Alun-Alun Tasikmalaya, Objek Wisata Favorit untuk Liburan Keluarga

Alun-Alun Tasikmalaya, Objek Wisata Favorit untuk Liburan Keluarga
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Empangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Alun-alun Tasikmalaya menjadi salah satu objek wisata alternatif yang tidak pernah sepi pengunjung. Bagaimana tidak, hampir tidak membutuhkan biaya untuk mengunjungi fasilitas publik ini. Tempatnya pun nyaman meski tidak sedikit terlihat lalu-lalang pengunjung lain dan kendaran yang melintas.

Seperti alun-alun pada umumnya, di sini pun lokasinya strategis dan berada di pusat perkotaan. Akun-alun sendiri merupakan sebuah tanah luas yang biasanya terletak di depan kantor pemerintahan daerah. Fungsi utamanya sebagai lambang kekuasaan di wilayah tertentu. Tidak heran jika semua kota yang ada di nusantara memiliki setidaknya satu tempat yang dinamakan alun-alun.

Meski tidak sulit ditemukan di berbagai kota, namun semuanya memiliki ciri khas masing-masing. Pada umumnya, ciri khas ini yang nantinya dianggap sebagai daya tarik. Selain itu, tata letak lokasinya pun mempengaruhi kenyamanan pengunjung. Di Tasikmalaya, pengunjung dipastikan betah karena ada berbagai hal yang dapat dinikmati.

Daya Tarik Wisata Alun-alun Tasikmalaya

Daya Tarik Alun-alun Tasikmalaya
Photo by Google Maps asep kurniawan

Ada banyak alasan kenapa anda harus mengunjungi Alun-alun Tasikmalaya. Maksudnya, ada berbagai daya tarik yang ditemui di sini. Sebagian memang tidak jauh berbeda dengan alun-alun lain, tetapi ada sebagian lagi yang bahkan menjadi ikon dan ciri khasnya.

1. Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak

Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak menjadi daya tarik pertama dan sekaligus ikon alun-alun di kota Tasikmalaya ini. Bangunan yang berwarna serba hitam ini bukan hanya patung biasa. Kedua patung berdiri diatas kaki berupa tembok dengan gambar yang menceritakan budaya serta kehidupan warga Tasikmalaya kala itu.

Digunakan sebagai simbol Alun-alun Tasikmalaya bukan tanpa alasan, kedua figur tersebut sangat berjasa di bidang pertanian. Mak Eroh yang kala itu berusia 51 tahun bahkan mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan pada masa Orde Baru. Beliau adalah seorang petani yang berhasil membuat saluran irigasi dari Gunung Cadas.

Dengan usianya yang tidak lagi muda, Mak Eroh membuat saluran irigasi hanya bermodalkan belincong dan cangkul. Wanita yang dijuluki tangan besi ini mampu menyelesaikan proyek besarnya hanya dalam kurun waktu 45 hari. Waktu yang sangat singkat tentunya untuk peralatan tradisional dan sederhana.

Sementara patung Abdul Rozak yang ada di sebelah Mak Eroh di Alun-alun Tasikmalaya tidak kalah menarik nilai sejarahnya. Beliau juga berjasa dalam bidang pertanian, tepatnya pada tahun 1985. Bahkan kala itu sempat mendapatkan penghargaan Kalpaltaru yang diberikan oleh Presiden Soeharto.

Bukan tanpa alasan kenapa beliau mendapatkan penghargaan besar tersebut. Pasalnya, pria yang berprofesi sebagai petani ini berhasil membuat terowongan dari bukit dan mengalirkan airnya untuk irigasi sawah. Sebagian besar dananya dari pribadi, hanya sedikit yang didapatkan dari bantuan warga.

2. Tata Kelola yang Rapi

Daya tarik Alun-alun Tasikmalaya berikutnya bisa dilihat dari tata kelola nya yang rapi. Berkunjung ke sini membuat betah karena kesan semrawut tidak didapatkan. Terdiri dari beberapa taman, alun-alun ini dilengkapi dengan akses jalan yang memadai. Setiap taman dipenuhi berbagai jenis pohon, terutama pohon perdu.

Dengan alasan ini pula kenapa suasana begitu tersa menyegarkan dan asri. Meski berada di pusat kota, yang mana banyak sekali kendaraan yang melintas, tetap saja polusi tidak begitu terasa. Pohon rindang yang mengelilingi alun-alun seakan melindungi dan mencegah masuknya polusi kendaraan bermotor ke dalam area alun-alun.

3. Sebagai Objek Wisata Keluarga

Pengunjung yang ada di Alun-alun Tasikmalaya bukan cukup bervariasi. Semua kalangan datang ke sini karena merasa nyaman. Begitu juga bagi keluarga, tempat ini menjadi salah satu alternatif objek wisata yang murah. Tidak sedikit orang tua yang datang bersama anak-anaknya hanya sekedar menikmati suasana alam.

Duduk santai sambil melihat keceriaan anak-anak bermain termasuk aktivitas yang menarik. Apalagi pada saat tertentu, ada berbagai jenis permainan yang disediakan. Beberapa permainan mungkin sudah pernah anda temui, seperti trampoline, motor remote, dan permainan memancing di kolam.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Tasikmalaya
Photo by Google Maps roni rohimat

Pastinya tidak sulit menemukan lokasi alun-alun, karena lokasinya berada di pusat kota. Alun-alun Tasikmalaya juga demikian, lokasinya mudah ditemukan karena cukup strategis. Alamat lengkapnya berada di Desa Empangsari, Kecamatan Tawang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ada banyak jalur yang dapat ditempuh sesuai dengan arah kedatangan atau posisi anda saat ini. Apabila anda datang dari arah Timur, gunakan Taman Makam Pahlawan Karoeng sebagai patokan utama. Jaraknya hanya sekitar 1 kilometer, butuh waktu tidak lebih dari 5 menit dengan kecepatan normal.

Lain halnya jika datang dari arah Barat, gunakan Masjid Agung untuk menemukan Alun-alun Tasikmalaya. Sama dengan sebelumnya, jarak dari kedua tempat tersebut hanya 1 kilometer dan butuh waktu sebentar supaya tiba di lokasi. Silahkan datang menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, karena keduanya sangat memungkinkan.

Untuk memasuki kawasan alun-alun tidak membutuhkan biaya sebagai tiket masuk. Pasalnya, tempat wisata keluarga di Tasikmalaya ini bukan sebuah objek wisata resmi, melainkan fasilitas publik. Hanya saja bagi pengguna kendaraan, ada biaya parkir yang wajib dibayar sebagai ganti jasa sewa lahan dan penjagaan kendaraan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Alun-Alun Tasikmalaya
Photo by Google Maps Ri Ve

Meski bukan objek wisata yang menyediakan wahana permainan, namun tetap saja banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Alun-alun Tasikmalaya. Tempat ini cocok dikunjungi semua kalangan, pemuda, anak-anak, remaja, dan bahkan keluarga dengan aktivitasnya masing-masing.

1. Bersantai Sambil Menikmati Suasana

Aktivitas pertama yang cocok adalah bersantai, tentunya sambil menikmati suasana di sekitar alun-alun. Pohon rindang yang ada di sekitarnya membuat pemandangan semakin sejuk. Aktivitas bersantai pun semakin membuat betah. Lalu lalang pengunjung memberikan kesan unik tersendiri dan dijamin tidak membosankan.

2. Olahraga Santai

Alun-alun Tasikmalaya tidak jauh berbeda dengan alun-alun di tempat lain dalam hal fungsi. Warga sekitar juga menggunakannya sebagai sarana olahraga. Bukan olahraga berat, tetapi sekedar olahraga ringan seperti senam dan joging. Udara yang segar karena pohon menghalau polusi membuat badan semakin sehat dan bugar.

3. Piknik Bersama Keluarga

Bagi yang berkeluarga, silahkan datang bersama anak-anak. Aktivitas yang paling dinantikan adalah piknik untuk meredakan stres dan sejenak menjauh dari permasalahan hidup. Ada banyak bangku yang disediakan sebagai fasilitas umum, anda bisa menggunakannya sebagai tempat duduk santai.

Dengan adanya bangku taman, anda tidak perlu membawa tikar jika ingin piknik di Alun-alun Tasikmalaya. Cukup gunakan bangku tersebut sebagai tempat santai sambil melihat aktivitas anak-anak bermain di alam terbuka. Tidak butuh banyak biaya untuk melakukan aktivitas ini, apalagi jika anda membawa bekal dari rumah.

4. Foto dengan Latar Tugu

Meski keindahan alamnya kurang begitu sempurna dibandingkan objek wisata alam di Tasikmalaya, tetap saja aktivitas menarik berikutnya adalah fotografi. Bukan alam, bukan pula ketika beraktivitas, namun spot terbaik adalah Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak. Ambil sudut yang tepat untuk mendapatkan hasil foto yang mendekati sempurna.

Fasilitas Penunjang di Alun-Alun Tasikmalaya

Fasilitas Alun-Alun Tasikmalaya
Photo by Google Maps Andree Raymond

Untuk menunjang kebutuhan pengunjung, pemerintah daerah melengkapi Alun-alun Tasikmalaya dengan berbagai fasilitas umum. Silahkan parkir kendaraan di tempat yang disediakan, gunakan toilet jika ada keperluan buang air, dan silahkan beribadah di Masjid Agung atau tempat lain yang ada di sekitar lokasi.

Berlibur saat ini bukan hanya sebagai kebutuhan tambahan, namun dijadikan wajib oleh sebagian orang. Namun pastikan bahwa selain mendapatkan tujuannya, pilih lokasi liburan yang murah. Alun-alun Tasikmalaya bukan hanya sekedar murah, tetapi juga gratis. Meski demikian, ada banyak kesenangan dan keseruan yang didapatkan.