Bukit Panenjoan, Wisata Alam Hits dengan Panorama yang Memesona di Purwakarta

Bukit Panenjoan, Wisata Alam Hits dengan Panorama yang Memesona di Purwakarta
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Sindang Panon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Bukit Panenjoan merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Purwakarta, Jawa Barat. Pemandangan indah yang masih alami menjadikan wisata hits ini sebagai favorit para wisatawan. Wisata alam ini terletak di kawasan perbukitan yang dilengkapi dengan panorama alam indahnya perkebunan teh.

Sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi, bukit nan cantik ini memiliki banyak daya tarik. Salah satunya adalah banyaknya spot foto menarik yang wajib dicoba wisatawan. Sangat direkomendasikan pula bagi pengunjung yang ingin menghilangkan penat mengunjungi kawasan wisata ini.

Fasilitas yang disediakan di Bukit Panenjoan tergolong cukup lengkap. Mulai dari tempat beristirahat hingga warung telah tersedia di tempat wisata ini. Tak hanya itu, para pengunjung juga dapat menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan menarik ketika berada di kawasan wisata nan cantik ini.

Daya Tarik Wisata Bukit Panenjoan

Wisata Alam Bukit Panenjoan Yang Mempesona Dan Menarik Di Purwakarta
Photo by Google Maps Mohammad Reza Saputra

Objek wisata yang terletak di Kabupaten Purwakarta ini menjadi salah satu tujuan untuk berlibur. Pemandangan hamparan kebun teh menjadi salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan panorama alam di Bukit Panenjoan. Terlebih disediakan pula berbagai spot dengan pemandangan hijau mempesona.

1. Menikmati Keindahan Kebun Teh

Jawa Barat terkenal dengan suguhan panorama keindahan alamnya yang mempesona. Khususnya daerah perbukitan yang banyak dimanfaatkan sebagai perkebunan teh. Menikmati pesona alam dari ketinggian merupakan satu hal yang sangat menarik perhatian para pengunjung.

Kawasan wisata cantik ini menyuguhkan hamparan pemandangan hijau yang memukau. Pengunjung dapat melihat langsung indahnya pesona kebun teh yang membentang hijau dari atas bukit. Selain itu, berada di dataran tinggi membuat kawasan wisata ini memiliki hawa sejuk dan menyegarkan.

2. Pemandangan Alam yang Mempesona

Destinasi wisata alam ini terkenal dengan keindahan pesona alamnya yang masih terjaga alami. Ketika wisatawan datang akan disambut dengan pemandangan eksotis yang menenangkan. Apalagi para pengunjung akan dapat menikmati pemandangan indah yang mengelilingi bukit cantik ini.

Dari puncak bukit, wisatawan dapat melihat Gunung Sangga Buana dari kejauhan. Tak hanya itu, indahnya pesona Danau Jatiluhur juga dapat dilihat langsung oleh pengunjung. Pemandangan yang mengelilingi bukit mempesona ini memang wajib dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wisata Alam Bukit Panenjoan Yang Instagramable Dan Lagi hits Di Purwakarta
Photo by Google Maps Jeffry Tjandra Widjaja

3. Banyak Spot Foto Menarik

Kawasan wisata alam ini sangat terkenal dengan berbagai spot fotonya yang menarik. Mulai dari spot foto berbentuk tulisan love hingga balkon yang terbuat dari bambu. Tentunya spot tersebut disediakan guna melengkapi kebutuhan pengunjung ketika berada di Bukit Panenjoan. Menariknya, setiap foto yang tersedia akan disertai dengan pemandangan nan eksotis.

Tersedia pula jembatan yang terbuat dari bambu, panjangnya mencapai ratusan meter dan tingginya mencapai 5-7 meter. Wisatawan dapat mencoba spot foto unik ini sembari menyusuri jembatan bambu yang menawan.

Jembatan tersebut juga dihiasi dengan gardu pandang yang berbentuk saung dengan atap seperti rumbai. Keunikan spot foto ini menjadi salah satu tempat yang banyak disinggahi para pengunjung. Dari atas jembatan hits ini, wisatawan dapat melihat keindahan hamparan hijau kebun teh dan persawahan hingga rumah penduduk pun akan terlihat jelas.

4. Terdapat Makam yang Dikeramatkan

Tak hanya menyuguhkan pemandangan indah saja, namun kawasan wisata ini juga digunakan sebagai wisata religi. Banyak pengunjung yang datang untuk berziarah di sebuah makam yang dikeramatkan. Makam tersebut merupakan salah satu pejuang bernama Syekh Tabagus Daqo atau dikenal sebagai Syekh Sarepong yang berasal dari Banten.

Saat berjalan menuju kawasan wisata indah ini, wisatawan akan dapat menemukan penunjuk jalan untuk menuju lokasi makam keramat tersebut. Wisata religi satu ini juga menjadi daya tarik lainnya ketika berkunjung ke bukit menawan ini. Apalagi saat hari tertentu, kawasan wisata religi ini akan dipenuhi para pengunjung.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Bukit Panenjoan Di Purwakarta
Photo by Google Maps Abd Amin

Bukit Panenjoan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lebih tepatnya berada di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Letaknya yang strategis menjadikan wisata eksotis ini sebagai favorit para pengunjung.

Wisatawan dapat menempuh wisata alam nan cantik ini dengan mudah, karena jalan yang strategis dan mudah dilalui. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor ketika berkunjung di sini. Akses menuju lokasi bukit ini terlebih dahulu harus melewati daerah Wanayasa, kemudian belok memasuki Gapura Indung Rahayu.

Objek wisata ini dekat dengan pusat Kota Purwakarta, hanya berjarak sekitar 17 kilometer. Pengunjung juga akan melewati beberapa titik jalan yang belum beraspal. Maka dari itu, diharapkan ketika berkunjung khususnya saat musim hujan untuk selalu berhati-hati. Terlebih wisatawan yang memakai roda dua agar lebih waspada dengan jalanan yang licin.

Sesampainya di pintu masuk, pengunjung akan berjalan sekitar 1 kilometer dengan berjalan kaki. Pengunjung akan melewati kebun teh dengan pemandangan yang menakjubkan. Udara segar di kawasan perkebunan akan dapat menghilangkan rasa lelah pengunjung ketika berjalan. Apalagi ditemani dengan hamparan pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Masuk Di Wisata Alam Bukit Panenjoan Purwakarta
Photo by Google Maps Puji Alifama

Untuk bisa masuk dan menikmati pesona alam Bukit Panenjoan, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- untuk orang dewasa. Sementara anak-anak akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000,-. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dan suasana menyegarkan khas kebun teh dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tentunya telah disediakan area parkir sebelum memasuki bukit cantik ini. Untuk itu, pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- untuk mobil dan Rp 2.000,- untuk sepeda motor. Destinasi hits ini buka setiap hari Senin sampai Minggu, dengan jam buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Menarik Di Wisata Alam Bukit Panenjoan Purwakarta
Photo by Google Maps raldy dhe vega

1. Bersantai Menikmati Pemandangan Alam

Kegiatan menarik saat mengunjungi wisata alam adalah bersantai menikmati panorama keindahannya. Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah yang mengelilingi Bukit Panenjoan. Mulai dari hijaunya kebun teh yang terlihat mempesona dari ketinggian. Hingga pesona Gunung Sangga Buana yang terlihat dari kejauhan.

Bersantai sembari memandang indahnya Danau Jatiluhur juga sangat menarik untuk dilakukan. Ditambah dengan suasana khas dataran tinggi yang sejuk dan menyegarkan akan semakin membuat pengunjung betah berlama-lama di kawasan wisata alam ini.

2. Berziarah

Destinasi wisata mempesona ini juga kerap dijadikan sebagai wisata religi bagi masyarakat sekitar. Banyak pengunjung yang berziarah ke sebuah makam yang merupakan salah satu pejuang di daerah tersebut. Makam Syekh Tubagus Daqo atau dikenal sebagai Syekh Sarepong akan ramai dikunjungi wisatawan.

Biasanya tempat ziarah ini akan dipenuhi pengunjung pada bulan Syuro’, malam Jumat, atau bahkan menjelang hari lebaran. Tak hanya dikenal sebagai wisata alamnya, namun juga wisata religi yang banyak didatangi pengunjung.

Kegiatan Menarik lainnya Di Wisata Alam Bukit Panenjoan Purwakarta
Photo by Google Maps Suhenn 3594

3. Berswafoto di Spot Foto yang Menarik

Berlibur ke tempat wisata tak lengkap rasanya kita tak berfoto. Kegiatan satu ini tentunya tak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Bukit Panenjoan. Apalagi suguhan pemandangan eksotis nan indah patut diabadikan. Pengunjung dapat berfoto dengan berlatarkan pemandangan indah yang mengelilingi bukit ini.

Kawasan wisata alam ini juga menyediakan berbagai spot foto yang dapat digunakan oleh pengunjung. Sebut saja seperti spot foto gardu pandang, tulisan love, sayap burung, sarang burung, dan jembatan bambu. Tentunya spot foto tersebut disediakan guna menunjang kegiatan pengunjung, khususnya ketika mengambil foto.

4. Berkemah

Satu lagi kegiatan menarik yang dapat dilakukan pengunjung adalah berkemah. Destinasi wisata Bukit Panenjoan juga menyediakan tempat berkemah bagi para pengunjung yang ingin bermalam. Tentunya akan sangat menarik jika berkemah di atas bukit ditemani dengan pemandangan yang tak kalah dari pegunungan.

Wisatawan yang menyukai kegiatan berkemah dapat mencoba hal menarik ini. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin bermalam menikmati udara segar dengan teman, sahabat, maupun keluarga.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Panenjoan

Fasilitas Di Wisata Alam Bukit Panenjoan Purwakarta
Photo by Google Maps raldy dhe vega

Sebagai salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi pengunjung, tentunya harus terdapat fasilitas yang memadai pula. Kawasan wisata cantik ini telah dibekali dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kegiatan pengunjung. Demi menjaga kenyamanan pengunjung, fasilitas di tempat wisata alam ini dapat dikatakan lengkap.

Mulai dari tempat makan, gazebo, kamar mandi, hingga tempat beribadah telah disediakan bagi para wisatawan. Area parkir dan area yang digunakan untuk berkemah juga tersedia di destinasi wisata menawan ini. Berbagai fasilitas yang memadai pastinya akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung ketika berada di perbukitan ini.

Itulah beberapa daya tarik, kegiatan menarik, fasilitas, hingga rute yang dilalui pengunjung ketika datang berlibur ke Bukit Panenjoan yang mempesona ini. Pengelola setempat telah mengupayakan adanya sarana dan prasarana bagi pengunjung. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati keindahan bukit cantik ini dengan nyaman dan aman.