat yang didominasi oleh perbukitan menjadikan banyak sekali kemunculan destinasi wisata berbasis alam yang bisa dikunjungi.

Destinasi wisata alam keren di Jawa Barat salah satunya adalah Bukit Sanghyang Dora. Pemandangan khas perbukitan dengan hiasan panorama Kota Leuwimuding membuat siapa saja terpesona dengan keindahannya.

Kabut tipis yang terkadang muncul di antara bukit-bukit memberikan kesan syahdu saat berada di atas bukit. Saking indahnya pesona alam di bukit cantik ini, membuat masyarakat menyebutnya sebagai raja ampat darat Kota Majalengka.

Daya Tarik Bukit Sanghyang Dora

Wisata Alam Bukit Sanghyang Dora Yang Memukau Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Google Maps Muhammad Ihsan

Panorama alam yang membentang seluas mata memandang memikat hati para wisatawan yang ingin berlibur. Pesona alam yang ada di wisata hits ini memiliki banyak daya tarik, diantaranya:

1. Panorama Alam yang Eksotis

Eksotisme panorama yang dianugerahkan pada Bukit Sanghyang Dora mampu membuat pengunjung terkesima. Suasana alam perbukitan yang masih asri dan hijau membuat anda merasa damai.Gunung Cermai yang nampak di antara gugusan bukit ini semakin mempercantik pemandangan alam disini.

Ketika malam tiba, anda akan disuguhkan pemandangan alam perbukitan yang berpadu dengan kelap-kelip lampu Kota Leuwimuding layaknya kunang-kunang di malam hari. Keindahan pemandangan malam hari akan cerah semakin terlihat sangat cantik ketika tiba bulan purnama di waktu kemarau, dengan langit yang bersih dan cerah.

2. Spot Foto yang Cantik

Bentang panorama alam Bukit cantik ini merupakan surga bagi anda yang memiliki hobi fotografi. Lukisan alam yang begitu indah mampu menawarkan berbagai spot foto cantik di berbagai sudut bukit eksotis ini.

Wisata Alam Bukit Sanghyang Dora Yang Seru Dan Menawan Di Majalengka
Photo by Google Maps Tani Buah

Tema foto malam hari juga menjadi ide yang cukup menarik. Pose di atas Bukit Sanghyang Dora saat malam hari dengan background lampu-lampu Kota Luewimuding akan membuat foto anda semakin puitis.

Pemandangan di pagi hari juga tak kalah cantiknya. Pengunjung dapat berfoto dengan bias-bias cahaya matahari yang mulai muncul dari timur. Hamparan pemandangan hijau dan asri dengan cahaya sunrise menambah kesan eksotis foto anda.

3. Tempat Camping Terbaik

Sudah tidak asing lagi bahwa tempat-tempat berbukit merupakan spot favorit para pecinta alam untuk berkemah atau camping. Tidur di atas bukit cantik dengan diselimuti suasana sejuk dan asri di malam hari semakin membuat jiwa anda menyatu dengan alam.

Saat anda membuka pintu tenda di pagi hari, maka anda akan langsung disuguhkan karya Sang Pencipta yang begitu indah dan membuat mata terkesima.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Bukit Sanghyang Dora Di Majalengka
Photo by Google Maps Iwan A

Bukit elok ini terletak di Kecamatan Leuwimunding, Majalengka. Tepatnya di Desa Leuwikujang. Jika anda dari arah Cirebon, maka dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di puncak bukit. Sedangkan jarak dari pusat Kota Majalengka sekitar 22 km atau sekitar 48 menit jarak tempuh menuju puncak.

Jalanan yang anda lalui tidak terlalu sulit. Meskipun demikian, jalan menuju destinasi wisata alam ini cukup sempit sehingga belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Bagi wisatawan yang membawa roda empat, maka harus memarkir kendaraan di bawah dan Anda akan melewati jalan yang sedikit menanjak.

Namun tidak terlalu tinggi karena ketinggian bukit ini hanya mencapai 385 meter dari permukaan laut. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima dan stabil agar dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat dan tanpa kendala.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Masuk Di Wisata Alam Bukit Sanghyang Dora Majalengka
Photo by Google Maps Kang Pacet

Keindahan yang diberikan sejauh mata memandang oleh bukit Bukit Sanghyang Dora tidak lantas membuatnya menjadi mahal. Tidak perlu biaya yang besar untuk menikmati semua keindahan yang terbungkus dalam paket lengkap Bukit cantik ini.

Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 13.000 saja untuk mendapatkan semua itu. Biaya tersebut tidak termasuk biaya toilet dan biaya lainnya. Harga Rp 13.000 itu merupakan biaya dari parkir Rp 3.000 dan Rp 10.000 untuk tiket masuk wisata alam ini.

Harga yang sangat terjangkau dengan suguhan pemandangan kelas atas. Anda bisa menikmati semua keindahan yang disuguhkan oleh destinasi wisata alam keren ini sepuasnya dengan biaya yang sangat ramah di kantong.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Bukit Sanghyang Dora Majalengka
Photo by Google Maps Kussmock Protol

Destinasi wisata alam ini menawarkan berbagai kegiatan menarik yang bisa anda lakukan untuk menghabiskan waktu berlibur anda. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Bukit Sanghyang Dora diantaranya:

1. Selfie Cantik

Bukit cantik ini menjadi surga bagi para fotografer dan pengunjung yang hobi selfie. Pemandangan indah dengan berbagai spot foto menarik di setiap sudutnya membuat anda tidak akan berhenti memotret. Pagi, siang, sore maupun malam tidak akan merubah atau bahkan mengurangi keindahan pemandangan di Bukit keren ini.

Berpose dengan bentangan keindahan alam dan suasana matahari terbit di pagi hari ataupun suasana syahdu di malam hari akan memberikan hasil foto yang begitu menawan. Berbagai sudut Bukit indah bisa anda jadikan spot foto ala instagramable.

2. Berkemah

Berkemah di hutan mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi anda dan pecinta alam. Berkemah di Bukit Sanghyang Dora dengan perpaduan panorama alam perbukitan dan kota yang begitu indah akan memberi pengalaman yang tak terlupakan.

Habiskan waktu anda dengan bersantai dan menikmati suguhan pemandangan yang menakjubkan. Sembari ditemani dengan segelas kopi atau teh di depan tenda dan api unggun menambah syahdu suasana berkemah anda.

Jangan lewatkan pemandangan di malam hari yang begitu puitis dan pemandangan matahari terbit yang begitu memukau mata siapapun yang melihatnya. Rasakan sensasi tidur berselimut kabut Kota Majalengka dan bangun dengan disambut sejuknya embun pagi serta sapaan sinar matahari membuat yang akan membuat anda terpesona.

3. Mendaki

Jalur Bukit yang memiliki medan tidak terlalu sulit sangat cocok untuk dijadikan sebagai karena kegiatan mendaki ke atas Bukit.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Bukit Sanghyang Dora Majalengka
Photo by Google Maps Syadad Fauzan Adzima 99

Mendaki di Bukit Sanghyang Dora sangat cocok dijadikan sebagai kegiatan pembelajaran kepada anak sekolahan karena letak puncak Bukit yang tidak terlalu tinggi juga masih sangat ramah untuk pendaki pemula, sehingga tidak akan membuat mereka kelelahan atau cidera.

Medan pendakian yang ramah juga cocok bagi anda yang ingin berjalan santai sambil menikmati suguhan keindahan alam di sepanjang perjalanan menuju puncak destinasi wisata alam ini. Sesekali beristirahat di warung-warung yang telah disediakan di sepanjang jalan. Berjalan beramai-ramai dengan keluarga tentu sangat seru dan mengasyikkan.

4. Menikmati Matahari Terbit

Hal yang paling ditunggu oleh para pecinta alam saat di atas Bukit adalah momen matahari terbit. Setelah puas menikmati alam hingga malam dan beristirahat di tenda-tenda yang tertancap di atas Bukit. Sekarang giliran menikmati keindahan anugerah Tuhan sambil bersantai dan minum secangkir teh atau kopi yang akan membuat harimu semakin damai.

Bias cahaya oranye yang menyembul dari sudut timur bumi ini semakin menambah eksotisme pemandangan di Bukit Sanghyang Dora. Suasana sejuk dan asri dengan seburat warna oranye kekuningan dari matahari pagi akan membuat semangat anda menjadi bangkit kembali.

Suasana alam yang tenang dan damai sangat cocok bagi anda yang membutuhkan ketenangan saat liburan. Sejenak rehat dari urusan pekerjaan yang sibuk dan melelahkan.

5. Bersantai di Atas Bukit

Kegiatan paling pas saat berlibur di alam adalah bersantai dan menikmati keindahan alam yang terbentang. Menikmati liburan tidak selalu dengan bermain wahana yang ada. Bersantai di atas kursi atau gazebo yang tersedia sudah bisa membuat anda merasa nyaman.

Bagi anda yang mendambakan kedamaian, anda bisa mencoba untuk duduk rileks atau santai di sebuah kursi dan menikmati satu persatu panorama alam yang ada di depan mata anda. Suguhan alam yang hijau dan asri serta udara yang sejuk akan membuat anda semakin rileks dan nyaman berada disini.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Bukit Sanghyang Dora

Fasilitas Di Wisata ALam Bukit Sanghyang Dora Majalengka
Photo by Google Maps uzie sha

Meskipun berada di wilayah perbukitan yang lumayan jauh dari pemukiman penduduk, tidak membuat destinasi wisata alam ini minim fasilitas. Banyak fasilitas yang bisa anda jumpai dan anda manfaatkan mulai dari sepanjang jalan menuju puncak, hingga sampai pada titik tertinggi Bukit ini.

Di sepanjang jalan menuju puncak, telah berjejer fasilitas berupa warung-warung yang dapat anda singgahi untuk beristirahat sejenak. Beberapa kebutuhan berkemah seperti makanan dan alat kebersihan bisa anda beli di warung-warung tersebut.

Berbeda dengan fasilitas yang ada di sepanjang jalan menuju Bukit, fasilitas yang tersedia di puncak bukit ini berupa wahana wisata, seperti gazebo, kursi-kursi santai, spot foto, kursi-kursi kayu dan gardu pandang.

Suasana alam destinasi wisata Bukit Sanghyang Dora memang tidak akan ada duanya. Eksotisme panoramanya tidak lekang oleh waktu. Gelapnya waktu malam justru semakin mempercantik pemandangan di atas Bukit ini. Siapapun yang datang akan terpesona akan keelokan alamnya. Jadi, sangat cocok untuk Anda kunjungi, bukan?