Alun-Alun Purwakarta, Tempat Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Alun-Alun Purwakarta, Tempat Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kel. Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Di setiap kota atau kabupaten di Indonesia, tentunya masing-masing memiliki alun-alun. Tanah lapang yang menjadi sebuah ikon kota ini juga ada di Purwakarta. Berbeda dengan di tempat lain, Alun-Alun Purwakarta memiliki berbagai daya tarik sehingga banyak warga lokal yang menghabiskan waktu untuk mengunjunginya.

Pada umumnya, alun-alun kota berada di pusat pemerintahan dengan berbagai ikon bangunan lainnya, misalnya seperti masjid atau gereja. Hal ini juga berlaku ketika anda berkunjung di Purwakarta dan berada di alun-alun nya. Fungsi utamanya tidak lain sebagai sarana publik yang tidak membatasi siapa pun untuk datang ke lokasi.

Meskipun fungsinya sama, namun untuk kali ini ada sedikit perbedaan karena di desain khusus untuk objek wisata keluarga. Di dalamnya terdapat berbagai taman sesuai dengan tema, pastinya ramah anak. Tidak heran jika warga sekitar menjadikannya sebagai tempat liburan favorit dengan segala daya tariknya.

Daya Tarik Alun-Alun Purwakarta

Daya Tarik di Alun-Alun Purwakarta
Photo by Google Maps Bonar Saragih

Alun-Alun ini tidak pernah sepi pengunjung, baik di pagi maupun malam hari. Wisatawan akan semakin ramai ketika mendekati hari libur atau weekend karena berbagai daya tarik yang dimiliki.

1. Ruang Terbuka Hijau

Alun-alun menjadi unsur yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masyarakat sekitarnya. Kebanyakan digunakan sebagai temapt berkumpul santai bersama keluarga, sebut saja untuk aktivitas piknik sederhana. Di Purwakarta, alun-alun bukan hanya sekedar lapangan, namun di lengkapi dengan ruang terbuka hijau.

Banyak pohon rindang sebagai peneduh, diantaranya dari jenis palem dan pohon perdu yang biasanya ditanam di pinggir jalan raya. Tanaman hias juga ada di sini dengan berbagai bunga cantik dan menarik. Oleh sebab itulah dikatakan tadi bahwa Alun-Alun Purwakarta cocok dijadikan objek wisata keluarga santai tanpa harus mengeluarkan banyak budget.

2. Taman di Dalam Alun-Alun Purwakarta

Daya tarik berikutnya adalah adanya taman di dalam alun-alun. Setiap taman di desain unik dan memiliki suasana asri dari pepohonan yang berjejer rapi. Taman ini bisa anda temukan di bagian selatan, diantaranya yakni Taman Maya Datar dan Taman Pancawarna. Keberadaan taman ini menjadi daya tarik sehingga banyak wisatawan yang datang.

Secara otomatis, lingkungan kantor pemerintah pun tidak hanya didominasi oleh mereka yang berseragam cokelat, namun juga pengunjung yang datang. Suasana yang biasanya kaku menjadi lebih fleksibel dengan hadirnya taman di Alun-Alun ini. Apalagi setiap konsepnya tergolong ramah anak, jadi orang tua tidak perlu khawatir ketika anaknya bermain di sekitarnya.

Daya Tarik di Wisata Alun-Alun Purwakarta
Photo by Google Maps Ajis Ajis

3. Sebagai Wisata Religi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, biasanya di sekitar alun-alun terdapat bangunan yang ikonik. Untuk kali ini salah satunya adalah adanya Masjid Agung Baing Yusuf. Lokasinya berseberangan dengan area taman, yaitu di sebelah barat. Nama masjid ini diambil dari salah satu tokoh yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Purwakarta, yakni Syekh Baing Yusuf.

Alun-Alun Purwakarta dikatakan sebagai wisata religi tidak lepas dari tokoh tersebut. Makamnya berada di samping masjid yang dibangun sejak tahun 1926 ini. Pengunjung yang datang ke biasanya menyempatkan diri berziarah ke makamnya. Selain itu, keunikan dari bangunan masjid juga menjadi salah satu daya tarik yang tidak boleh terlewatkan.

Ciri khasnya terlihat jelas meskipun mengalami beberapa renovasi, yakni terdapat empat pilar dengan ukuran besar yang sekaligus menjadi penyangganya. Sedangkan di bagian luar masih berdiri kokoh dua menara dengan kubah kecil yang mengapit kubah besar di tengahnya.

4. Dekat dengan Air Mancur Sri Baduga

Lokasinya yang dekat dengan air mancur Sri Baduga ternyata menjadi daya tarik lain dari Alun-Alun Purwakarta. Air mancur ini termasuk salah satu ikon kota Purwakarta yang juga tidak pernah sepi pengunjung. Bukan hanya menampilkan air mancur biasa, namun dapat menari dengan iringan lagu yang dikenal dengan Dancing Fountain.

Pengunjung yang telah puas melihat tarian air mancur biasanya mampir ke alun-alun untuk sekedar menghabiskan sisa waktu liburan. Sebagian bahkan sebaliknya, mereka berekreasi terlebih dahulu di alun-alun dan kemudian mampir ke air mancur Sri Baduga. Apapun alasannya, faktanya kedua tempat ini tidak dapat terpisahkan dengan ciri khas masing-masing.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alun-Alun Purwakarta
Photo by Google Maps Endang Sulistyowati

Setiap alun-alun pasti memiliki lokasi yang strategis sehingga tidak sulit menemukannya. Silahkan datang ke Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta jika anda berminat mengunjungi Alun-Alun Purwakarta. Bagi warga Bandung juga tidak menjangkau lokasinya karena tidak terlalu jauh dengan perbatasan.

Untuk rute terbaiknya bisa melewati Jalan Mr. Dr. Kusumahatmaja sebagai titik awal. Selanjutnya menuju ke Jalan Rusa I sebagai titik pemberhentian berikutnya. Tidak jauh dari titik ini, anda akan melewati Jalan Ganda Negara dan lokasi wisata tidak jauh lagi. Karena lokasinya di tengah kota, anda bisa mengakses alun-alun ini dengan kendaran pribadi maupun angkutan umum.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk di Alun-Alun Purwakarta
Photo by Google Maps Sofwan Jauhari

Bahagia itu sederhana, bahkan kalau bisa tidak membutuhkan banyak biaya. Seperti halnya ketika mengunjungi Alun-Alun Purwakarta, tidak ada tiket masuk yang wajib anda bayarkan alias gratis. Anda pun bebas masuk bersama keluarga besar atau rombongan tanpa perlu khawatir budget menipis.

Biaya wajib yang diperlukan hanya untuk parkir kendaraan. Apalagi jika retribusi nya sangat murah, cukup 2.000 untuk motor dan 5.000 untuk mobil. Biaya lain yang diperlukan adalah untuk pembelian makanan dan minuman jika anda ingin berwisata kuliner. Alun-alun ini dibuka setiap haris selama 24 jam, namun sebaiknya tidak datang di siang hari karena terkadang cuaca nya panas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Alun-Alun Purwakarta
Photo by Google Maps Hasan Nawawi

Sebagai objek wisata keluarga yang sederhana, ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Alun-Alun Purwakarta. Lebih cocok lagi jika anda membawa serta anak-anak, karena berbagai aktivitas berikut pastinya cocok dilakukan!

1. Piknik Santai Bersama Keluarga

Aktivitas yang pertama adalah piknik santai bersama kelurga. Area yang ramah anak membuat orang tua tidak perlu khawatir selama berkunjung ke sini. Meskipun berada di tengah kota, namun udaranya masih terjaga karena banyak tumbuhan sebagai pelindung polusi. Cuaca di pagi hari tergolong sejuk, terkadang ada embun yang masih menempel di dedaunan.

2. Joging Sehat

Dengan kondisi udara yang termasuk memiliki banyak oksigen, joging di sini bisa jadi lebih menyehatkan. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh warga sekitar dengan perlengkapan seadanya, hanya menggunakan sepatu olahraga. Lari santai sambil mengelilingi arena Alun-Alun Purwakarta semakin menarik dengan pemandangan yang dimiliki.

Bukan berarti tidak cocok untuk warga luar Purwakarta, olahraga yang hampir tanpa modal ini cocok dilakukan siapa saja. Tetapi ada yang perlu diperhatikan, yakni sebaiknya lari santai di pagi atau sore hari. Lebih disarankan ketika pagi hari karena saat itu masih minim kendaraan yang menghasilkan polusi.

3. Berziarah ke Makam Syekh Baing Yusuf

Aktivitas Menarik di Wisata Alun-Alun Purwakarta
Photo by Google Maps Fatimah Dns

Lokasi makan Syekh Baing Yusuf dengan Alun-alun Purwakarta tidaklah terlalu jauh. Anda bisa menjangkaunya dengan hanya berjalan kaki, jadi tidak ada salahnya mengunjungi sejenak dan mendoakan beliau atas jasa besar yang pernah dilakukan. Di waktu tertentu, makam ini cukup ramai wisatawan, bahkan dari luar kota Purwakarta.

4. Mengunjungi Galeri Wayang

Salah satu aktivitas yang belum tentu bisa dilakukan di alun-alun kota lain adalah mengunjungi galeri wayang. Di sini, ada galeri yang dikhususkan bagi pecinta wayang maupun yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai dunia pewayangan. Berbagai koleksi pun disediakan, diantaranya adalah Wayang Golek, Wayang Kulit dan bahkan Wayang Betawi.

5. Wisata Kuliner

Wisata kuliner adalah aktivitas di Alun-Alun Purwakarta yang mungkin tidak asing. Pasalnya, sebagian besar alun-alun dikelilingi pedagang yang ingin mengais rezeki dari wisatawan yang datang. Ada banyak makanan yang anda temukan di sini, tergantung dari warung yang anda datangi.

Sebagian ada yang menjual makanan modern seperti kebab, pizza, burger, dan lainnya. Sebagian warung menyediakan menu makanan tradisional, salah satunya adalah Sate Maranggi. Selain itu, ada juga berbagai jenis minuman yang juga dari minuman modern dan tradisonal yang khas.

6. Hunting Spot Foto

Supaya bisa mengenang momen liburan di Alun-Alun Purwakarta, tidak ada salahnya jika anda berburu spot foto. Banyak spot yang cocok menghiasi latar belang foto, diantaranya adalah berbagai taman dan juga air mancur. Karena banyak pengunjung, pastikan bahwa pengambilan gambar tidak terganggu dengan sudut yang pas.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Kawasan Alun-Alun Purwakarta
Photo by Google Maps Dian Rukmana

Ada bayak fasilitas yang ditemukan di sini, diantaranya adalah toilet dan area parkir di sekeliling alun-alun. Bagi anda yang ingin santai sejenak sambil menikmati suasana, silahkan duduk di bangku yang tersedia. Ada juga gazebo untuk aktivitas santai ini, tetapi biasanya gampang penuh jika anda datang terlambat. Fasilitas lain adalah warung, toko oleh-oleh, dan masjid yang sudah kita bahas bersama sebelumnya.

Demikian ulasan kami mengenai Alun-Alun Purwakarta yang ternyata cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga dengan segala daya tariknya. Tidak perlu mahal untuk mencari kebahagiaan, terutama jika ingin membahagiakan keluarga dan anak-anak. Dengan biaya yang hampir gratis, anda pun mendapatkan senyum ceria anak-anak.