Batu Tumpang, Pesona Tebing Eksotis & Batu Raksasa di Garut

Batu Tumpang, Pesona Tebing Eksotis & Batu Raksasa di Garut
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikajang, Desa. Tanjungjaya, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut, Jawa Barat.

Batu Tumpang menjadi salah satu wisata populer yang ada di daerah Garut. Destinasi alam ini menyuguhkan batu yang begitu unik karena tampak miring. Kalangan muda yang hobi trekking pasti akan senang saat datang ke area wisata tersebut. Selain itu letaknya pun dekat dengan perkebunan teh yang menambah keasrian dan kecantikan tempat wisata.

Batu yang terlihat sangat besar diketahui sudah berada sejak puluhan tahun lalu. Wisata itu juga bukan hasil dari letusan gunung karena memang kawasan bukit yang memiliki batu besar. Saat berada disana Anda akan merasakan suasana yang masih begitu alami. Apalagi destinasi alam ini mempunyai beragam pemandangan yang tampak begitu indah.

Biasanya traveller banyak yang mengunjungi area wisata itu saat hari libur dengan mengajak kerabat atau keluarga. Disana para tamu dapat melakukan beragam aktivitas menarik yang bisa membuat liburan terasa menyenangkan. Maka dari itu jangan lupa mampir ke tempat rekreasi ini untuk melihatnya dari dekat dan menikmati kesejukan.

Daya Tarik Wisata Batu Tumpang

Wisata Batu Tumpang Yang Menawan Dan Menarik Di Garut
Photo by Google Maps LPR

1. Tebing

Saat berkunjung ke Batu Tumpang para pelancong bisa melihat tebing yang cukup tinggi. Tebing itu sering dimanfaatkan kalangan muda untuk melakukan olahraga panjat tebing. Ketinggiannya akan memacu adrenalin Anda, apalagi letak tebing yang berada di dekat jalan. Tetapi disana masih belum menyediakan alat khusus untuk panjat tebing.

Para tamu dapat menyiapkan perlengkapan sebelum datang ke wisata cantik tersebut. Hal yang perlu diingat olahraga panjat tebing hanya diperbolehkan bagi yang sudah mahir saja. Anda yang tidak terbiasa melakukannya sebaiknya hanya menikmati keindahan sekitar. Tujuannya agar pengunjung tetap terjaga keamanannya saat berada di area wisata.

2. Tempatnya yang Asri

Keunikan lain yang dapat ditemui saat berlibur ke destinasi tersebut adalah tempatnya yang tampak asri. Hal ini dikarenakan banyak kebun sayur dan kebun teh yang berada di bawah wisata. Jika Anda datang mulai pagi hari maka bisa melihat kegiatan warga yang merawat kebun. Selain itu wisatawan juga bisa bertanya ke warga setempat mengenai perawatannya.

Wisata Batu Tumpang Yang Mempesona Dan Lagi Hits Di Garut
Photo by Google Maps Li Henderson

Letak destinasi yang berada di pedesaan memang membuat suasananya terasa masih alami. Udara di sekitar pun sangat sejuk karena banyak tumbuhan hijau di sekitar. Tidak heran tempat ini selalu dijadikan traveller untuk sekedar melepas penat. Namun, Anda tidak boleh merusak atau mengotorinya selama bersantai di sekitar kawasan wisata batu tersebut.

3. Susunan Batu

Dahulu destinasi alam ini diberi nama Batu Tumpang karena susunan batunya yang tumpang tindih. Susunan batu tampak tidak teratur karena terlihat miring ke arah kanan dan kiri. Tak hanya itu saja, terdapat pula batu ukuran kecil, sedang, hingga besar. Keunikan itulah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat hati pengunjung yang datang ke kawasan batu.

Susunan batu yang tidak teratur itu juga dikelilingi dengan bukit hijau. Hal ini tentu membuat tempat wisata terlihat sangat indah dan menarik. Tidak heran jika para tamu banyak yang mengabadikan destinasi tersebut melalui potret kamera. Namun, Anda harus tetap hati-hati saat menikmati pemandangan karena batu cukup tinggi dan licin.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Batu Tumpang

Rute Lokasi Wisata Batu Tumpang Garut
Photo by Google Maps mang ana

Batu Tumpang tepat berada di Jalan Cikajang, Garut, Jawa Barat. Letaknya lumayan jauh dari pusat kota dan membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke wisata. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena aspalnya sudah mulus sehingga bisa dilewati kendaraan apapun. Para pelancong dapat menyewa travel atau naik ojek yang melewati destinasi batu.

Wisatawan yang datang dari luar kota dapat naik pesawat dengan rute pemberhentian di bandara Husein Sastranegara. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan melewati kota Garut. Jika berangkat dari arah Jalan Cidatar dapat lurus terus ke Jalan Cikajang. Ikuti arah jalan dengan melihat papan petunjuk agar bisa cepat sampai ke lokasi wisata alam.

Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Garut tidak perlu takut tersasar karena rutenya mudah diakses melalui google maps. Selain itu Anda juga bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi wisata. Sepanjang perjalanan traveller akan disuguhi dengan pemandangan alam serta keindahan Kabupaten Garut yang terlihat begitu asri.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Tumpang

Tiket Masuk Di Wisata Batu Tumpang Garut
Photo by Google Maps Nurul Hamidah

Wisata Batu Tumpang menjadi pilihan tempat berlibur yang tidak menguras banyak uang. Harga tiketnya hanya Rp 5.000 untuk orang dewasa dan anak-anak. Harga ini berlaku untuk hari biasa dan hari libur dengan jam operasional mulai pagi hingga sore. Khusus turis dari luar negeri yang berkunjung biasanya dikenai tarif yang sedikit mahal yaitu Rp 20.000.

Para pelancong yang membawa kendaraan pribadi bisa meletakkannya pada tempat parkir di dekat pintu masuk. Tarif karcisnya tergolong murah hanya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Lahan itu sudah dijaga oleh petugas supaya kendaraan aman. Selain itu tempat parkirnya juga luas untuk menampung kendaraan.

Biaya tersebut diketahui untuk pengembangan wisata agar lebih bagus. Wisatawan yang berkunjung pasti akan merasa senang karena biaya masuk yang murah sebanding dengan keindahannya. Saat hari libur tempatnya tampak dipadati oleh traveller dari berbagai daerah. Bahkan turis dari luar negeri pun banyak yang datang ke destinasi ini.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Wisata Batu Tumpang

Kegiatan Menarik Di Wisata Batu Tumpang Garut
Photo by Google Maps Helmi Azi

1. Mengabadikan Momen

Ketika berlibur tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen. Apalagi di Batu Tumpang menyuguhkan panorama alam yang menarik untuk dijadikan spot berfoto. Selain itu Anda juga bisa memotret batu dari arah dekat untuk dijadikan kenang-kenangan. Maka dari itu jangan lupa menjepret foto atau merekam video sebanyak mungkin saat berlibur.

2. Trekking

Bagi pengunjung yang hobi trekking dapat mencobanya di atas ketinggian tebing batu. Tempatnya begitu tinggi dan hanya bisa dicoba oleh orang yang sudah mahir. Bawa perlengkapan trekking dari rumah untuk menjaga keamanan saat melakukan aktivitas ini. Perhatikan pula trek yang harus dilewati agar kegiatan trekking tidak membahayakan.

3. Bersantai

Tempat wisata yang begitu menenangkan sangat cocok digunakan untuk bersantai. Anda bisa duduk di dekat batu dengan menikmati pemandangan sekitar. Apalagi disana juga menawarkan udara sejuk karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tidak heran banyak orang yang sengaja datang ke destinasi tersebut untuk menenangkan pikiran.

4. Piknik

Batu Tumpang yang berada di daerah pedesaan memang memiliki suasana yang masih asri. Hal itulah yang membuat wisatawan senang saat piknik bersama kerabat. Para pelancong dapat membawa tikar, bahan makanan, serta alat masak. Tempatnya yang sejuk dijamin akan membuat Anda betah dan nyaman berada lama-lama di kawasan wisata.

Kegiatan Menarik Lainnya Di Wisata Batu Tumpang Garut
Photo by Google Maps chusna fitria

5. Mengunjungi Kebun Teh

Letak destinasi alam batu sangat dekat dengan kebun teh Giriawas. Disana traveller bisa melihat aktivitas warga yang merawat sekaligus memetik daun teh. Anda juga dapat menjadikan kebun ini untuk spot foto yang terlihat begitu estetik. Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke kebun teh saat berada di Garut.

6. Berkeliling

Lahan wisata yang cukup luas banyak digunakan untuk berkeliling menjelajahi wisata. Kegiatan tersebut dijamin akan membuat wisatawan senang karena bisa melihat batu dari dekat. Jangan lupa mengajak teman atau keluarga agar tidak terasa membosankan.

7. Menikmati Kuliner

Pada area sekitar tempat rekreasi batu tampak beberapa pedagang yang menjual aneka kuliner. Makanan yang dijual rasanya begitu enak karena diolah dengan bumbu khas setempat. Nikmati liburan seru sambil mencicipi kuliner.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Batu Tumpang

Fasilitas Di Wisata Batu Tumpang Garut
Photo by Google Maps nazely alkardawi

Tempat pariwisata Batu Tumpang mempunyai beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para tamu. Akan tetapi fasilitasnya masih belum lengkap karena wisata alam ini berada di tengah pedesaan. Lokasi wisata dekat dengan mushola kecil yang bisa digunakan untuk beribadah. Selain itu biasanya pelancong juga menggunakan mushola untuk istirahat.

Pada sudut lain disediakan kamar mandi umum yang dijaga oleh petugas. Anda tidak boleh mengotorinya agar kamar mandi tidak bau dan selalu bersih. Pada sepanjang destinasi cantik itu juga ada tempat sampah guna menjaga kebersihan. Terdapat pula tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung yang dijaga dengan aman.

Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal bisa membeli aneka kuliner di warung yang dekat dengan Batu Tumpang. Disana menyuguhkan makanan khas Garut yang rasanya begitu lezat. Anda bisa pula membawa perlengkapan lain dari rumah seperti kamera. Fasilitas yang ada tersebut diharapkan dapat membuat tamu merasa betah dan nyaman.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Batu Tumpang yang dapat dijadikan list wisata saat berada di Garut. Traveller disarankan berkunjung ke destinasi alam ini saat cuaca sedang mendukung supaya liburan terasa seru. Jangan lupa pula untuk menyiapkan kendaraan, kamera, dan budget yang cukup sebelum menikmati liburan disana.