Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Menikmati indahnya malam bertabur bintang sembari berkemah adalah kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Itulah yang akan Anda rasakan ketika bermalam di Bukit Alesano Cijeruk, Bogor. Bukit ini akan menjadi alternatif bagi Anda yang ingin camping menikmati malam dekat dengan perkotaan. Jika Anda ingin berkunjung, berikut ulasan lengkap bukit cantik di Cijeruk ini.

Sekilas Tentang Tempat Camping Hits di Bogor

Tentang Bukit Alesano
Image Credit: Instagram.com @madedwi.w

Bukit Alesano Cijeruk adalah salah satu wisata yang ada di Bogor. Disini, Anda pun bisa camping dan menyatu dengan alam. Bagi yang bingung menghabiskan waktu luang dikala akhir pekan, mungkin berkemah di tempat satu ini dapat menjadi jawabannya. Salah satu tempat menarik yang bisa Anda kunjungi ini akan menghipnotis siapa saja yang datang.

Pasalnya, tempat camping yang ada di Bogor ini memiliki pemandangan dan view spot yang bagus. Hal ini tentu saja akan menjadi keunggulan tersendiri. Ditambah lagi, saat Anda berada disini ketika malam hari, maka pemandangan yang ada di bukit satu ini akan sangat ciamik.

Anda akan disuguhkan suasana kota Bogor di malam hari. Lampu yang berkelap kelip berpadu dengan indahnya bintang di langit akan menjadi hal menakjubkan. Apabila Anda memang berencana liburan di Bogor maka tempat wisata ini akan menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi.

Jika berbicara tentang tempat untuk berkemah, maka Bukit Alesano dapat dikatakan menjadi tempat yang terbaik. Sebab, lokasi satu ini menyimpan banyak sekali spot menarik yang bisa Anda gunakan untuk berfoto. Umumnya, fotografer akan memiliki waktu di pagi dan sore hari agar bisa mendapatkan momen sunrise dan sunset,

Selain itu, terdapat keunikan dari wisata satu ini. dimana ketika pagi hingga sore, akan terdapat kabut yang tebal menyelimuti area ini. sehingga suasana udara yang sejuk dan indahnya alam yang ada di sekitar bukit ini akan semakin bertambah. Tentunya Anda pun akan dibuat terpukau akan pesonanya.

Daya Tarik Wisata Bukit Alesano Cijeruk

Daya Tarik Alesano
Image Credit: Twitter.com @cadd_journey

1. Menikmati Malam yang Bertabur Bintang

Daya tarik yang bisa Anda dapatkan dari lokasi wisata satu ini adalah bintang di malam hari. Perlu Anda tahu jika suasana malam yang Anda rasakan di Bukit Alesano sangatlah mempesona. Ketika malam, Anda sudah tidak bisa lagi melihat indahnya hamparan sawah yang menghijau.

Melainkan pemandangan tersebut, tergantikan dengan malam yang sangat indah. Lampu lampu kota yang gemerlap ditambah dengan bertaburan bintang bintang menjadi salah satu daya tarik yang Anda dapatkan ketika bermalam di area bukit ini. Anda pun akan serasa sedang berada di Bukit Bintang saat menghabiskan malam di tempat satu ini.

Ketika Anda melihat ke bawah, bukanlah bintang yang Anda lihat namun pemandangan city light dari kota Bogor yang mempesona. Bahkan sesekali Anda akan melihat lampu jalan berpadu dengan lampu gedung gedung tinggi yang sangat gemerlap. Keindahan satu ini tentunya akan bisa Anda nikmati di bukit yang ada di Bogor tersebut.

Setelah puas melihat ke bawah, Anda bisa menengok ke atas dan mendapati ribuan bintang sedang menyapa Anda. Pemandangan yang menakjubkan ini tentunya akan membuat Anda terkagum dan ingin menghabiskan malam di lokasi satu ini. suasana tampak indah pun akan menimbulkan kesan romantis bagi yang menikmatinya.

Daya Tarik Bukit Alesano
Image Credit: Google Maps (Her Lina)

2. Disuguhkan Pemandangan Alam yang Indah

Saat menghabiskan waktu di bukit satu ini, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan yang membuat Anda takjub. Memiliki nama Bukit Alesano, seakan akan nama satu ini tidak berasal dari Bahasa Sunda maupun Bahasa Indonesia. Terlepas dari itu, bukit yang ada di kota Bogor ini memiliki keistimewaan tersendiri di kalangan pengunjungnya.

Panorama alam yang indah akan terus menerus disuguhkan mulai pagi hingga malam hari. Sebab, di kala pagi hari Anda pun bisa melihat indahnya matahari terbit dari bukit satu ini. matahari yang muncul dari ufuk timur seolah olah memberikan semangat baru untuk menyambut hari.

Setelah berganti pagi, maka Anda pun akan disambut dengan langit biru yang cerah, berpadu dengan awan putih dan hamparan sawah menghijau. Tak lupa pula latar belakang pegunungan yang akan membuat Anda terkagum. Pasalnya, dari kejauhan Anda akan melihat indahnya Gunung Gede Pangrango yang megah.

Ketika senja tiba, Anda jangan terburu buru untuk beranjak. Hal ini dikarenakan pemandangan yang indah akan terus berlanjut. Anda bisa menikmati fenomena matahari terbenam dari bukit yang indah ini. menghilangnya matahari dari langit dan berganti malam tentunya akan menjadi salah satu panorama alam indah yang bisa Anda saksikan di bukit ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Bukit Alesano
Image Credit: Google Maps (Ridwan Adam)

Apabila Anda berencana untuk berwisata ke tempat satu ini, makan Bukit Alesano Campground ini akan berada di Desa Cijeruk, Bogor. Jika Anda berangkat dari pusat kota Bogor, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja. mengunjungi tempat satu ini, Anda pun akan bisa melakukan perjalanan dalam jarak 16 kilometer.

Anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor untuk bisa sampai ke destinasi satu ini. jika Anda bingung akan rute jalannya, maka Anda pun bisa menggunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps untuk bisa sampai ke lokasi satu ini tanpa tersesat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Bukit Alesano
Image Credit: Google Maps (Imelda Agnel)

Bagi Anda yang ingi menikmati indahnya malam di kota Bogor, berada di Bukit Alesano Cijeruk Anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya berlebih. Sebab, berwisata di tempat satu ini, Anda hanya akan dipungut biaya yang ramah di kantong. Dengan harga tiket yang murah, Anda bisa berwisata bersama dengan sahabat dan keluarga.

Untuk bisa memasuki kawasan camping ground ini, Anda hanya membutuhkan biaya yakni sekitar 10 ribu rupiah saja untuk bisa menikmati pesona indahnya pemandangan alam yang disajikan bukit ini. kemudian, saat berada di lokasi satu ini, Anda pun akan diminta untuk membayar retribusi untuk biaya parkir yakni sekitar 10 ribu rupiah untuk motor dan 20 ribu untuk mobil.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa biaya ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Sedangkan untuk jam operasional dari wisata ini sendiri buka selama 24 jam penuh dan setiap hari. Sehingga, Anda pun bisa singgah ke tempat wisata ini kapan saja yang Anda mau.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Bukit Alesano
Image Credit: Instagram.com @hdenergi

1. Hunting Foto

Bukit yang hits di Bogor ini memang memiliki pemandangan yang indah. Hal ini pula yang menjadikan banyak wisatawan berdatangan ke Bukit Alesano ini. banyak diantaranya memang sengaja mengambil foto dengan latar belakang berupa langit dan juga deretan pegunungan yang hijau.

Tak lupa pula, apabila malam hari tiba Anda pun akan disuguhkan dengan panorama city light kota Bogor yang mempesona. Dengan pemandangan berupa gunung yang menjulang dan persawahan yang hijau di bawahnya menjadikan bukit satu ini sangat cantik dalam bingkai kamera.

Bahkan pengelola pun menyadari akan hal tersebut sehingga menyediakan beberapa spot khusus yang memang dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto. Salah satu yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk mengambil gambar adalah gardu pandang yang terbuat dari besi.

Dengan memiliki pijakan besi dan juga pagarnya yang memiliki warna kuning, membuatnya akan sangat terlihat apabila di dalam foto. Sehingga, wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang panorama alam tersebut bisa berada di spot satu ini. Anda bisa berfoto dari pagi hingga sore hari, sebab pemandangan yang ada disini akan menarik dari segala sisi.

Aktivitas di Bukit Alesano
Image Credit: Facebook.com @pergicom

2. Camping

Sudah tidak dapat dipungkiri jika berada di Bukit Alesano, Anda wajib untuk berkemah. Apabila Anda sebelumnya tidak membawa perlengkapan untuk berkemah, tak perlu khawatir sebab tempat satu ini menyediakannya. Mula dari warung yang menyediakan makanan hingga tempat penyewaan tenda tersedia lengkap di lokasi satu ini.

Jika Anda ingin berkemah, ada baiknya Anda melakukannya beramai ramai bersama dengan sahabat dan juga keluarga agar liburan lebih seru. Selama camping, Anda pun bisa melakukan banyak aktivitas menarik, sebut saja seperti memanggang jagung atau bakar sosis dan menyalakan api unggun.

Suasana malam yang ada di destinasi satu ini memang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. taburan bintang yang ada di langit menjadi salah satu panorama indah yang tak bisa Anda abaikan begitu saja. kemudian, suasana kota yang indah di malam hari akan sangat pas Anda nikmati dari depan pintu tenda.

Disini, Anda bisa membawa perbekalan dan menikmatinya di lokasi ini. namun, bagi Anda yang ingin merasakan serunya memasak di atas bukit, Anda pun bisa membawa peralatan memasak dan juga bahan bahan yang telah disiapkan. Menyantap mie rebus hangat sembari ditemani dinginnya udara di bukit ini tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Alesano Bogor

Fasilitas Bukit Alesano
Image Credit: Google Maps (Indra Irawan)

Saat Anda pergi ke bukit yang ada di Bogor ini, pemandangan indah tersebut juga akan didukung dengan fasilitas penunjang yang akan membuat wisatawan menjadi betah menghabiskan waktu di lokasi satu ini. di tempat ini, Anda akan menemukan area parkir kendaraan yang lumayan luas.

Sehingga bagi Anda yang melakukan perjalanan menuju ke Bukit Alesano dengan mengendarai kendaraan pribadi, dapat dengan aman memarkirkannya di tempat tersebut. Kemudian, juga terdapat warung wisata yang menjadi tempat bagi Anda untuk membeli makanan yang dibawa ke puncak bukit.

Anda juga bisa sekedar mengenyangkan perut saat berada di warung ini. terdapat pula camping area yang menjadi tempat untuk berkemah dan juga beberapa spot foto instagramable bisa Anda temukan disini. Semua fasilitas yang ada di tempat satu ini tentunya akan membuat liburan semakin berkesan.

Saat Anda berkunjung ke Kota Bogor, wisata satu ini memang menjadi pilihan. Terutama bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan malam di Bogor lengkap dengan pemandangannya yang eksotis. Tentunya Bukit Alesano dapat menjadi alternatif. Bagi Anda yang menyukai kegiatan camping dan berkemah, bukit ini pastinya akan menjadi lokasi yang Anda ingin kunjungi.