Bogor Mini Zoo, Wisata Kebun Binatang yang Dilengkapi Beragam Wahana Permainan

Bogor Mini Zoo, Wisata Kebun Binatang yang Dilengkapi Beragam Wahana Permainan
Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. RE. Soemantadiredja No.61, Desa. Pamoyanan, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat

Bogor Mini Zoo adalah destinasi wisata berupa taman yang mempelajari tentang beberapa jenis satwa. Luas wilayah yang kurang lebih 2 hektar ini memiliki lebih dari 15 jenis satwa di dalamnya. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa-satwa jinak yang berkeliaran di sekitar lokasi.

Seperti halnya beberapa anak kambing ataupun domba yang dapat ditemukan berkeliaran sepanjang lokasi. Anak-anak yang diajak liburan kesini pasti akan merasa senang. Tidak hanya bisa melihat beberapa hewan, tetapi juga bisa menyentuh dan bermain bersamanya sambil menambah pengetahuan.

Misalnya memasuki kandang kelinci untuk memberinya makan. Ataupun mendekati anak-anak domba yang lucu untuk berfoto bersama. Oleh karena itu, wisata yang merupakan bagian dari The Forest Resort Hotel ini menjadi destinasi tujuan wisata yang tepat untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Daya Tarik Wisata Bogor Mini Zoo

Daya Tarik Bogor Mini Zoo
Photo by Google Maps Aris Suhariyanto

1. Terdapat Banyak Jenis Satwa

Di kebun binatang mini ini terdapat lebih dari 15 jenis satwa jinak yang bisa dijadikan hewan peliharaan. Mulai dari hewan herbivora yang memiliki empat kaki, satwa air, sampai pada beberapa jenis unggas.

Bahkan keberadaan beberapa satwa bisa ditemukan berkeliaran bebas di lokasi Bogor Mini Zoo. Tujuannya adalah untuk membuat pengunjung merasa lebih terhibur dan tidak menaruh rasa takut dengan keberadaan hewan-hewan di dalam lokasi kebun binatang mini ini.

Tiket Bogor Mini Zoo
Cek di Traveloka.comCek di Tiket.com

2. Berinteraksi Langsung dengan Satwa

Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan beberapa satwa jinak. Misalnya memberi makan kambing/domba, masuk ke kandang kelinci dan marmut untuk memberikan wortel.

Baca Juga:  Curug Cilember, Air Terjun Indah Nan Alami yang Kaya Pesona di Bogor

Selain itu, pengunjung juga bisa menaiki kuda poni yakni jenis kuda yang memiliki ukuran kecil. Meskipun tubuhnya cukup mungil, tetapi kekuatannya bisa digunakan sebagai alat transportasi.

3. Tempat Wisata Sekaligus Edukasi

Bogor Mini Zoo ini merupakan tempat untuk berwisata dari kejenuhan aktivitas sehari-hari sekaligus sarana belajar tentang beberapa hewan jinak di dalamnya.

Di kandang-kandang hewan terdapat sebuah papan yang sengaja di dekorasi unik. Berisi tentang informasi hewan dalam kandang tersebut. Oleh karenanya, pengunjung bisa membacanya untuk menambah pengetahuan tentang beberapa jenis hewan.

4. Memiliki Spot Foto yang Keren

Daya Tarik di Bogor Mini Zoo
Photo by Google Maps Teguh Hidayat

Ada beberapa spot foto yang sengaja di desain menarik sehingga memiliki pemandangan yang keren. Pengunjung bisa bebas berfoto di spot-spot ini untuk mendapatkan hasil gambar yang oke.

Diantaranya ada rumah terbalik yaitu pemandangan rumah yang seperti terjungkal jika dilihat dari luar, sayap kupu-kupu, sepatu raksasa, dan menara kincir angin. Semua spot foto ini dapat diabadikan secara gratis.

5. Area Bermain dan Wahana Permainannya

Untuk membuat anak-anak merasa tidak bosan ketika berkunjung ke Bogor Mini Zoo, maka tersedia area bermain seperti di kids zone. Ada banyak fasilitas permainan seru seperti jungkat-jungkit dan sebagainya.

Selain itu, terdapat wahana permainan menarik yang bisa dinaiki oleh pengunjung terutama anak-anak. Seperti menaiki ATV untuk berkeliling menikmati suasana mini zoo. Hal ini tentu akan menambah keseruan liburan.

6. Suasana Wisata yang Sangat Asri

Di lokasi mini zoo ini terdapat aneka tumbuhan hijau nan subur. Sehingga menambah suasana asri serta kesejukan di lokasi wisata.

Pengunjung bisa menikmatinya untuk bersantai atau berfoto dengan background hijaunya alam yang sejuk ini.

7. Tersedia Jasa Pemandu Wisata

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan banyak informasi tentang jenis satwa maka bisa menggunakan jasa pemandu wisata. Mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Bogor Mini Zoo
Photo by Google Maps Dias doank

Bogor Mini Zoo terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya berada di Jalan RE. Soemantadiredja 61, Desa Pamayonan, Kecamatan Bogor Selatan.

Jarak dari pusat Kota Bogor kurang lebih 40 menit berkendara. Adapun rute yang bisa ditempuh jika melalui Jl. Sindang Barang Pengkolan, yakni menuju Jl. Raya Cibadak-Ciampea.

Selanjutnya menuju Jl. Letjen Ibrahim Adjie hingga melewati Yonif 315. Setelah itu, ambil arah ke Jl. Cipinang Gading menuju Cagak Palasari. Belok kanan ke Jl. Bogor Green Forest. Ambil arah ke kiri maka akan menemukan lokasi kebun binatang ini.

Baca Juga:  Highland Park Resort, Spot Glamping Seru Ala Mongolia di Bogor

Harga Tiket Masuk Bogor Mini Zoo

Tiket Masuk Di Bogor Mini Zoo
Photo by Google Maps Bobby Game

Untuk memasuki Mini Zoo, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Orang dewasa akan membayar tiket masuk seharga Rp 40.000 per orang, sedangkan anak-anak cukup membayar Rp 35.000.

Harga tersebut sama halnya di hari weekday maupun weekend. Pengunjung sudah bisa sekalian mendapat satu paket keranjang wortel untuk diberikan kepada beberapa satwa yang ada di dalamnya, seperti rusa, marmut dan kelinci.

Tiket Bogor Mini Zoo
Cek di Traveloka.comCek di Tiket.com

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Bogor Mini Zoo
Photo by Google Maps adhi fajar kurnia

1. Melihat Aneka Satwa

Terdapat lebih dari 15 spesies satwa yang ada di Bogor Mini Zoo. Pengunjung bisa melihatnya secara lebih dekat. Bahkan langsung bisa berinteraksi untuk masuk ke kandang untuk sekedar berfoto atau memberi makan.

Terdapat pula jenis satwa jinak peliharaan yang sengaja dibebaskan untuk berlarian di sekitar kebun binatang. Tentu hal ini akan membuat pengunjung merasa bagaikan berada di sebuah pedesaan bersama petani-petani handal.

2. Berinteraksi Langsung dengan Satwa Peliharaan

Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata nan keren ini adalah dapat berinteraksi secara langsung dengan beberapa satwa yang ada. Tidak hanya melihatnya dari kejauhan, tetapi juga bisa langsung mengelusnya sambil memberikan makan.

3. Bermain di Wahana Permainan

Agar keseruan liburan di Bogor Mini Zoo semakin terasa, maka pengunjung bisa menggunakan fasilitas permainan yang ada. Seperti halnya naik ATV dan kuda poni.

Keduanya dapat memberikan kesan mendalam selama menikmati suasana liburan. Untuk biaya naik kedua wahana ini tidak termasuk dalam tiket masuk. Sehingga pengunjung perlu menyiapkan uang pribadi mulai harga Rp 20.000 untuk jasa sewa dalam beberapa waktu.

4. Beraktivitas di Area Kids Zone

Aktivitas Menarik Di Wisata Bogor Mini Zoo
Photo by Google Maps Wahyu Rat Hari Prabowo

Area kids zone di lokasi Bogor Mini Zoo memiliki nuansa alam yang sangat erat. Ada beberapa permainan seru seperti ayunan, jungkat-jungkit, papan seluncur/perosotan, dan trampolin. Semua jenis permainan ini dapat melatih kecerdasan motorik anak.

5. Santai di Kafe

Setelah beraktivitas yang cukup menguras tenaga, pengunjung bisa menikmati bekal yang dibawanya di bale-bale yang tersedia. Hal ini bisa dilakukan sambil menikmati suasana alami sekitar lokasi.

Namun, jika Anda tidak sempat membawa bekal makanan langsung saja pesan aneka kuliner di kafe yang bernuansa alam ini. Ada beberapa kuliner lezat mulai makanan hingga minuman dengan harga terjangkau.

6. Berfoto di Spot Instagramable

Pecinta fotografi pasti gemar mengoleksi foto-foto kerennya hasil berpetualang. Salah satunya berpose di spot-spot instagramable sekitar Bogor Mini Zoo. Spot yang sering dijadikan tempat favorit untuk berfoto diantaranya sepatu raksasa, menara kincir angin, maupun pesona rumah dengan desain terbalik.

Baca Juga:  Kebun Teh Bogor, Menikmati Panorama Alam Eksotis Nan Hijau

Hasil foto yang keren bisa Anda jadikan tambahan koleksi untuk akun sosial media yang dimiliki. Hal ini tentu bisa dijadikan salah satu cara untuk mengabadikan momen berlibur khususnya di wisata kebun binatang mini yang berlokasi di Kota Bogor.

7. Menginap di The Forest Resort Hotel

Bogor Mini Zoo adalah bagian dari the forest Bogor. Wisatawan yang ingin menginap di sekitar lokasi bisa menginap di hotel nan mewah ini. Jika Anda menginap di hotel tersebut, maka Anda tidak perlu lagi membayar biaya tiket masuk ke lokasi. Karena harganya sudah termasuk dalam biaya sewa penginapan.

Fasilitas Penunjang di Bogor Mini Zoo

Fasilitas Di Bogor Mini Zoo
Photo by Google Maps Septian Aji

1. Lokasi Parkir

Area parkir yang ada di Bogor Mini Zoo sangat memadai. Hal ini mengingat banyaknya wisatawan yang berkunjung membawa kendaraan pribadi. Sehingga lokasi parkir yang disediakan juga cukup luas agar bisa menampung semua kendaraan wisatawan. Khususnya di momen-momen hari libur.

2. Toilet

Fasilitas umum berupa toilet di lokasi tidak hanya ada satu. Hal ini bertujuan untuk menghindari antrean yang terlalu panjang ketika sedang banyak wisatawan yang berkunjung. Fasilitas di toilet juga memadai. Mulai dari ketersediaan air dan kebersihannya.

3. Kafe

Adanya beberapa kafe di wisata nan kekinian ini membuat pengunjung tidak perlu lagi merasa takut kelaparan. Ada aneka kuliner mulai dari makanan ringan hingga minuman kemasan. Pengunjung bisa memesannya dengan harga terjangkau serta menikmatinya sambil melihat suasana mini zoo yang alami.

4. Penginapan

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi bermalam di area wisata, kini tersedia penginapan istimewa berupa The Forest Resort Hotel. Namun, jika Anda ingin mencari penginapan di luar lokasi wisata maka bisa menemukannya tak jauh dari mini zoo ini.

5. Taman Bermain

Fasilitas taman bermain bisa Anda gunakan bersama buah hati untuk menghindari kebosanan anak. Area taman ini cukup banyak tersedia jenis permainan yang menarik sekaligus bermanfaat menambah kecerdasan anak.

Itulah ulasan tentang Bogor Mini Zoo yang menyimpan keunikan serta keindahan yang memepsona. Sangat direkomendasikan untuk mengisi waktu liburan di wisata ini bersama keluarga. Selain menambah keharmonisan keluarga, anak-anak juga bisa mempelajari beberapa pengetahuan akan satwa-satwa yang ada di dalamnya.