Bukit Gronggong salah satu objek wisata alam yang menawan dan romantis di Cirebon, Jawa Barat. Bukit ini juga menjadi tempat yang pas menikmati gemerlap cahaya dari ketinggian yang menarik untuk Anda kunjungi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Selama ini, mungkin Cirebon dikenal sebagai kota persinggahan bagi orang orang yang melintas dari barat ke timur Jawa atau sebaliknya. Di samping itu, kota yang terletak di Jawa Barat ini juga dikenal dengan wisata sejarahnya, karena memiliki banyak keraton. Namun di luar itu semua, ternyata Cirebon memiliki destinasi wisata nan romantis yang cocok dikunjungi para muda mudi yakni Bukit Gronggong.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Gronggong

Daya Tarik Bukit Gronggong
Image Credit: Google Maps (Backpacker Kawah Ijen)

Bukit Gronggong merupakan destinasi wisata alam kece yang ada di daerah Cirebon. Objek wisata satu ini menyajikan pemandangan alam yang begitu indah dan menawan, serta sangat instagramable untuk diabadikan. Tidak heran jika banyak kaum milenial yang berkunjung kemari, dan terlihat asyik mengabadikan potret untuk diunggah ke sosial media.

Terlebih dengan suasana sekitar yang ditawarkan oleh tempat satu ini, dimana kesan romantis yang terbangun di bukit tersebut mampu menggaet para kawula muda untuk mampir. Bagaimana tidak, dari atas bukit ini Anda bisa melihat pemandangan berupa gemerlap sinar lampu kecil yang tersebar di Kota Cirebon.

Suasana dingin perbukitan yang terasa begitu sejuk baik di indra penciuman maupun indra perasa, dapat membuat Anda semakin jatuh cinta dengan keindahan dari objek wisata tersebut. Ditambah lagi kuliner khas yang ditawarkan di lokasi, dijamin mampu memanjakan perut Anda yang keroncongan.

Rasa lezat yang ditawarkan oleh kuliner khas di Bukit Gronggong bahkan bisa Anda nikmati, tanpa harus merogoh kocek dalam. Pasalnya kuliner yang ada di sekitar dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan tengsin ketika mengajak doi kencan ke objek wisata satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Gronggong
Image Credit: Google Maps (Dian Puspitasari)

Meski kuliner yang ditawarkan cukup beragam, namun para pengunjung yang hadir di sini lebih banyak memilih untuk menyantap jagung bakar. Warung warung yang ada di sekitar pun menyediakan banyak menu jagung bakar dengan varian berbagai rasa. Hal ini karena hawa dingin yang ada, begitu sempurna dipadukan dengan jagung bakar hangat.

BACA JUGA:  Belajar Sejarah Kerajaan Cirebon di Keraton Kasepuhan

Apalagi jika Anda berkunjung di sore hari menjelang malam, maka wilayah dataran tinggi tersebut akan dipenuhi pengunjung yang sedang menyantap jagung bakar sembari menikmati momen matahari terbenam. Waktu yang paling populer untuk berkunjung kemari yaitu pada malam minggu, meski tidak sedikit pula yang datang pada hari biasa.

Bahkan tidak hanya pada malam hari Bukit Gronggong ini dipenuhi wisatawan, siang hari juga menjadi waktu favorit bagi sebagian orang. Sebab suasana yang begitu asri di sini begitu cocok dijadikan sebagai tempat piknik. Anda bisa membawa tikar kemudian cari lokasi yang teduh di bawah pepohonan rindang, maka piknik keluarga pun sudah bisa dilakukan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Gronggong

Lokasi Bukit Gronggong
Image Credit: Google Maps (Christo Lim)

Objek wisata alam ini beralamat di Patapan, Kecamatan Beber, Cirebon, Jawa Barat. Lokasi ini terbilang sangat mudah diakses, sehingga Anda yang berasal dari luar kota pun tidak akan sulit untuk menemukan objek wisata tersebut. Jalan yang akan Anda lalui juga sudah cukup mulus, ditambah terdapat beberapa papan penunjuk arah yang akan mempermudah perjalanan.

Bahkan jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi sekalipun, Bukit Gronggong masih bisa dijangkau dengan mudah. Pasalnya cukup banyak angkutan umum yang melewati kawasan ini. Apabila Anda menggunakan bus, maka bisa turun di perbatasan tol Kuningan lalu dilanjutkan dengan naik mini bus menuju ke arah Kuningan.

Jika memilih menggunakan angkot, maka silahkan naik angkot dengan tujuan Pasar Cilimus untuk sampai ke lokasi bukit. Namun bila Anda ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda, maka Anda bisa memilih perjalanan tracking dari bus di pintu keluar. Maka selama perjalanan Anda akan disuguhi suasana perkampungan ala Jawa Barat yang begitu khas.

Harga Tiket Masuk Bukit Gronggong Cirebon

Harga Tiket Bukit Gronggong Cirebon
Image Credit: Google Maps (Almira Amelinda Yasmin)

Harga tiket masuk Bukit Gronggong terbilang sangat murah meriah, sehingga tidak heran jika objek wisata ini selalu ramai dipenuhi pengunjung. Pada awal tahun 2021, untuk menikmati keindahan dari objek wisata ini, Anda hanya perlu merogoh kocek seharga 5 ribu rupiah saja per orangnya.

Tentu harga tersebut mungkin bisa mengalami kenaikan di kemudian hari. Mengingat bukit cantik ini terus mengalami pembenahan, yang membuatnya akan semakin terlihat apik dan memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Di samping itu harga ini hanya berlaku untuk tiket masuk saja, belum termasuk dengan parkir.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Cirebon yang Unik & Instagramable

Anda tentunya harus membawa uang lebih jika ingin menikmati kuliner yang ada di objek wisata satu ini. Dimana harga kuliner yang disajikan juga cukup bervariasi. Apabila ingin menghemat dana, maka sebaiknya Anda pilih berkunjung ke warung alih alih restoran atau cafe yang ada di tempat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Bukit Gronggong

Aktivitas di Bukit Gronggong
Image Credit: Instagram.com @mommykirana

1. Menikmati Pemandangan

Menikmati pemandangan adalah satu satu kegiatan utama yang dapat dilakukan di Bukit Gronggong. Bagaimana tidak, pemandangan alamnya yang begitu menawan merupakan daya tarik utama dari tempat ini. Bahkan suasana romantis yang mampu dibangun oleh tempat ini berasal dari pemandangan sekitar yang ada.

2. Hunting Foto

Latar belakang kota Cirebon yang penuh dengan kerlap kerlip lampu di malam hari, membuat cukup banyak pecinta fotografi yang hadir ke sini hanya untuk mengabadikannya. Jika mengambil foto di malam hari, pasti Anda berpikir akan sulit karena pencahayaan yang minim. Di sini hal tersebut bukan menjadi masalah, sebab gemerlapnya lampu di Bukit ini membuat foto Anda lebih apik.

Bahkan ada juga pasangan yang datang ke sini untuk melakukan prewedding, hingga foto keluarga. Meski begitu, banyak pula para muda mudi yang melakukan hunting foto di pagi, siang, maupun sore hari. Pasalnya keindahan yang ditawarkan oleh wisata alam ini memang sangat indah. Hanya saja, Anda memang perlu membawa peralatan kamera yang profesional.

3. Wisata Kuliner

Bukit Gronggong menghadirkan cukup banyak wisata kuliner yang dapat Anda nikmati, mulai dari restoran, cafe, hingga yang low budget seperti warung. Objek wisata ini bahkan menawarkan cafe unik yang anti mainstream, sebut saja seperti Love Garden yang menghadirkan nuansa segar dengan tema kebun.

Aktivitas Seru di Bukit Gronggong
Image Credit: Google Maps (LILIK MUNRAHARJO)

Suasana di cafe tersebut begitu romantis, hingga cukup banyak pria yang sengaja mengajak gebetannya kemari untuk menyatakan cinta atau melamarnya. Sajian menu utamanya sendiri adalah aneka macam steak, yang pastinya mempunyai rasa sangat lezat. Jika ingin yang lebih murah meriah, Anda bisa memilih warung dengan sajian banyak menu makanan.

4. Wisata Edukasi Alam

Ternyata keseruan di Bukit Gronggong tidak sampai di sini saja, sebab tempat wisata tersebut baru baru ini menghadirkan bentuk wisata edukasi alam yakni Bukit Bambu. Dan sesuai dengan namanya, Anda akan menemukan tema bambu sebagai daya tarik utama dari area tersebut. Jadi di sini Anda bisa mengenal bambu lebih jauh, hingga membuat cinderamata dari bahan tersebut.

BACA JUGA:  10 Mall di Cirebon yang Paling Populer

Selain Bukit Bambu, wisata edukasi alam di bukit ini juga berupa perkebunan dan peternakan. Di peternakan Anda dapat berinteraksi dengan kelinci, kuda, hingga domba secara langsung. Sementara wisata perkebunan di sini memunginkan Anda untuk belajar berkebun secara organik, baik sayur maupun buah.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Bukit Gronggong

Penginapan Murah di Bukit Gronggong
Image Credit: Wisatagronggong.blogspot.com

Keseruan yang dihadirkan oleh bukit nan indah ini memang seolah tidak ada habisnya, sehingga membuat pengunjung begitu betah dan tidak ingin segera meninggalkan objek wisata ini. Jika ini yang Anda rasakan, maka tidak masalah. Sebab Anda bisa bermalam di Bukit Gronggong, karena di sini menyediakan banyak akomodasi penginapan.

Beberapa penginapannya mengusung gaya pedesaan, sehingga Anda seperti semakin menyatu dengan alam dan suasana liburan pun semakin terasa kental. Di samping itu harga dari penginapan ini sangat beragam, mulai dari 100 ribu rupiah saja per malamnya yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Fasilitas Wisata Tersedia di Bukit Gronggong Cirebon

Fasilitas di Bukit Gronggong Cirebon
Image Credit: Instagram.com @mommykirana

Melihat bahwa di lokasi Bukit Gronggong menghadirkan akomodasi penginapan, pastinya fasilitas lain yang ditawarkan oleh objek wisata ini tidak perlu diragukan lagi. Hal ini memang benar adanya, pasalnya meskipun termasuk destinasi wisata yang baru dibangun, namun bukit ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai.

Beberapa fasilitas yang dihadirkan oleh destinasi wisata ini di antaranya yaitu spot foto menarik, area parkir kendaraan yang cukup luas, toilet bersih, tempat sampah yang tersebar di area wisata, cafe dan resto instagramable, dan mushola sebagai tempat ibadah. Bahkan ada pula saung peristirahatan di beberapa tempat yang dapat Anda manfaatkan.

Tentunya semua fasilitas tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat sekitar, yang membuat animo pengunjung begitu tinggi. Fasilitas yang ada di Bukit Gronggong ini sendiri sengaja ditempatkan sedemikian rupa, agar diharapkan dapat membuat pengunjung semakin betah ketika berlibur kemari.

Bukit Gronggong memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup baru di Cirebon. Diharapkan dengan kehadiran tempat wisata tersebut, membuat Cirebon lebih dari sekedar kota persinggahan atau kota yang terkenal akan wisata sejarahnya. Bukit memukau yang satu ini begitu cocok dikunjungi para kawula muda. Jadi, sudah merencanakan untuk berkunjung kemari?