Babakan Siliwangi merupakan ruang terbuka hijau yang cocok sebagai tempat nongkrong di Coblong, Bandung. Hutan kota ini juga cocok sebagai tempat berolahraga dan piknik santai di antara pepohonan hijau yang menyejukkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tamansari No.90, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Keberadaan ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan semakin menipis. Akan tetapi, di tengah Kota Bandung terdapat sebuah taman yang kondisinya sangat indah dan bisa dijadikan sebagai salah satu objek wisata menarik di sana. Destinasi ini dikenal dengan nama Babakan Siliwangi atau Baksil. Berikut adalah informasi lengkapnya tentang destinasi tersebut.

Daya Tarik Wisata Babakan Siliwangi

Daya Tarik Babakan Siliwangi
Image Credit: Google Maps (Purnawa Yuda)

Forest Walk Babakan Siliwangi adalah salah satu fasilitas publik berupa taman kota yang ada di Bandung. Hutan ini merupakan ruang terbuka hijau yang masih terawat dengan baik. Letaknya yang strategis membuat taman tersebut sering digunakan sebagai tempat nongkrong dan bersantai. Nuansanya yang asri akan membuat pengunjung merasa betah berlama lama di sana.

Di hutan ini juga ada sebuah jembatan kayu dan besi yang saling terhubung sekaligus menjadi akses bagi para pengunjung yang hendak menyusuri hutan. Anda tidak perlu khawatir terjatuh karena jembatan ini cukup aman dan masih berdiri dengan kokoh. Di tempat ini pula banyak orang mengambil beberapa foto karena terlihat sangat indah dan mempesona.

Kawasan hutan kota dengan luas 3,8 hektar ini sejatinya merupakan sebuah lembah yang dibentuk oleh sungai Cikapundung sejak ribuan tahun yang lalu. Kemudian barulah pemerinta setempat membuka kawasan tersebut sebagai hutan kota. Selama proses pengembangannya, taman ini pernah menuai kontroversi karena sempat akan dilakukan pemindahan pengelolaan

Pengalihan ini rencananya akan dilakukan ke sebuah perusahaan swasta. Akan tetapi, masyarakat berpendapat bahwa taman ini adalah warisan milik warga Bandung yang sudah ada sejak dahulu kala, sehingga tidak etis rasanya jika diubah menjadi kawasan komersial guna mencari keuntungan perorangan.

Tempat wisata alam di Bandung ini cukup ramai dikunjungi karena mampu menyedot rasa penasaran pelancong yang singgah ke kota tersebut. Taman dengan luasan yang lebih dari 1 hektar dan berada tidak jauh dari pusat kota menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Bukan sekedar taman biasa, di sana terdapat banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

Pengunjung yang datang tidak hanya bisa melihat berbagai tanaman, namun juga dapat melakukan berbagai kegiatan mengasyikkan, misalnya piknik. Berbagai spot di kawasan tersebut tidaklah berbahaya untuk anak anak sehingga mereka bisa berjalan dengan aman. Di setiap sudut taman juga banyak sekali bangku yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat.

Di taman ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat adu kreatifitas terutama bagi pecinta burung. Taman Babakan Siliwangi ini menjadi lokasi perlombaan membuat sarang atau kandang burung. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi lokasi khusus yang sengaja disediakan untuk keperluan kegiatan lomba seni setiap bulannya sehingga anda bisa ikut menyaksikannya.

Destinasi wisata ini juga kerap kali dipilih sebagai lokasi prewedding dan berbagai keperluan fotografi yang lain. Hunting foto di sana memanglah kegiatan yang menyenangkan, karena ada banyak sekali spot menarik yang bisa dipilih sebagai background foto. Dipadukan dengan keahlian yang mumpuni, hasil jepretan akan terlihat sangat indah.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Hutan Kota

Alamat Menuju Hutan Kota
Image Credit: Twitter.com @detik_Bandung

Informasi terakhir yang tidak kalah penting untuk diketahui tentang taman Babakan Siliwangi adalah lokasinya. Taman cantik dan eksotis ini berada di Kota Bandung, lebih tepatnya di sekitaran Jalan Tamansari, Siliwangi, Coblong. Warga Bandung asli pasti sudah tidak asing dengan jalan ini. Sedangkan untuk wisatawan luar kota, anda bisa menggunakan google maps.

Layanan tersebut dapat berfungsi dengan baik karena sinyal di kawasan ini mudah untuk didapat. Alasannya karena taman nan hijau ini berada di tengah kota, sehingga kondisi sinyalnya berbeda dengan kawasan wisata yang berada di gunung maupun tempat terpencil. Tempat ini cukup populer sehingga akan langsung muncul jika anda ketikkan namanya di kolom pencarian.

Jika anda berangkat dari kawasan Hotel Bandara Husein Sastranegara, maka perjalanan yang perlu anda tempuh adalah sekitar 20 menit. Namun jika anda di malam sebelumnya menginap di Hotel Stasiun Bandung, maka waktu tempuhnya sekitar 21 menit dengan jarak kurang lebih 5,9 kilometer. Tentunya waktu tempuh ini tergantung dengan kondisi lalu lintas di saat itu.

Harga Tiket dan Jam Operasional Babakan Siliwangi

Harga Tiket Babakan Siliwangi
Image Credit: Instagram.com @ferlyferlyy

Taman Babakan Siliwangi merupakan kawasan hutan kota yang dapat dinikmati oleh siapa saja dan bukan hanya warga Bandung. Karena tujuannya bukan untuk komersial, taman ini dibuka secara gratis untuk umum. Anda tidak akan diminta untuk membayar retribusi apapun. Akan tetapi, jika anda datang menggunakan kendaraan, ada biaya parkir yang harus dibayar.

Hal ini sebenarnya cukup lumrah, mengingat kehadiran juru parkir adalah hal yang penting. Mereka bisa menjaga kendaraan anda dengan aman. Dengan begitu, anda bisa berkeliling taman dengan lebih nyaman dan tenang. Tidak heran jika kemudian taman kota ini kerap dijadikan tempat rekreasi di akhir bulan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa destinasi wisata yang gratis itu tidak menarik untuk dikunjungi. Padahal sebenarnya pernyataan tersebut tidaklah benar, dan taman Babakan Siliwangi adalah buktinya. Malahan destinasi semacam ini ada di setiap kota sehingga warga di kota tersebut dapat refreshing dengan lebih nyaman dan enjoy.

Lantas bagaimana dengan jam operasionanya? Kabarnya taman ini buka selama 24 jam. Artinya, anda yang datang dari luar kota dapat menyesuaikan waktu dengan lebih leluasa. Anda tidak perlu takut jika sesampainya di lokasi, taman ini sedang tutup. Waktunya yang fleksibel membuatnya semakin digemari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Babakan Siliwangi

Aktivitas yang di Babakan Siliwangi
Image Credit: Google Maps (Rozar Prawiranegara)

1. Berolahraga

Ruang terbuka hijau adalah andalan para pecinta olahraga untuk menghabiskan waktu, begitu pula dengan taman Babakan Siliwangi. Memang sejak awal, taman ini dibangun untuk menjaga kesehatan warga bandung. Kawasan ini minim polusi dan bahkan menjadi salah satu paru paru kota. Pesona eksotis hutan ini mampu menghipnotis olahragawan sehingga tidak mudah lelah.

Sejuknya udara di sana juga sangat cocok untuk anda hirup di pagi hari. Tidak heran jika di waktu pagi, warga Bandung banyak yang datang ke sana dan memanfaatkan kawasan tersebut sebagai jogging track. Bayangkan saja pepohonan yang rindang dan udara yang segar menemani anda berolahraga, cukup menyegarkan bukan?

2. Jalan Santai

Aktivitas kedua yang juga bisa anda lakukan adalah jalan santai. Selain lari, lokasi ini juga cocok anda gunakan untuk jalan jalan saat ada waktu senggang. Dibandingkan berkeliling mall yang di setiap sisinya terhalang tembok, lebih baik habiskan saja waktu anda untuk bersantai di taman ini.

Dengan berjalan kaki di sana, anda bisa melepas stress. Terkadang kegiatan sederhana ini cukup membantu hati dan pikiran agar menjadi lebih tenang. Jembatan kayu yang mengitari taman juga dapat anda gunakan sebagai rute andalan jika ingin mengitari wilayah tersebut. Waktu yang anda habiskan di sana pasti tidak akan terasa lama.

Tempat ini dapat dikunjungi segala usia, termasuk lansia. Anda bisa mengajak anggota keluarga anda yang sudah berumur untuk datang ke sana. Mereka bisa melihat rimbunnya pepohonan serta menikmati udara yang segar. Hal ini pasti baik untuk mereka karena pikiran menjadi lebih rileks. Meskipun sederhana, kegiatan ini cukup berpengaruh pada kesehatan.

Taman kota juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk mencari inspirasi. Orang orang yang bekerja dibidang seni kerap kali mencari ide dengan cara berkeliling kota. Jika tidak, mereka juga bisa memilih taman ini sebagai alternatif yang menarik. Suasananya yang tenang dengan pemandangan yang indah dapat membuat inspirasi datang dengan lebih cepat.

3. Hunting Foto

Taman Babakan Siliwangi menjadi andalan bagi kawula muda yang memiliki hobi fotografi. Berbagai sudut hutannya yang indah sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Nuansa alami pepohonan yang rindang serta kehadiran jembatan penghubung yang unik dan menawan juga terlihat instagramable. Anda tidak memerlukan kamera bagus untuk menangkap keindahan tersebut.

Salah satu alasan mengapa para fotografer sering mengambil gambar di sini adalah efek backlight yang dihasilkan dari sinar matahari yang terhalang dedaunan. Kondisi tersebut akan membuat foto yang dihasilkan semakin memuaskan dan tentu saja terlihat keren jika dipajang di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Aktivitas di Babakan Siliwangi
Image Credit: Instagram.com @why_ajie

4. Piknik Seru

Menggunakan taman cantik ini sebagai kawasan piknik juga bukan ide yang buruk. Anda dapat menghabiskan waktu bersama dengan keluarga di sana. Bawa saja perbekalan dari rumah kemudian menikmatinya bersama sama. Pilihan kegiatan ini cocok digunakan jika anda hendak berlibur namun tidak memiliki banyak waktu.

Sebenarnya, piknik tidak perlu selalu ke gunung dan air terjun. Lokasi sederhana seperti hutan kota juga bisa anda pilih. Selama nuansanya mencukung, maka tidak ada salahnya untuk dicoba. Taman ini tidak kalah indah dan dapat memberikan pengalaman yang serupa. Waktu terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut adalah di pagi dan sore hari agar kondisinya tidak panas.

5. Melihat Perlombaan

Taman Babakan Siliwangi kerap kali menjadi tempat perlombaan hal hal yang berbau seni, salah satunya adalah perlombaan membuat sangkar burung. Bagi anda yang memiliki ketertarikan dengan dunia ini, cobalah untuk datang ke sana. Siapa tau di waktu anda datang, kebetulan perlombaan tersebut sedang di gelar.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Babakan Siliwangi Bandung

Fasilitas di Babakan Siliwangi
Image Credit: Google Maps (Firiani Agustine)

Sebagai tempat wisata andalan warga Bandung, fasilitas yang tersedia di taman hutan kota cukup memadai. Anda dapat menemukan banyak kursi di setiap sudut taman sehingga pengunjung yang datang dapat bersantai dengan nyaman. Selain itu, jogging track yang ada di sana cukup indah sehingga warga yang berolahraga tidak akan merasa bosan.

Di sana juga banyak spot menarik yang bisa anda gunakan untuk selfie. Fasilitas ini membuat taman Babakan Siliwangi tidak jauh berbeda dari kebanyakan destinasi wisata populer di Bandung. Belum lagi kehadiran warung yang menghadirkan jajanan lezat dan murah membuat kawasan wisata ini semakin menyenangkan.

Terdapat banyak sekali camilan yang mereka tawarkan di warung tersebut, misalnya baso tahu, tahu sumedang, dan batagor. Di sana juga terdapat minuman segar sehingga dapat menemani waktu anda saat bersantai di taman ini. Harga yang ditawarkan juga bisa dibilang cukup terjangkau, sehingga anda tidak perlu khawatir jika nantinya kantong akan menipis.

Demikianlah informasi yang perlu anda ketahui tentang taman Babakan Siliwangi. Sempatkanlah diri anda untuk datang ke sana saat ada waktu senggang. Bagi yang datang dengan rombongan, anda juga bisa melakukan reservasi dengan menghubungi nomor telepon pengelola taman cantik di Bandung ini secara langsung.