Bukit Candi Lawang Saketeng, Menikmati Panorama Alam Eksotis di Majalengka

Bukit Candi Lawang Saketeng, Menikmati Panorama Alam Eksotis di Majalengka
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sukasari Kaler, Desa. Sukasari Kaler, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat menyimpan banyak kekayaan alam dalam balutan pariwisatanya, seperti di Kabupaten Majalengka. Kondisi alamnya yang indah menjadikan Majalengka daerah yang patut untuk dikunjungi ketika liburan tiba. Salah satu wisata yang sedang ramai diperbincangkan ada Bukit Candi Lawang Saketeng.

Bukit candi ini menawarkan suasana nyaman, tenang dengan ciri khas perbukitan yang ada. Lokasi bukit cantik ini jauh dari gemuruh Ibu Kota sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat healing. Hijaunya alam dipadukan dengan sejuknya udara membuat pengunjung betah disana.

Sudah tidak sabar untuk segera melaju kendaraan ke Majalengka, sebelum kesana ada baiknya cari tahu dulu yuk tentang daya tarik, alamat, rute, dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama di Bukit Candi Lawang Saketeng.

Daya Tarik Bukti Candi Lawang Saketeng

Daya Tarik Wisata Alam Bukit Candi Lawang Saketeng Di Majalengka
Photo by: Google Maps kang BenRus

1. Sawah Hijau Terasering

Pada bagian bukit terdapat sawah berundak layaknya terasering yang hijau. Pemandangan sawah yang hijau ini mampu menyegarkan mata dan sangat cocok dijadikan tempat bersantai. Area sawah yang ada ditanami bawang mengingat lokasinya yang ada di dataran tinggi sehingga bawang tumbuh dengan subur disini.

2. Latar Belakang Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung berapi yang lokasinya ada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Gunung dengan ketinggian 3.078 mdpl ini memang memiliki memiliki view yang menarik.

Bukit Candi Lawang Saketeng punya view dari gunung indah ini. Berlatar belakang gunung dan di depannya pemandangan area sawah yang ditanami bawang berbentuk terasering yang indah adalah kombinasi yang menawan. Apalagi kondisi lingkungannya yang masih asri menambah poin plus untuk tempat ini.

3. Spot Foto Panggung

Spot foto berupa panggung merupakan spot utama di bukit eksotis ini. Panggung terbuat dari papan kayu dengan pagar pembatas terbuat dari besi sehingga aman untuk dipakai bersandar pengujung. Warna pagar yang hitam memberikan kesan dinamis dan elegan.

Kapasitas maksimal di panggung atau gardu pandang ini adalah 30 orang, jika sudah mencapai 30 orang maka pengunjung yang lain diharap mau bersabar mengantri giliran untuk bisa naik.

Daya Tarik Di Wisata Alam Bukit Candi Lawang Saketeng Majalengka
Photo by: Google Maps Lis Maniar Bali

4. Spot Foto Rumah Segitiga

Setelah puas berfoto di panggung atau gardu pandang pengunjung bisa mendatangi spot kedua yaitu bangunan rumah segitiga yang terbuat dari kayu. Spot foto ini yang viral dan ramai dibicarakan orang bahkan untuk dapat foto yang instagramable harus coba foto disini.

Untuk sampai ke lokasi kedua pengujung harus jalan menanjak dari lokasi pertama. Namun tenang meskipun jalannya tanjakan tubuh tidak akan merasa mudah lelah karena memang udara disini sangat segar.

5. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pemandangan alam yang tidak boleh terlewat dari bukit menawan ini adalah disaat matahari terbit atau sunrise dan matahari terbenam disebut juga sunset. Adanya dua momen ini menambah daya tarik bagi Bukit Candi Lawang Saketeng. Memang lokasi ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada pagi dan sore hari.

6. Saung untuk Istirahat Berdesain Modern

Saung dalam Bahasa Sunda artinya rumah kecil atau gubuk kecil yang biasanya digambarkan berada di sawah sebagai tempat petani untuk beristirahat. Bukit indah ini memiliki fasilitas berupa saung yang di desain modern untuk memberikan kesan unik bagi pengunjung. Saung juga dijadikan spot foto bagi pengunjung.

7. Warga yang Ramah

Daya tarik dari Bukit Candi Lawang Saketeng selanjutnya adalah kearifan lokal atau penduduk sekitar yang ramah. Umumnya warga lokal berkegiatan sebagai petani, pemilik warung makan,bekerja di ladang, pengelolaan dan lainnya. Semua warga yang pengunjung temui akan memberikan senyum lebar saat berpapasan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Bukit Candi Lawang Saketeng Majalengka
Photo by: Google Maps Feri Romdoni

Banyak yang menyebut bukit cantik ini berada di wilayah Argapura, lokasi pastinya bukit ini berada di Desa Sukasari Kaler berjarak sekitar 23 kilometer dari Pusat Kota Majalengka bila ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar satu jam. Lokasi bukit masih satu kawasan dengan Terasering Panyaweuyan.

Pengunjung yang berasal dari luar Jawa Barat dan turun di Bandara Kertajati harus menempuh perjalanan sejauh 47 kilometer atau setara dengan satu setengah jam perjalanan. Rute yang dilalui yaitu Jalan Kertajati- Kadipaten menuju Jalan Majalengka-Cikijing.

Sedangkan bila warga lokal sekitaran Bukit biasanya memilih rute jalan Ciamis-Kuningan dengan jalur Jalan Raya Cikijing-Maja nantinya ada plang dari Polsek Argapura di sebelah kanan. Sedangkan dari Majalengka jika dari pasar atau terminalnya bisa lurus mengikuti jalan, jalanan akan semakin menanjak dan juga sempit.

Bila masih bingung dengan rutenya bisa menggunakan aplikasi google maps yang lebih akurat mendeteksi titik koordinat. Pengunjung bisa mencari nama “Lawang Sekaten” Pada kata kunci pencariannya.

Harga Tiket Masuk Bukit Candi Lawang Saketeng

Tiket Masuk Di Wisata Alam Bukit Candi Lawang Saketeng Majalengka
Photo by: Google Maps kang BenRus

Tiket masuk setiap orang dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000,- tanpa batasan waktu. Sedangkan biaya parkir kendaraannya Rp 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Sedangkan kendaraan roda empat yang berukuran besar tidak bisa sampai parkir di area parkir yang sudah tersedia sehingga pengunjung perlu jalan untuk sampai ke bukit.

Kondisi jalanan menuju bukit sangat sempit dan hanya muat untuk satu mobil saja melaju, sehingga bila ada papasan mobil maka salah satu harus mengalah mundur. Karena sempitnya jalur membutuhkan keahlian khusus dalam mengemudikan kendaraan.

Jam operasional Bukit Candi Lawang Saketeng setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 6 malam atau setelah matahari terbenam karena biasanya pengunjung akan pulang setelah menyaksikan matahari terbenam. Jam operasional di masa pandemi tutup jam setengah 5 sore mengingat adanya pembatasan kegiatan masyarakat di tempat-tempat wisata.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Bukit Candi Lawang Saketeng Majalengka
Photo by: Google Maps Lis Maniar Bali

1. Berburu Foto Instagramable

Lawang Sekaten sedang menjadi perbincangan warga Majalengka karena tempat ini memiliki banyak spot foto berlatar pemandangan yang sedang hits. Setiap penjuru tempat bisa dijadikan sebagai spot swafoto. Foto-foto instagramable telah banyak dihasilkan dari bukit cantik ini sehingga orang semakin banyak yang penasaran dengan pesonanya.

2. Menikmati Momen Liburan

Bagi pekerja, ibu rumah tangga, anak sekolah, karyawan dan lainnya liburan itu penting untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Kegiatan bersantai menikmati hijaunya pemandangan alam bisa menjadi waktu liburan yang mengesankan. Banyak orang yang memang sengaja datang ke bukit hanya untuk mencari keindahan.

3. Olahraga

Pecinta kegiatan alam wajib datang kesini karena lokasinya berada di perbukitan yang tinggi memerlukan tenaga ekstra untuk mencapai lokasi. Kegiatan olahraga yang dimaksud adalah jalan menanjak sampai ke bukit yang siap memacu kinerja jantung tentunya. Untuk bisa sampai ke atas bukit perlu stamina yang prima, kondisi nafas panjang dan kaki yang kuat.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Bukit Candi Lawang Saketeng Majalengka
Photo by: Google Maps Muhammad Irwandi

4. Main Sepeda

Hobi bersepeda terutama di jalur alam yang menanjak dan penuh tikungan, Bukit cantik ini adalah pilihan yang tepat. Kegiatan bersepeda bisa dilakukan di Bukit Candi Lawang Saketeng ini jenis sepeda yang bisa dipakai ada Uphill ataupun downhil.

5. Main di Kebun Bawang

Area sekitar bukit adalah sawah terasering yang ditanami bawang. Selain naik keatas gardu pandang pengunjung bisa langsung melihat hijaunya tanaman bawang yang ada di sawah. Ketika ingin bermain di sawah sebaiknya izin dulu kepada pihak pengelola atau petani ya supaya tidak merusak tanaman.

6. Piknik Keluarga

Mengajak keluarga untuk liburan kesini pengunjung bisa sekalian piknik. Bawa peralatan yang dibutuhkan seperti tikar, makanan dan minuman. Rasakan indahnya membawa keluarga menyaksikan pemandangan alam yang mempesona. Membawa bekal ini penting karena warung yang tersedia hanya menyediakan makanan snack dan minuman instan.

Fasilitas Wisata di Bukit Candi Lawang Saketeng

Fasilitas Di Wisata Alam Bukit Candi Lawang Saketeng Majalengka
Photo by: Google Maps Ghova Ahmad

Tempat liburan dengan spot keren instagramable ini dilengkapi dengan dua spot foto yaitu panggung gardu pandang dan juga rumah segitiga. Pada area panggung diberi pagar pembatas terbuat dari besi supaya pengunjung aman berada disana selain itu juga ada tempat duduk memanjang yang terbuat dari papan kayu dan besi.

Ada fasilitas warung yang menjual snack dan minuman ringan bagi pengunjung yang merasa haus ataupun lapar bisa mampir ke warung. Harga makanan dan minuman di warung masih terjangkau di kantong. Lokasi warungnya lumayan berada tempat yang lebih tinggi dibandingkan spot foto pertama.

Toilet, mushola dan lahan parkir juga tersedia disini namun untuk lahan parkirnya masih terbatas dan hanya bisa menampung sedikit mobil. Bahkan untuk pengunjung yang naik kendaraan roda empat cukup besar tidak bisa berhenti sampai area parkir karena jalannya tidak muat. Sebaiknya bila kesini naik motor saja.

Demikian pembahasan mengenai Bukit Candi Lawang Saketeng yang sedang viral di Majalengka. Pemandangan alam adalah daya tarik utama tempat ini ditambah dengan adanya spot foto berupa panggung gardu pandang yang menjadi tempat pengujung menyaksikan keindahan yang tersaji di depan mata.