Batu Mahpar, Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona di Tasikmalaya

Batu Mahpar, Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona di Tasikmalaya
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Sukamulih, Kec. Sariwangi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat

Di balik awan gelap, di situ ada hujan dan muncul pelangi yang indah dan cantik. Begitu juga dengan Batu Mahpar di Tasikmalaya, batuan yang terbentuk di sana, efek dari letusan Gunung Galunggung yang terjadi pada ratusan tahun yang lalu. Pada saat itu, letusan gunung merapi telah merusak area yang dilalui oleh aliran lava.

Namun, kini telah membentuk sebuah aliran sungai dan batuan yang eksotik. Bukan hanya itu, kawasan itu telah menjadi destinasi wisata alam yang indah mempesona dan lagi viral di kalangan milenial. Beragam daya tarik yang unik dan menarik ada di daerah tersebut, seperti air terjun yang indah mempesona, kolam renang untuk anak dan dewasa, dan spot foto instagramable.

Daya Tarik Wisata Batu Mahpar

Daya Tarik Batu Mahpar
Photo by Google Maps Purnama

Berbagai daya pikat yang ada di Batu Mahpar dapat memikat wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara. Karena objek wisata ini, menawarkan banyak spot yang cocok untuk kegiatan pengunjung dari berbagai usia, mulai dari anak kecil, pemuda milenial, atau orang dewasa.

1. Panorama Alam Indah Mempesona

Daya tarik utama dan menjadi primadona adalah panorama alam indah mempesona. Sebab berbagai keindahan yang ada seperti Gunung Galunggung yang berdiri kokoh, pemandangan pepohonan hijau, dan jejak sejarah aliran lava begitu sangat jelas. Selain itu, hawa sejuk dan segar, serta hembusan angin yang bertiup, menyempurnakan suasana.

Situasi seperti itulah yang dirindukan oleh mereka yang hidup di perkotaan, berjibaku dengan polusi udara dan kebisingan kota. Pada akhirnya, mendekat dan bercengkrama dengan alam menjadi hal yang sangat dirindukan dan dinantikan. Refresh diri anda dan keluarga dengan berlibur ke destinasi wisata alam, agar dapat mengembalikan semangat yang semakin hilang.

2. Air Terjun Cantik dan Eksotik

Daya Tarik di Batu Mahpar
Photo by Google Maps Waskara Waskara

Berkunjung ke sebuah tempat untuk melihat dan menikmati air terjun, itu hal yang biasa. Akan tetapi, jika wisatawan berkunjung ke Batu Mahpar, bukan hanya satu atau dua curug, namun bisa menikmati empat air terjun sekaligus. Adapun beberapa nama curug yang ada di daerah ini, yaitu Curug Manawah, Curug Kahuripan, Curug Mahkota, dan Curug Niagara Sunda.

Menariknya adalah keberadaan empat air terjun tersebut, masih di sekitar area destinasi wisata ini. Pada saat pengunjung masuk di pintu utama, yaitu tempat loket pembayaran, maka tinggal menuju ke Taman Cinta, lalu ada tangga yang mengarahkan ke berbagai curug yang ada. Inilah yang menjadi daya tarik paling viral dan fenomenal, yaitu melihat air terjun cantik dan eksotik.

3. Spot Foto Instagenic

Selain melihat dan menikmati air terjun cantik dan eksotik, daya tarik lain yang ada di Batu Mahpar, yaitu spot foto instagenic. Inilah yang menjadi pemikat berikutnya, khususnya bagi para remaja milenial, sebab mereka bisa mengabadikan hasil dokumentasi nya, dan menjadi koleksi di media sosial yang mereka miliki. Adapun berbagai spot tersebut yaitu rumah pohon, taman cinta, ayunan, dan spot foto 3 dimensi.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Batu Mahpar
Photo by Google Maps Yudi M Nur

Destinasi piknik Batu Mahpar berada di Kampung Benjan, Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung bersama keluarga dan memulai perjalanan dari Jalan Sukaraja, Mangunreja, jarak tempuh yang harus di lalui sejauh 61,5 km. Sedangkan lama perjalanan sekitar 1 jam 56 menit.

Adapun rute perjalanannya, jika dimulai dari Alun-alun Singaparna, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Sukajadi. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju ke barat daya di Jalan Garut, Tasikmalaya menuju ke arah Jalan Sukahaji, hingga tiba di Jalan Kp. Limabelas. Berikutnya tetap berada di jalur tersebut, hingga tiba di kawasan wisata yang di tuju.

Harga Tiket Masuk Batu Mahpar

Tiket Masuk di Wisata Batu Mahpar
Photo by Google Maps Purnama

Berlibur ke Batu Mahpar tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Hanya membayar tiket sebesar Rp. 20.000 di hari Senin hingga Jumat, dan Rp. 25.000 pada hari sabtu dan Minggu, wisatawan bisa menikmati semua fasilitas yang ada di sana. Sebuah destinasi wisata yang murah meriah, dan yang pasti membuat pengunjung ceria dan tersenyum bahagia.

Perlu diperhatikan, di ingat, bila perlu dicatat dengan baik, bahwa kawasan piknik ini buka setiap hari Senin sampai dengan Minggu, atau tidak ada hari libur. Sedangkan untuk jam operasional, di mulai jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Akan tetapi, khusus untuk hari Jumat, di buka mulai jam 13.00 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Wisata Batu Mahpar
Photo by Google Maps Habibah nur’aeni

Setelah anda mengetahui daya tarik di Batu Mahpar, alamat dan rute perjalanan, serta harga tiket masuk, saatnya mengetahui kegiatan yang seru, asyik dan menarik di tempat ini. Karena informasi tersebut menjadi modal bagi pengunjung untuk menyiapkan berbagai kebutuhan. Beberapa aktivitas menarik yang ada di destinasi wisata ini telah kami rangkum berikut!

1. Berenang di Kolam Renang yang Sejuk dan Segar

Bukan hanya air terjun yang menjadi daya tarik di Batu Mahpar, namun ada juga kolam renang untuk tempat bermain, baik anak kecil maupun dewasa. Oleh karena itu, jika wisatawan berkunjung ke kawasan piknik ini bersama keluarga, berenang di kolam renang yang sejuk dan segar merupakan daya pikat tersendiri. Kesegaran airnya masih terasa selama perjalanan meninggalkan lokasi.

Selain berenang, di area tersebut dilengkapi wahana permainan air lainnya, seperti perosotan air yang berkelok hingga tercebur ke kolam, ember tumpah, dan yang lainnya. Kolam renang di area ini tidak hanya satu tempat, namun ada beberapa zona yang terpisah, yaitu bagi anak kecil dan untuk orang dewasa. Air kolam juga bersih, dan jernih tidak mengandung kaporit yang berasal sumber langsung dari pegunungan.

2. Camping Ground

Aktivitas Menarik Dilakukan di Wisata Batu Mahpar
Photo by Google Maps Ilham D Sofyan

Bagi keluarga pecinta alam, atau yang ingin mendekatkan diri dengan alam, Batu Mahpar terdapat camping ground yang luas dan dapat di gunakan untuk berkemah. Sungguh merupakan aktivitas yang seru dan menantang selain berenang di kolam renang yang sejuk dan segar. Apalagi jika berkemah dilakukan bersama keluarga, teman atau orang tercinta.

Panorama alam yang cantik dan eksotik, hawa sejuk, udara segar, suasana pagi, siang serta malam, semua dapat di rasakan dengan berkemah di zona ini. Bukan hanya menikmati fenomena alam sunset saat matahari menjelang tenggelam, namun sunrise juga dapat disaksikan dengan mata telanjang.

3. Hunting Foto Instagramable

Pada akhirnya, aktivitas menarik di Batu Mahpar yang tidak boleh dipandang sebelah mata yaitu hunting foto instagramable. Beragam daya tarik tidak ada gunanya apabila hanya disaksikan dengan mata. Begitu juga aktivitas menarik, seperti berenang dan camping ground, berbagai hal yang ada di area ini harus di abadikan di kamera atau handphone agar menjadi kenangan yang indah.

Fasilitas Penunjang di Batu Mahpar

Fasilitas di Wisata Batu Mahpar
Photo by Google Maps ima halimah

Jangan membandingkan Batu Mahpar dengan destinasi wisata alam berkonsep air terjun, khususnya dari segi fasilitas penunjang yang ada. Sebab area ini sarananya sangat lengkap, aman dan nyaman hanya untuk menyambut wisatawan. Adapun fasilitas tersebut, yaitu area parkir yang luas dan dapat menampung banyak kendaraan sekaligus.

Toilet umum juga disediakan bagi pengunjung yang ingin buang air. Kemudian ada masjid sebagai tempat ibadah umat muslim. Apabila ingin santai setelah lelah beraktivitas, silahkan menuju gazebo. Pengunjung yang lapar tidak perlu khawatir, karena ada food court yang dapat diandalkan untuk urusan perut.

Sangat jarang ditemukan, sebuah destinasi wisata alam yang memiliki landscape lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan setiap wisatawan dari berbagai usia. Tempat berlibur yang komplet, mulai kebutuhan secara fisik maupun psikis, semua ada di Batu Mahpar. Selain itu, keamanan dan kenyamanan pengunjung juga sangat di perhatikan.