Harga Tiket: Rp 13.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singajaya, Kec. Cihampelas, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Sebagaimana bentuk wilayahnya, Bandung Barat memang sangat terkenal dengan wisata alam pegunungan. Udara yang segar dan menenangkan membuat wisata jenis aerosport banyak digandrungi. Tak ayal jika banyak melipir ke tempat ini untuk mengunjungi Bukit Gantole.

Panorama menarik dan keistimewaan yang disuguhkan bukit ini seringkali mengundang banyak wisatawan. Terlebih lagi ketika akhir pekan dan musim liburan. Informasi lebih lengkapnya, cek ulasan berikut.

Daya Tarik Wisata Bukit Gantole

Daya Tarik Bukit Gantole
Image Credit: Google Maps (Daniel Harun)

Siapa yang belum kenal dengan Bukit Gantole? Bukit atau Gunung Gantole yang memiliki ketinggian 1.063 m/dpl menjadi incaran para wisatawan ketika musim liburan. Puncak gunung yang berada di Desa Singajaya, Kec. Cihampelas, Kab. Bandung Barat memiliki pemandangan menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Bukit ini menawarkan pemandangan indahnya Cimahi dan Kota Bandung yang tampak dari ketinggian. Anda juga bisa mengamati indahnya hutan pinus yang sangat lebat milik perhutani dari kejauhan. Tentu saja, lokasi puncak dan keindahan alam yang masih sangat terjaga menghadirkan hembusan udara sejuk dan menyenangkan.

Lazimnya, penamaan bukit ini yang digunakan untuk Gantole ini berasal dari penggunaan tempat untuk melakukan kegiatan olahraga paralayang. Sebuah tempat wisata yang telah dibangun sejak tahun 2010 ini pada mulanya hanya diperuntukkan kepada Porda Jabar 2010 dan PON 2016 cabang paralayang.

Meski demikian, minat yang dimiliki oleh para wisatawan membuat bukit indah ini dengan kegiatan olahraganya dibuka untuk umum. Hal ini bahkan mampu mengundang berbagai wisatawan yang berasal dari wilayah Bandung Barat hingga wilayah luar. Tentu saja, Anda perlu memenuhi persyaratan khusus jika ingin mencoba jenis olahraga yang satu ini.

Keindahan Bukit Gantole yang banyak diminati oleh para wisatawan membuat tempat ini semakin dikembangkan. Anda tentu tidak perlu khawatir karena tempat wisata yang satu ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Keberadaan lahan bukit sudah dilapisi paving block, dilengkapi dengan fasilitas umum serta keamanan dan kebersihan terjaga dengan baik.

Alamat dan Rute Menuju Bukit Gantole

Alamat Bukit Gantole
Image Credit: Google Maps (Jhons Tor)

Sebagai tempat yang sangat diminati, Bukit Gantole menyediakan jalur yang sangat mudah untuk ditempuh. Perjalanan melalui Kota Bandung dapat Anda lakukan dengan memilih rute Tol Cipularang. Kemudian, pilihlah jalur keluar melalui gerbang tol Padalarang. Pilihlah jalur menuju arah Cianjur hingga menemui jalur perempatan dan pilih Jalan Bogor-Jakarta.

Perjalanan yang Anda butuhkan mulai dari perempatan Cianjur dapat ditempuh sekitar 87 kilometer. Pasalnya, rute menuju tempat ini memiliki patokan jalur Cimareme atau arah Batujajar. Tentu saja, rute tersebut pasti akan Anda lalui walaupun berasal dari jalur yang berbeda. Termasuk dari Kota Bandung maupun Jakarta.

Setelah Anda mengikuti jalur Cimareme atau arah Batujajar, ikuti terus rute tersebut hingga menemui jembatan Sasak Bubur Cihampelas. Kemudian, pilihlah jaruh arah kiri menuju Nyalinding. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti arah jalur hingga menemui petunjuk telah sampai di Bukit Gantole.

Tentu saja, jalur pegunungan yang Anda tempuh hingga ke bukit ini akan menemui berbagai jalur naik, turun hingga belokan yang cukup tajam. Meski demikian, Anda akan dimanjakan dengan keindahan hutan pinus yang luar biasa. Kenyamanan dan kesejukan yang disuguhkan seakan membuat Anda terbius dan tidak merasakan perjalanan panjang.

Anda bahkan tidak perlu khawatir karena jalanan yang disuguhkan hingga menuju lokasi bukit sudah beraspal. Jalur ini juga bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Meski demikian, Anda bisa memilih jalur menuju arah Nyalindung di kampung Walahir untuk mendapatkan rute yang lebih mudah dan cepat.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Gantole

Harga Tiket Bukit Gantole
Image Credit: Google Maps (Dendie701)

Bukit Gantole dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Pasalnya, harga atau biaya yang dipatok ini memiliki fungsi untuk menghadirkan berbagai fasilitas menarik demi kepuasan para pengunjung. Tentu saja, Anda hanya perlu membayar biaya sekitar Rp13 ribu untuk memasuki tempat ini.

Selain itu, harga tiket masuk yang dibandrol untuk para pengunjung sudah termasuk biaya asuransi. Hal ini difungsikan untuk mengantisipasi risiko terburuk atau suatu hal yang tidak diinginkan. Tak hanya biaya masuk, Bukit Gantole juga membandrol harga untuk biaya parkir. Pasalnya, Rp5 ribu untuk tarif kendaraan mobil dan Rp2 ribu untuk kendaraan bermotor.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Gantole

Aktivitas di Bukit Gantole
Image Credit: Google Maps (Iam Hen Hobby)

1. Mencoba Olahraga Paralayang

Sebagaimana namanya, Bukit Gantole menyuguhkan aktivitas menarik berupa naik paralayang. Aktivitas paralayang atau paragliding ini merupakan sebuah olahraga yang dilakukan menggunakan payung layaknya tentara yang terjun dari ketinggian. Aktivitas ini dijamin menyuguhkan pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan.

Berbeda dari terjun payung, aktivitas paralayang bisa Anda lakukan dengan menduduki jok yang menggantung di sebidang payung udara. Kegiatan terjun yang Anda lakukan dari ketinggian akan mendarat di tengah rumput luas diantara kebun teh. Jangan khawatir, perlengkapan lengkap seperti flight suite, helm dan parasut telah disediakan dengan baik.

Tentu saja, naik paralayang sangat direkomendasikan untuk Anda yang sangat menyukai wisata adrenalin. Meskipun terasa menantang dan cukup menakutkan, naik paralayang ternyata menyuguhkan sensasi luar biasa. Anda dapat merasakan indahnya Bukit Gantole dan pemandangan alam disekitarnya secara bebas dan lepas.

Jangan khawatir, bagi Anda yang masih awam dan mencoba jenis olahraga ini tidak menjadi masalah besar. Ketersediaan tim ahli yang membantu setiap saat dapat menjamin keselamatan Anda ketika mencoba naik paralayang. Hembusan angin yang Anda rasakan menciptakan memory yang mengagumkan meskipun percobaan olahraga ini terasa deg-degan.

Aktivitas naik paralayang di bukit ini dibuka mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Lazimnya, tim ahli memilih waktu ini untuk menyuguhkan sensasi mengagumkan yang dapat dinikmati langsung oleh mata telanjang. Begitu pula, tim ahli memilih waktu ini demi keselamatan wisatawan. Cuaca yang baik bahkan perlu dipertimbangkan sebelum mencoba aktivitas ini.

Tak hanya itu, tim ahli yang menjamin keselamatan pengunjung juga memberikan beberapa persyaratan khusus yang wajib dipenuhi. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya berusia di atas 18 tahun, memiliki berat badan 20 kg hingga 85 kg dan memiliki kondisi badan sehat tanpa ada trauma tertentu.

Membayar tiket untuk mencoba aktivitas ini juga termasuk persyaratan umum yang wajib dipenuhi. Pasalnya, wisata paralayang untuk wisatawan lokal dibandrol dengan harga sekitar Rp350 ribu. Sedangkan wisatawan asing perlu merogoh kocek sekitar Rp400 ribu. Anda dijamin tidak akan kecewa setelah mencoba olahraga yang satu ini.

2. Camping

Bagi Anda pecinta wisata alam sangat disarankan untuk melakukan aktivitas camping. Kegiatan berkemah dengan mendirikan tenda akan terasa lebih menyenangkan karena Bukit Gantole menyuguhkan tempat yang cukup ideal. Kondisi lahan yang telah ditutup dengan paving block menunjukkan permukaan yang rata.

Tentu saja, pemandangan yang sangat mempesona dapat memberikan sensasi tersendiri bagi Anda yang merasakannya. Waktu pagi, siang, sore dan malam menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Terlebih lagi Anda telah membuat rundown kegiatan menarik untuk dilakukan secara bersama-sama.

Misalnya saja, Anda dapat menjadwalkan aktivitas memasak, bermain, berdiskusi, membuat api unggun hingga berbagai aktivitas menarik yang lainnya. Suasana alam dan pemandangan perkotaan yang terlihat dari kejauhan seakan membuat Anda mampu melepaskan rasa penat dan lelah akibat aktivitas padat yang biasa dilakukan setiap harinya.

Kondisi tempat yang berada di ketinggian juga sangat memanjakan Anda untuk melihat matahari terbit dan tenggelam dengan elok. Bagi Anda pecinta langit malam, tempat ini juga menjadi lokasi yang sangat cocok. Suasana minim polusi cahaya dapat memanjakan Anda untuk melihat kerlap-kerlip gugusan bintang yang membentuk galaksi. Sangat menarik bukan?

3. Piknik

Bagi Anda yang tak memiliki waktu lebih untuk melakukan kegiatan camping, Bukit Gantole sangat cocok untuk dijadikan lokasi piknik. Kegiatan bercengkrama, makan bersama atau melakukan aktivitas lain sangat menyenangkan untuk dilakukan karena diimbangi dengan kondisi suasana yang menyenangkan. Terlebih lagi dilakukan bersama pasangan, keluarga maupun teman.

Kegiatan piknik di bukit ini bisa Anda persiapkan dengan mudah dan praktis. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa perlengkapan penting seperti alas duduk, makanan, permainan maupun perlengkapan pribadi. Anda tidak perlu khawatir jika membutuhkan perlengkapan lain karena tempat ini telah menyediakan fasilitas umum yang cukup memadai.

Pemandangan yang indah dengan udara segar menjadikan tempat ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan liburan bersama. Anda bahkan bisa memilih waktu-waktu tertentu untuk mendapatkan momen menakjubkan. Tempat wisata yang cukup luas membebaskan Anda untuk memilih sudut terbaik yang bisa dinikmati bersama.

Aktivitas Dilakukan di Bukit Gantole
Image Credit: Google Maps (Pangais Bungsu Project)

4. Berburu Foto

Dewasa ini, melakukan kegiatan wisata akan terasa kurang lengkap jika belum mengabadikan momen bahagia. Berbagai macam gaya yang dibalut dengan pemandangan alam mempesona menjadi salah satu kebanggaan tersendiri. Terlebih lagi momen ini dapat disimpan dan dikenalkan kepada publik melalui media sosial.

Anda dapat memilih berbagai sudut tertentu dengan berbagai gaya menarik. Tentu saja, berada di atas bukit maupun mencoba naik paralayang dapat menjadi sudut terbaik untuk menghasilkan foto ciamik dan instagramable. Pemandangan yang disuguhkan oleh Bukit Gantole bahkan bisa dimanfaatkan sebagai background acara pre-wedding maupun semacamnya.

5. Wisata Kuliner

Ketersediaan fasilitas umum seperti beberapa warung memberikan kesempatan kepada Anda untuk mencicipi wisata kuliner di Puncak Bogor. Beberapa olahan khas berupa minuman hangat dan makanan bisa Anda pilih untuk dicicipi. Tenang saja, tempat ini menyediakan berbagai menu dengan harga yang ramah di kantong.

Tips Berkunjung ke Bukit Gantole Bandung

Tips ke Bukit Gantole Bandung
Image Credit: Google Maps (Zyant Putra)

Bukit ini memang menyuguhkan pemandangan alam dan aktivitas menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Meski demikian, Anda sangat disarankan untuk memilih musim kemarau ketika hendak berkunjung. Bulan Maret hingga Agustus adalah waktu yang tepat untuk menikmati pesona bukit ini.

Pasalnya, musim kemarau sangat memudahkan Anda untuk menempuh perjalanan agar tidak menemui jalanan licin. Begitu pula, musim kemarau dengan kecepatan angin yang stabil sangat cocok untuk mencoba naik paralayang. Cuaca cerah ini pun sangat mendukung kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di tempat wisata yang satu ini.

Itulah beberapa ulasan yang perlu Anda ketahui terkait Bukit Gantole di Cihampelas, Bandung Barat. Pemandangan yang indah dengan suasana menyenangkan dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas menarik. Tempat ini bahkan sangat cocok digunakan sebagai wisata andalan untuk dinikmati bersama pasangan, keluarga dan teman-teman.