Harga Tiket: Rp 12.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung, Jawa Barat.

Berada di Bandung, tepatnya di kawasan Ciwidey, Anda pun akan disuguhkan dengan sederet destinasi wisata alam yang indah. Salah satunya adalah Bukit Jamur Ciwidey yang menjadi spot selfie andalan para wisatawan. Bukit yang berada di tengah hamparan kebun teh ini akan memberikan pemandangan alam yang luar biasa indah dibalut dengan konsep wisata kekinian. Oleh sebab itu, liburan kesini akan membuat siapa saja betah karena pesona alamnya yang luar biasa.

Sekilas Tentang Bukit Jamur Ciwidey

Tentang Bukit Jamur Ciwidey
Image Credit: Google Maps (Bamz Bullet)

Berselimut kabut tipis dengan udara yang dingin menjadi ciri khas dari wisata satu ini. ketika Anda berada di Bandung, pastikan untuk menyempatkan diri mengunjungi wisata satu ini. sebab, disini Anda akan disuguhkan pemandangan hijau yang sangat unik. Bagaimana tidak, pepohonan yang ada di sekitar tempat wisata ini dipangkas dengan bentuk menyerupai jamur.

Ditambah lagi dengan suasana kabut yang turun pada area perkebunan akan membuat siapa saja menjadi betah. Dengan latar pemandangan alam yang menakjubkan, Anda pun akan diajak untuk berjalan jalan sembari menikmati segarnya udara di Bukit Jamur. Tentunya Anda pun akan merasa betah berlama-lama menikmati panorama alam yang tersaji.

Daya Tarik Wisata Bukit Jamur

Daya Tarik Bukit Jamur
Image Credit: Instagram.com @backpackerjakarta

1. Adanya Jamur-Jamur Raksasa

Bukit Jamur menyuguhkan wisata alam dengan tema yang unik di Bandung. Di wisata alam ini, sepanjang mata memandang akan bertemu dengan deretan jamur raksasa. Namun, jangan berpikiran aneh-aneh dulu, sebab jamur raksasa yang Anda temukan disini bukanlah jamur yang sesungguhnya.

Hal ini dikarenakan jamur tersebut merupakan pepohonan cemara yang memang dibentuk cukup unik dan menyerupai jamur raksasa. Dengan adanya pohon tersebut akan membuat wisata satu ini terlihat berbeda dengan perkebunan teh lain yang biasa Anda jumpai. Bahkan tidak hanya satu dua pohon cemara saja yang dibentuk menyerupai jamur.

Melainkan setiap terdapat pohon cemara di bukit satu ini, akan dibentuk seperti jamur raksasa yang berwarna hijau. Itulah mengapa destinasi wisata satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga. Hal ini dikarenakan Bukit Jamur Ciwidey tempat yang pas untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

2. Berada di Kawasan Ciwidey yang Hits

Hal yang menjadi daya tarik dari wisata satu ini adalah karena lokasinya yang berada di daerah Ciwidey. Seperti yang Anda tahu kawasan Ciwidey memang dikenal sebagai salah satu tempat atau daerah yang ada di Bandung dengan menyimpan segudang tempat wisata. Dengan begitu, saat berada di Bukit Jamur Anda bisa sekaligus mengunjungi destinasi lain yang ada di sekitar tempat ini.

Diantaranya yang bisa Anda kunjungi adalah kebun teh yang memiliki pemandangan alam indah. Hamparan kebun teh luas berwarna hijau ini akan menjadi salah satu tempat yang pas untuk menjelajah. Tak heran, kebun teh menjadi destinasi populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika berada di daerah satu ini.

Tak hanya itu saja, Ciwidey sendiri menjadi satu satunya kawasan wisata yang bersejarah. Sebab dulunya wisata satu ini menjadi pusat Kewedanaan di jaman penjajahan Belanda. Selain banyak tempat wisata menarik, ternyata kawasan yang identik dengan udaranya yang sejuk ini juga cukup bersejarah.

3. Menjadi Spot Foto Pre Wedding

Lokasi Bukit Jamur Ciwidey memang dikenal memiliki pemandangan alam yang indah. Tak heran banyak wisatawan yang menjadikan lokasi satu ini sebagai tempat untuk hunting foto dan berselfie. Akan tetapi, tak hanya sekedar foto biasa saja, pasalnya kawasan ini kerap kali menjadi lokasi untuk foto pre-wedding.

Dengan nuansanya yang hijau akan membuat Anda ingin mengabadikan momen spesial seumur hidup di lokasi satu ini. sebab di bagian spot mana saja, hasil foto yang ada di kawasan satu ini akan sangat menarik. Itulah mengapa banyak pasangan yang juga melakukan sesi foto pre-wedding di bukit cantik ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Image Credit: Google Maps (Agus Kiki Koswara)

Bukit Jamur ini berada di Desa Rancabolang. Tepatnya berada di Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Jika Anda berencana berwisata ke lokasi satu ini, ada baiknya Anda menempuhnya dari Alun Alun kota Bandung. Perjalanan menuju ke lokasi ini akan memakan waktu yakni sekitar 50 kilometer.

Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat untuk menuju ke lokasi satu ini. namun, bagi Anda yang kesini menggunakan motor, pastikan bahwa kondisi ban dan juga kendaraan Anda dalam keadaan yang baik. Hal ini dikarenakan akses menuju ke tempat tersebut tidak semua jalan dalam kondisi yang baik.

Sebab, di beberapa jalan yang Anda lalui, Anda pun akan melewati jalanan yang masih berupa batuan yang bercampur tanah. Terutama jika Anda datang ketika musim hujan tiba, pastinya area jalanan menuju ke lokasi satu ini cukup licin. Untuk itu, Anda pun perlu berhati hati saat melewati kawasan satu ini.

Namun sepanjang perjalanan menuju ke lokasi satu ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memukau. Bagaimana tidak Anda akan melewati perbukitan teh yang hijau dan asri. Ditambah lagi, penduduk sekitar yang sangat ramah akan membuat Anda bisa menanyakan jalan menuju ke lokasi wisata apabila tersesat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional
Image Credit: Google Maps (Muhammad Fachry)

Apabila Anda tertarik mengunjungi destinasi satu ini, Anda pun bisa datang kapan saja selama hari Senin hingga Minggu. Hal ini dikarenakan wisata dengan pemandangan alam yang alami dan asri ini akan buka selama 7 hari berturut turut. Sehingga Anda pun bisa kapan saja mengunjungi lokasi satu ini.

Untuk jam operasionalnya sendiri, Anda pun bisa datang mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Apabila Anda ingin mendapatkan suasana kabut tipis yang romantis ketika berada disini, ada baiknya Anda datang ketika menjelang sore hari. Sebab, di lokasi ini ketika menuju senja kabut pun akan mulai turun.

Sedangkan untuk harga tiket masuk wisata Bukit Jamur di Ciwidey sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantong anda. Hal ini dikarenakan saat Anda berlibur ke lokasi satu ini, Anda pun hanya perlu membayar biaya yakni sekitar 12 ribu rupiah saja per orang. Selain itu, dengan harga tersebut, Anda pun juga telah mendapatkan teh kemasan khas dari daerah tersebut.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda pun akan dikenakan biaya tambahan parkir motor. Adapun tarif parkir di lokasi satu ini juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar sekitar 2 ribu rupiah saja untuk kendaraan roda dua dan sekitar 5 ribu rupiah bagi Anda yang membawa mobil.

Ragam Aktivitas Menarik yang Dilakukan di Bukit Jamur

Aktivitas di Bukit Jamur
Image Credit: Twitter.com @infobdg

1. Hunting Foto

Kegiatan satu ini memang wajib untuk Anda lakukan. Sebab, disini terdapat banyak sekali spot foto keren dan kece yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang foto. Oleh karena itu, ketika Anda menghabiskan waktu di tempat satu ini kamera adalah hal yang wajib untuk Anda bawa.

Sebab, Anda pun bisa mengabadikan banyak momen melalui lensa kamera milik anda. Di jaman sekarang memang banyak tempat wisata yang menyediakan berbagai macam spot foto unik dan berbeda. Hal ini pula yang diusung oleh Bukit Jamur Ciwidey. Dengan begitu, wisata satu ini akan bisa menarik pengunjung yang datang.

Di kawasan satu ini, terdapat salah satu spot selfie yang instagramable. salah satunya adalah jembatan kayu yang di belakangnya memiliki latar belakang pemandangan alam yang hijau. Tentunya destinasi wisata ini akan menjadi pelengkap liburan anda. Selain itu, jalur trekking yang mengitari area kebun teh menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berswafoto.

2. Berjalan Jalan dan Menjelajah Kebun Teh

Kegiatan lain yang tak bisa Anda lewatkan sewaktu berlibur ke Bukit Jamur adalah menjelajah kebun teh. Di area yang luas ini, Anda pun akan mendapati hamparan kebun teh yang menghijau. Bagi Anda yang suka melakukan penjelajahan, ada baiknya Anda menikmati dan singgah sejenak di kawasan satu ini.

Sebab, disini Anda pun bisa berjalan jalan di rerumputan yang hijau sembari menikmati udara yang sejuk. Pastinya segala penat dan rasa lelah yang Anda rasakan akan langsung menghilang ketika berada di lokasi satu ini. itulah mengapa banyak wisatawan yang refreshing dan menjernihkan pikiran untuk mendatangi destinasi wisata satu ini.

Aktivitas Menarik di Bukit Jamur
Image Credit: Google Maps (Tommy Agung)

3. Bersantai dan Mencicipi Kuliner

Di sekitar lokasi ini terdapat beberapa warung yang tersedia. Setelah lelah berjalan jalan tak ada salahnya untuk beristirahat di kawasan satu ini sembari mencicipi makanan yang tersedia di warung sekitar. Anda pun juga bisa mencicipi produk tes khas Ciwidey yang mungkin tidak bisa Anda jumpai di tempat lain.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Jamur Ciwidey

Fasilitas di Bukit Jamur Ciwidey
Image Credit: Facebook.com @WisataDiBandung

Jika berbicara mengenai fasilitas, di Bukit Jamur Anda pun akan disuguhkan dengan fasilitas yang terbilang cukup memadai. Pasalnya, destinasi wisata satu ini memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, berbagai fasilitas pendukung memang tersedia untuk menunjang kebutuhan pengunjung.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia antara lain adalah area parkir yang cukup luas untuk kendaraan anda. Tak hanya itu saja, terdapat juga mushola sehingga akan memudahkan Anda untuk melaksanakan ibadah tanpa perlu keluar area tempat wisata ini selain itu, ada pula toilet, warung dan kantin yang akan menjadi tempat untuk mengisi perut anda.

Apabila Anda berencana untuk menginap di sekitar tempat wisata satu ini, terdapat beberapa hotel maupun villa yang ada di sekitar Bukit Jamur Ciwidey. Berjarak kurang lebih 7 hingga 11 Kilometer saja dari lokasi utama objek wisata ini.

Untuk harga yang perlu khawatir, pasalnya penginapan terdekat dari bukit cantik ini sangat terjangkau. Anda pun bisa menginap sembari menikmati indahnya suasana malam di kawasan Ciwidey. Lalu keesokan harinya, Anda akan bisa melanjutkan wisata ke tempat lain yang ada di sekitar kawasan satu ini.

Itulah beberapa hal menarik seputar wisata satu ini. jika Anda mencari destinasi berlibur dengan pemandangan alam yang hijau, maka Bukit Jamur Ciwidey dapat menjadi rekomendasi yang tepat. Hal ini dikarenakan wisata satu ini memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dibandingkan wisata yang lain.